10 Tips dan Cara Memilih Pemanggang Roti Andalan di Rumah

46
tips memilih pemanggang roti, cara memilih pemanggang roti, tips / cara memilih toaster

Panggangan roti sempurna hanya bisa dihasilkan dari alat terbaik. Agar punya pemanggang roti andalan, simak tips memilih toaster berikut ini!


Tips Memilih Toaster – Sepertinya akan terlihat kurang lengkap jika kamu belum mempunyai toaster di dapur masa kini. Selain untuk ‘meramaikan’ dapur, tentunya alat ini akan sangat berguna dalam hal memanggang roti atau makanan lainnya.

Pada umumnya, toaster memang merupakan peralatan dapur yang memiliki fungsi untuk memanggang roti. Namun , terdapat pula tipe toaster dengan fungsi lain selain memanggang roti, misalnya untuk memanggang sandwich atau kue di dalamnya.

Sebelum kamu membeli pemanggang roti, sebaiknya kamu membaca artikel ini agar kamu tidak salah pilih. Simak 10 tips memilih toaster yang tepat di bawah ini!

Baca Juga: Panggang Roti Sempurna dengan 10 Merk Toaster Terbaik

Tips / Cara Memilih Toaster

1. Tentukan Benefit

tips memilih pemanggang roti, cara memilih pemanggang roti, tips / cara memilih toaster
Sumber Gambar: Mashed

Hal pertama yang menjadi langkah pertamamu adalah pikirkan benefit dari adanya toaster di rumahmu. Jika kamu membeli toaster yang hanya akan kamu gunakan untuk memanggang saja, sebaiknya kamu membeli toaster dengan ukuran dan fungsi standard.

Jika kamu membutuhkan toaster yang dapat memberikan keuntungan lebih selain memanggang roti, kamu bisa membeli toaster dengan ukuran yang lebih besar dan serbaguna.

2. Perhatikan Tipe Toaster

tips memilih pemanggang roti, cara memilih pemanggang roti, tips / cara memilih toaster
Sumber Gambar: AAA

Selanjutnya, kamu bisa menentukan tipe toaster mana yang kamu inginkan. Terdapat beberapa tipe toaster sekarang ini, misalnya seperti oven toaster, sandwich toaster, dan pop-up toaster.

Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, bergantung pada kebutuhan kamu di rumah dan lebih sering menggunakannya untuk apa.

  • Oven Toaster

Jenis toaster yang satu ini berbentuk layaknya oven pada umumnya, tapi lebih dikhususkan untuk memanggang roti, walaupun kamu pun bisa memanaskan makanan lain seperti ayam.

Cara penggunaannya pun mudah, kamu hanya perlu menaruh rotimu di loyang yang sudah disediakan, lalu atur suhu panggangan.

  • Pop-up Toaster

Pasti kamu sudah tidak asing dengan toaster yang satu ini, pop-up toaster memang pemanggang roti yang banyak digunakan. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memasukan rotimu secara vertikal.

Kemudian, atur tingkat panggangan. Setelah matang roti akan naik dengan sendirinya.

  • Sandwich Toaster

Dengan menggunakan sandwich toaster ini, kamu bisa memanggang roti sekaligus dengan isian rotimu, berbeda dengan pop-up toaster.

Jadi, keju atau coklat yang menjadi isian rotimu bisa melting dengan sempurna.

3. Kenali Fiturnya

tips memilih pemanggang roti, cara memilih pemanggang roti, tips / cara memilih toaster
Sumber Gambar: Pierre Schwenko

Kamu juga perlu mengenali fitur-fitur yang terdapat pada toaster. Saat ini sudah banyak toaster dengan fitur yang canggih. Fitur penting pada toaster adalah auto-shut off signal yang menandakan bahwa rotimu sudah selesai dipanggang.

Selain itu, ada defrost yang bisa kamu gunakan untuk roti yang baru kamu keluarkan dari kulkas. Ada pula fitur reheat yang bisa kamu gunakan untuk memanaskan kembali rotimu.

Sekiranya tiga itu merupakan fitur yang akan sering kamu gunakan.

4. Perhatikan Materialnya

tips memilih pemanggang roti, cara memilih pemanggang roti, tips / cara memilih toaster
Sumber Gambar: The Independent

Kemudian, kamu perlu mengetahui material dasar yang digunakan toaster yang akan kamu beli. Tahap ini akan berpengaruh pada ketahanan dari toaster itu sendiri dan menyesuaikannya dengan material peralatan lain di dapur.

Biasanya, toaster memiliki material baja putih, stainless steel, atau plastik anti panas.

5. Tentukan Ukuran dan Kapasitas Toaster

tips memilih pemanggang roti, cara memilih pemanggang roti, tips / cara memilih toaster
Sumber Gambar: Your Best Digs

Sebelum membeli, kamu perlu memertimbangkan slot panggangan yang ada pada toaster. Kapasitas roti yang dapat ditampung oleh toaster ini bisa kamu sesuaikan dengan jumlah anggota keluargamu di rumah.

Selain itu, kamu juga perlu memertimbangkan ukuran dapurmu, mau kamu taruh mana toaster tersebut. Usahakan beri jarak antara toaster dan barang lain di dapurmu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

jual oven listrik
Kebutuhan memanggang dan membuat roti semakin praktis dengan oven listrik terbaik!

Baca Juga: Sebelum Memanggang, Kenali 10 Fungsi dan Bagian Toaster Berikut!

6. Pilih yang Mudah Dibersihkan

Kemudahan untuk membersikan toaster pun perlu kamu pikirkan, Toppers. Agar toaster-mu lebih awet dan memanggang roti dengan sempurna, kamu perlu membersihkannya dari remah-remah roti yang tertempel pada toaster.

7. Perhatikan Daya listrik

Berikutnya, perhatikan daya listrik yang dimiliki oleh toaster yang akan kamu pilih. Semakin besar daya listriknya tentunya rotimu akan lebih cepat matang.

Pada toaster dengan dua slot, daya listrik yang dimiliki sebesar 1200 kilowatt (kW), dan pada toaster dengan empat slot, daya listriknya sebesar 1800 kW.

Semakin banyak slot dari toaster-mu semakin besar pula daya listriknya. Biasanya toaster memiliki dua hingga enam slot panggangan.

8. Pilih yang Branded

Ada harga, ada kualitas. Jangan takut untuk mengeluarkan jumlah uang yang cukup besar untuk kepentingan rumahmu. Beli lah toaster dengan merk-merk yang sudah terpercaya.

Namun, kamu tetap perlu memertimbangkannya dari tips yang sudah dijabarkan di atas.

9. Lakukan Riset Kecil

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset mengenai toaster yang akan kamu beli. Luangkan lah sedikit waktumu untuk membaca review mengenai toaster dari merk tertentu.

Atau kamu juga bisa membaca mengenai apa saja yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih toaster-mu sendiri.

10. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, yang perlu kamu lakukan adalah menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Walaupun sebelumnya kamu disarankan untuk membeli toaster dengan merk yang memang sudah terpercaya, kamu tetap perlu mempertimbangkan budget.

Jika toaster yang kamu inginkan melebihi budget sekarang, tidak ada salahnya untuk menunggu dan jangan terburu-buru. Karena tentunya harga juga bisa menjamin kualitas.

Baca Juga: Bingung Pakai Toaster? Simak 10 Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Benar

Sekarang sudah tahu kan apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli panggangan roti andalan. Nah, setelah menentukan pilihan, dapatkan toaster dan alat dapur modern lain degnan harga terbaik di Tokopedia!

jual peralatan dapur
Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel