10 Tips dan Cara Memilih Router Wi-Fi yang Tepat di Rumah

98
tips memilih router wifi, cara memilih router

Agar internet tersebar secara merata, router yang digunakan harus lah tepat. Yuk, simak tips dan cara memilih router wifi di rumah!


Tips Memilih Router – Kehadiran internet telah mengambil peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan lebih praktis dengan teknologi ini. Karena itu, internet juga dibutuhkan di rumah.

Nah, untuk mendukung koneksi internet yang lancar di rumah, kita membutuhkan router Wi-Fi berkualitas. Dengan router yang dapat diandalkan, penyebaran sinyal bisa dilakukan secara merata di seluruh bagian rumah.

Maka dari itu, guna mendapatkan yang terbaik, simak tips dan cara memilih router wifi berikut ini!

Baca Juga: 12 Merk Router WiFi Terbaik yang Pastikan Internet Cepat dan Stabil

Tips Memilih Router Wifi

1. Tentukan Kecepatan Wi-Fi

tips memilih router wifi, cara memilih router
Sumber Gambar: MakeUseOf

Tentukan lah kecepatan WiFi pada router yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kamu. Biasanya router memiliki kecepatan wireless mulai dari 350-1.900 Mbps. Kamu dapat melakukan konsultasi kepada penyedia jasa penyedia jaringan terhadap hal ini.

Selain itu, faktor yang menentukan kecepatan WiFi adalah peletakannya. Letakkan WiFi pada tempat yang paling ideal agar semua pihak merasakan koneksi yang stabil.

2. Periksa Keamanan

tips memilih router wifi, cara memilih router
Sumber Gambar: PC Mag

Persoalanan kecepatan ini merupakan salah satu yang terpenting. Tentunya kamu tidak ingin orang lain menggunakan WiFi-mu dan mengganggu konektifitasnya.

Terdapat beberapa jenis sistem keamanan pada router, seperti WEP, WPA, dan WPA2. Dari ketiga tipe ini, yang paling aman adalah WPA2. selain itu, pilih router WiFi yang memiliki fitur keamanan Parental Control.

Fitur ini akan memblokir IP yang tidak pantas untuk anak-anak.

3. Quality of Service

tips memilih router wifi, cara memilih router
Sumber Gambar: Computer World

Quality of Service pada router juga perlu menjadi pertimbangan ketika memilih router. QoS ini akan mengoptimalkan router-mu, namun bukan selalu masalah kecepatan saja.

QoS akan mendukung kamu dalam mangakses hal-hal yang memiliki bandwith yang besar. Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan kemampuan router secara menyeluruh.

4. Port USB

tips memilih router wifi, cara memilih router
Sumber Gambar: Windows Central

Adanya port USB pada sebuah router juga menjadi pertimbangan penting. Kamu perlu memerhatikan apa kan port USB ini dapat tersambungkan dengan port USB komputer, karena belum semua router bisa melakukannya.

Pastikan port USB router yang kamu beli adalah port USB yang dapat membaca USB sebagai penyimpanan data dan sebagai Network Attached Storage (NAS).

5. Teknologi Dual-Band

tips memilih router wifi, cara memilih router
Sumber Gambar: DH Gate

Dual-band adalah teknologi yang menggunakan dua radio, satu beroperasi dengan kecepatan 2,4 GHz dan satu lagi beroperasi dengan kecepatan 5,0 GHz. bisa kamu ibaratkan seperti ponsel dengan dual sim.

Teknologi ini akan banyak menunjang hal-hal seperti streaming, bermain gim online, atau melakukan transfer data.

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Baca Juga: 10 Cara Setting Router dan Langkah Menggunakannya di Rumah

6. Cek Antena

Antena pada router akan sangat menguntungkankan pemakaian jaringan WiFi kamu. Dengan adanya antena eksternal, seluruh ruangan akan tetap terpancar jaringan WiFi. Kamu tidak perlu khawatir jika adanya sekat atau tembok yang menghalangi.

Banyak router yang sudah memiliki antena internal, namun antena internal ini tidak terlalu berpengaruh seperti yang antena eksternal lakukan.

7. Memilih Network Standard 802.11n atau 802.11ac

Tentu kamu perlu mengetahui teknologi dari fitur wireless pada router. Saat ini 802.11n telah menjadi standar teknologi pada router. Namun, tidak sedikit perusahaan router yang masih menjual produk dengan standar lama, yaitu 802.11ac.

Ada baiknya kamu menggunakan teknologi yang paling terbaru, agar router dapat bekerja lebih maksimal. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika kamu memilih yang lama, dari segi harga pun, 802.11ac lebih terjangkau.

8. Dukungan Software

Kemudian, kamu perlu pastikan bahwa software bawaan yang ada pada router mudah untuk digunakan. Akan sangat sulit jika perusahaan router saat ini masih memberikan software yang susah untuk digunakan.

Misalnya kita perlu mengetahui istilah teknik dan hal-hal kompleks lainya. Untung saja saat ini software-software tersebut sudah mudah untuk digunakan.

9. Desain Kompak

Desain atau bentuk dari router pun bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu membeli router. Desain yang sederhana dan kompak tanpa mengabaikan fitur dan teknologi yang canggih bisa jadi pilihan.

Peletakan dari WiFi seperti ini pun pastinya akan lebih mudah disesuaikan di berbagai tempat di rumah.

10. Berapa Budget Kamu?

Terakhir adalah budget yang kamu miliki untuk membeli router dan tentunya biaya bulanan untuk jaringan internetnya. Jangan mudah kena tipu muslihat dari penjual-penjual router yang menawarkan banyak promo.

Cari tahu beberapa jenis router dan merk yang berbeda-beda agar kamu dapat menentukan roouter mana yang cocok dengan dana yang kamu miliki, namun juga memiliki spesifikasi yang baik.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Laptop dan Komputer agar Internet Lancar

Itu dia beberapa tips untuk kamu agar tidak salah pilih router. Dengan router wifi yang tepat, distribusi sinyal internet di rumah akan lebih merata dan dapat diakses dengan mudah.

Nah, kalau kamu sudah mengerti apa saja yang perlu diperhatikan, segera temukan router dengan kualitas terbaik di Tokopedia!

jual peralatan elektronik
Temukan berbagai perangkat elektronik masa kini dengan penawaran menarik di sini!

Bagikan Artikel