• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tips Beli iPhone Bekas/Second, Biar Nggak Menyesal!

12 April 2024

Share

Tips Beli iPhone Bekas/Second, Biar Nggak Menyesal!

Mau beli iPhone kondisi seken? Ini dia beberapa tips sebelum kamu memutuskan membeli iPhone bekas/second supaya nggak salah pilih.


Melihat kepopuleran iPhone, rasanya jadi pengin ikut membeli dan mencoba merasakan ekosistem iOS yang simple dan ringan, ya? Apalagi, smartphone besutan Apple ini juga punya tampilan desain dengan bahan material yang premium, User Interface (UI) yang sederhana nan intuitif, performa dapur pacu yang powerful, sensor kamera yang berpadu dengan software yang canggih, dan tingkat durability-nya yang lama. Alhasil, nggak salah kalau iPhone masuk ke jajaran hp flagship dengan nilai jual yang tinggi.

Tentu rasanya bangga memiliki sebuah iPhone. Gawai mewah satu ini juga andal banget dipakai untuk membantu pekerjaan sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan ngonten. Makanya, banyak orang yang nggak masalah kalau membeli iPhone dalam kondisi bekas dengan tahun rilisan yang terbilang sudah lama karena Apple menjamin update software maksimal hingga 6 tahun lamanya.

Nah, kalau kamu juga berencana mau beli iPhone kondisi bekas/seken dan takut kena tipu seperti barang yang refurbished, kondisi hp yang beresiko rusak, garansi yang terbatas, atau bahkan komponen di dalam ponsel yang sudah nggak ori, berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu simak sebelum membeli iPhone bekas.

Tips Membeli iPhone Bekas/Second

beli iphone second

Source: Unsplash

Memilih-milih iPhone seken memang susah-susah gampang. Memang ada banyak penjual offline atau online yang menjajakan iPhone dalam berbagai kondisi dan harga jual sesuai kelengkapan dan kesehatan ponsel tersebut.

Tetapi, biar nggak menyesal, kamu perlu jeli juga sebelum langsung memutuskan beli iPhone incaran dengan harga yang sesuai budget.

Baca Juga: Daftar Harga iPhone Second Terbaru, Makin Terjangkau!

Pilihlah Penjual yang Reputasinya Juara!

Pasti kamu nggak mau kan beli iPhone second yang kondisinya katanya mulus, ternyata pas datang penuh baret dan lecet? Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu beli dari penjual yang punya reputasi bagus.

Pilih toko atau penjual online yang punya banyak review positif dan terpercaya. Jangan tergiur sama harga super murah yang ditawarkan penjual perorangan mencurigakan. Ingat pepatah lama: ada harga, ada rupa.

Cek Kondisi iPhone Bekas Secara Detail

Dalam kondisi seperti ini, jangan sungkan untuk minta ke penjual untuk memperlihatkan kondisi bodi iPhone yang kamu inginkan. Fisik iPhone bekas yang kamu incar harus kamu periksa secara menyeluruh.

Cek kondisi layar, apakah banyak lecet atau retak? Kamera depan-belakang apakah berfungsi normal? Apakah semua tombolnya berfungsi dan bisa ditekan? Jangan lupa nyalakan iPhone dan tes berbagai fungsinya; mulai dari speaker, WiFi, bluetooth, sampai umur baterai. Anggap aja kamu lagi inspeksi iPhone bekas ini sebelum resmi diboyong pulang.

Jangan Asumsi! Gali Informasi Sebanyak Mungkin

iPhone bekas itu ada sejarahnya, lho, Toppers. Tanyakan detail sebanyak mungkin tentang riwayat iPhone yang kamu mau beli. Kapan dibeli? Pernah dibongkar atau servis? Apa alasan pemilik lama menjualnya?

Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, semakin kamu bisa menilai kondisi dan harga iPhone tersebut. Jangan ragu buat negosiasi harga kalau menurutmu nggak sesuai dengan kondisi barangnya.

Bawa Teman yang Paham Gadget!

Merasa kurang pede ngecek iPhone bekas sendiri? Kamu juga bisa mengajak teman kamu yang paham soal gadget buat bantuin kamu. Mereka biasanya punya mata jeli untuk ngeliat potensi masalah pada iPhone bekas. Selain itu, diskusi dengan teman juga bisa menambah wawasan kamu tentang seluk beluk iPhone bekas.

Baca Juga: Cara Cek Garansi iPhone Secara Online & Mudah, Semua Tipe!

Pastikan iPhone Tidak Terkunci iCloud

icloud iphone

Source: Tomsguide

Ini wajib banget kamu perhatikan! Jangan sampe khilaf beli iPhone bekas yang masih terkunci iCloud. Soalnya, kalau iCloud terkunci, iPhone tersebut nggak bisa kamu gunakan sama sekali. Minta penjual untuk melakukan proses sign-out akun iCloud sebelum transaksi selesai.

Cek Kelengkapan Aksesoris

Umumnya, iPhone bekas yang dijual nggak selalu lengkap dengan aksesoris resmi. Tapi nggak ada salahnya buat negosiasi dengan penjual kalau kamu mau dapat charger, kabel data, atau bahkan dus original. Kalau pun nggak dapat, pastikan kamu sudah menyiapkan budget untuk membeli aksesoris iPhone tersebut secara terpisah.

Baca Juga:

Itulah beberapa tips beli iPhone bekas/second yang aman dan jitu. Beli iPhone bekas memang bisa menghemat pengeluaran, tapi kamu harus ekstra hati-hati. Pastikan kamu melakukan riset dan pemeriksaan menyeluruh sebelum membelinya. Lebih baik teliti daripada menyesal di kemudian hari, bukan?

© 2009-2024, PT Tokopedia