10 Tips Jitu Memilih Smartphone Android Terbaik untuk Gaming

1332
tips memilih smartphone gaming terbaik

Tips Memilih Smartphone Gaming – Kini era baru teknologi semakin membuat kemudahan dalam berbagai sisi, salah satunya adalah menikmati permainan. Untuk bisa bermain, dengan resolusi gambar terbaik dan pengalaman bermain yang seru, tak hanya bisa dilakukan seperti zaman dulu, terbatas hanya pada konsol gaming ataupun komputer desktop. Kini gaming bisa semakin mudah hanya dalam genggaman melalui ponsel pintar kamu. 

Bermain game di smartphone tentu tak bisa sembarang dilakukan. Ada spesifikasi khusus yang harus dipenuhi agar bisa bermain dengan lancar tanpa cela. Apa saja sih yang perlu diperhatikan ketika memilih smartphone Android untuk gaming? Yuk baca tips memilih smartphone Android gaming berikut ini!

Baca Juga: 5 Game Sepak Bola Android Terbaik yang Bikin Piala Dunia Makin Seru

Tips Memilih Smartphone Gaming Android

Ada beberapa poin atau unsur penting yang wajib kamu perhatikan ketika memilih smartphone Android terbaik untuk gaming. Membeli ponsel pitnar untuk gaming tidak boleh sembarangan pastinya, karena tidak semua smartphone bisa kamu gunakan untuk bermain game. Ada beberapa komponen khusus yang perlu kamu ketahui ketika memilih smartphone gaming, simak selengkapnya berikut ini.

1. Chipset

tips memilih smartphone gaming terbaik
Sumber Gambar: Qualcomm

Untuk dapat bermain dengan lancar pada smartphone kamu, diperlukan chipset atau system on chip andalan yang kuat pula agar bisa bermain dengan lancar. Chipset merupakan salah satu komponen penting yang bertanggung jawab pada performa ponsel pintar. Tanpa chipset yang mumpuni, bermain game di smartphone akan terasa berat dan kurang mulus.

Maka, pilihlah smartphone dengan chipset yang dapat diandalkan untuk gaming. Salah satu chipset paling dikenal mumpuni pada smartphone gaming adalah produk dari Qualcomm lini Snapdragon seri 800 serta Mediatek seri Helio X. Terbaru adalah Snapdragon 845, bisa kamu temukan pada produk Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus versi global.

baner Maret Mantap

2. Prosesor

Sebenarnya prosesor adalah bagian dari chipset. Semakin banyak ‘otak’ atau inti prosesor dan semakin tinggi clockspeed-nya, maka ia akan mampu memberikan performa lebih cepat kepada perangkat. Saat ini, jumlah core yang biasa kita temui pada ponsel pintar saat ini, yaitu octa core atau delapan inti. Ada pula yang sepuluh inti alias deca core buatan MediaTek. Untuk clockspeed, cari yang di kisaran 2,0 gigahertz (GHz) atau lebih.

Selain itu, arsitektur dan teknologi fabrikasi pada chipset juga mempengaruhi. Jika arsitektur prosesor menggunakan ARM, usahakan seri yang digunakan yaitu ARM Cortex A7X. Apabila memakai Kryo, pastikan itu seri Kryo 3XX atau yang terbaru. Selain itu, chipset paling canggih dan irit daya saat ini adalah yang berbasiskan teknologi fabrikasi 10 nanometer (nm). Semakin kecil, maka makin hemat konsumsi daya dan tidak cepat panas.

3. Pengolah Grafis

tips memilih smartphone gaming
Sumber Gambar: Pixabay

Agar bisa bermain game dengan hasil gambar terbaik, dibutuhkan graphic processing unit (GPU) mumpuni. Pengolah grafis sangat berguna agar smartphone dapat mengeluarkan gambar terbaiknya, sehingga pengalaman gaming kamu pada ponsel pintar jadi lebih baik dan seru. Salah satu GPU terbaik di pasaran yang membuat gaming jadi lebih keren pada smartphone gaming adalah Adreno 630. Biasanya ini sudah terpasang dengan chipset.

4. RAM

Random access memory (RAM) merupakan salah satu komponen penting yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih ponsel untuk gaming. Secara teori, semakin besar RAM, maka akan semakin halus ketika kamu melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu atau multitasking, misalnya gaming sambil chatting, dan aktivitas lainnya. Dengan RAM besar, bermain game yang lebih kompleks juga bisa dijalankan secara lancar.

5. Memori

tips memilih smartphone gaming
Sumber Gambar: Pexels

Yang tak boleh dilupakan juga adalah memori. Memori dalam pengertiannya tak hanya memori internal, namun juga kapasitas memori eksternal. Banyak game bagus dan berkualitas pasti memiliki kapasitas yang besar, bahkan beberapa banyak yang menghabiskan kapasitas penyimpanan. Untuk itu, akan lebih nyaman bila smartphone khusus gaming yang kamu pilih memiliki kapasitas internal yang cukup dan dapat ditambah melalui memori eksternal tambahan.

Baca Juga: 7 Merk Gamepad Terbaik untuk Mobile Gaming Lebih Maksimal

6. Baterai

Tips memilih smartphone gaming selanjutnya adalah mengetahui kapasitas baterai. Pastinya ketika gaming kamu ingin senyaman mungkin tanpa gangguan. Berarti, kamu butuh kapasitas baterai yang besar. Kini banyak smartphone dengan kapasitas baterai besar karena berbagai aplikasi sekarang ini sangat berat dan menghabiskan daya, jadi tak usah khawatir kesulitan memilih ponsel gaming dengan kapasitas baterai memadai. Biasanya ukuran baterai dihitung dalam satuan miliampere hour (mAh).

7. Resolusi Layar

tips memilih smartphone gaming terbaik
Sumber Gambar: Pexels

Ketika bermain, kamu ingin melihat gambar paling sempurna dan paling keren agar bisa main dengan nyaman. Kamu harus memikirkan mengenai resolusi layar. Semakin besar resolusi layar, maka pastinya akan semakin nikmat sensasi bermain game. Apalagi jika resolusi bisa mendekati full high definition (Full HD) atau 1080p, serta 4K. Namun, main game mulus dengan layar beresolusi tinggi membutuhkan spesifikasi ponsel yang tangguh.

8. Speaker

Satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu speaker. Jika kamu kurang suka bermain dengan menggunakan earphone, maka speaker adalah salah satu unsur wajib kamu jadikan acuan memilih dan membeli smartphone untuk gaming. Pilih perangkat dengan speaker mengarah ke depan, sehingga tidak menghalangi kamu ketika sedang bermain. Suara bisa berperan sangat penting lho ketika kamu bermain game dengan intens.

9. Sistem Operasi

tips memilih smartphone gaming terbaik
Sumber Gambar: Xiaomi

Sistem operasi sangat berpengaruh terhadap lancarnya performa perangkat yang kamu gunakan. Saat ini, ada beberapa versi sistem operasi ataupun yang menggunakan custom user interface (UI) seperti Xiaomi MIUI, menyediakan mode khusus yang bisa kamu manfaatkan saat bermain game agar lebih lancar.

10. Pendingin

Terakhir, saat ini sistem pendingin perangkat tak hanya digunakan pada komputer atau laptop gaming saja. Sistem pendingin bahkan baru-baru ini disematkan pada smartphone khusus gaming seperti Xiaomi Black Shark, Razer Phone, hingga Asus ROG Phone. Ini sangat membantu agar ponsel tidak cepat panas atau mengalami overheat saat dimainkan.

Baca Juga: 10 Game Penghilang Stres untuk Smartphone Android dan iOS

Perlu diingat ya Toppers, bahwa tidak ada smartphone yang sempurna! Tapi, pertimbangkanlah unsur-unsur di atas agar kamu bisa mendapatkan smartphone gaming yang mendekati sempurna seperti keinginan kamu! Jangan lupa juga, bahwa sekarang ada berbagai pilihan smartphone gaming andalan yang bisa kamu temukan dan beli dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

Bagikan Artikel