• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Tips & Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi secara Alami

Share

6 Tips & Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi secara Alami

Ruam popok bisa dialami oleh bayi karena beberapa faktor. Pada umumnya, disebabkan karena pemakaian popok yang terlalu lama, ketat dan infeksi. Namun, ada cara mudah untuk atasi ruam popok secara alami, sehingga Bunda tak perlu khawatir berlebihan.


Ruam Popok pada Bayi – Adanya ruam popok pada bayi merupakan gejala yang umum terjadi. Bunda tidak perlu panik dan langsung membawa ke dokter karena bisa diatasi sendiri di rumah. Ruam popok merupakan kondisi kulit bayi yang iritasi di area kulit yang tertutup popok.

Ruam popok biasanya ditandai dengan adanya bercak merah pada kulit bayi, kulit yang kering, serta adanya luka lecet pada bagian bokong, paha, dan juga area kelamin. Selain itu, ruam popok juga bisa ditandai dengan rasa kesakitan pada bayi dan saat kulit di raba terasa hangat dan kasar. Untuk itu, Bunda juga perlu mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan ruam popok pada bayi:

BACA JUGA: Popok Kain atau Popok Sekali Pakai? Simak Kelebihan dan Kekurangannya!

Penyebab Ruam Popok pada Bayi

  • Popok yang lembab : Popok yang tidak secara langsung diganti saat sudah terkena urine atau feses, bisa menyebabkan ruam popok pada bayi. Terlalu lama tidak mengganti popok juga bisa jadi penyebabnya karena lembab dan buat kulit bayi menjadi iritasi karena adanya infeksi bakteri.
  • Ukuran popok terlalu ketat : Jika popok bayi yang digunakan terlalu ketat, bisa menimbulkan lecet pada kulit bayi. Hal ini bisa menyebabkan ruam karena kulit bayi yang masih sensitif dan tipis.
  • Infeksi : Area paha, bokong dan kelamin yang tertutup popok menyebabkan area tersebut lembab. Hal ini membuat kulit lebih mudah terkena ruam popok yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan jamur.
  • Kulit yang sensitif : Bayi yang memiliki masalah pada kulit seperti eksim, akan lebih mudah terkena ruam popok.

Masalah ruam popok pada bayi, bisa Bunda atasi dengan cara mudah dan secara alami. Tidak perlu memberikannya obat atau ke dokter untuk menyembuhkannya. Berikut adalah cara menangani ruam popok pada bayi secara alami di rumah.

sereal bayi
Praktis, hemat dan sehat. Beri si kecil sarapan bergizi dengan sereal bayi terlengkap di sini!

Tips & Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Secara Alami

1. Pastikan Tangan Bunda Bersih saat Mengganti Popok

Sebelum mulai untuk mengganti popok, Bunda disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari bakteri atau kuman di tangan yang justru dapat memperparah ruam popok.

2. Segera Mengganti Popok Bayi

Saat popok sudah penuh, atau sudah terkena urine dan feses segeralah mengganti popok. Jika didiamkan terlalu lama, popok akan lembab dan akan menumpukkan bakteri serta kuman berbahaya.

Saat kuman dan bakteri menumpuk, bisa menimbulkan jamur yang justru dapat memperparah iritasi kulit bayi.

3. Gunakan Air Bersih untuk Membersihkan Kulit Bayi

Saat Bunda sudah membersihkan popok bayi yang kotor, Bunda perlu membersihkan bokong, paha, dan juga kelamin bayi dengan air yang bersih.

Air bersih bisa sekaligus menghilangkan kuman dan bakteri penyebab iritasi pada kulit bayi. Sebaiknya, gunakan lah air yang mengalir untuk membersihkan kulit bayi yang tertutup oleh popok.

4. Keringkan Area Kulit yang Tertutup Popok

Cara atasi ruam popok pada bayi adalah dengan selalu menjaga kulit bayi agar tidak lembab. Saat Bunda sudah selesai membersihkan popok dan kulit bayi dengan air bersih, keringkan lah area kulit yang tertutup popok dengan handuk halus.

Jangan gunakan handuk atau kain dengan bahan yang kasar karena bisa memperparah iritasi penyebab ruam popok. Keringkan secara tuntas area kulit bayi agar tidak lembab saat popok dipakaikan.

5. Gunakan Pelembab yang Aman untuk Si Kecil

Bunda bisa oleskan pelembab atau krim yang memiliki kandungan zinc oxide pada area kulit yang terkena ruam popok. Kandungan pada krim pelembab bayi tersebut aman digunakan dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

6. Ganti Merk Popok

Ruam popok pada bayi juga bisa disebabkan karena bahan atau kandungan yang ada pada popok. Kulit sensitif pada bayi buat Bunda harus lebih teliti dalam memilih merk popok. Ada beberapa bayi yang tidak cocok dengan material atau bahan yang terkandung pada popok.

Untuk mengatasi ruam popok, ada baiknya Bunda mencoba untuk mengganti merk popok yang digunakan. Bisa saja ruam terjadi karena kesalahan dalam memilih popok yang digunakan.

BACA JUGA: 9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Desain Kamar Bayi Aman & Nyaman

Kini Bunda tak perlu panik dan khawatir berlebihan untuk mengatasi ruam popok. Bunda bisa lakukan penanganan sendiri di rumah dengan cara yang praktis dan alami.

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

5 Rekomendasi Obat Sembelit Anak di Apotek, Atasi Susah BAB
Kids and Parenting
5 Rekomendasi Obat Sembelit Anak di Apotek, Atasi Susah BAB
© 2009-2024, PT Tokopedia