8 Tips Mempersiapkan Acara Buka Puasa Bersama yang Seru

5373
acara buka puasa

Pernah ditunjuk jadi panitia buka puasa bersama? Lalu bagaimana caranya agar dapat membuat acara buka puasa bersama yang seru? Simak tips berikut!


Tips Mempersiapkan Acara Buka Puasa Bersama – Salah satu kegiatan yang selalu ada saat bulan puasa tiba adalah acara buka puasa bersama alias bukber, baik itu bersama keluarga, teman ataupun rekan kerja.

Terkadang kita tidak hanya diundang sebagai tamu dalam acara berbuka puasa di bulan Ramadan, namun kita juga sebagai penyelenggara acara buka puasa bersama.

Punya rencana mengadakan acara buka puasa bersama? Simak dulu tips mempersiapkan acara buka puasa bersama yang seru berikut!

ramadan ekstra 2019

BACA JUGA: Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Tips Buka Puasa Seru

1. Memilih Tempat yang Tepat

tips mempersiapkan acara bukber - menentukan tempat
Sumber gambar: Pexels

Salah satu faktor yang paling penting saat menentukan acara buka puasa bersama adalah memilih tempat yang tepat. Jika Toppers ingin berbuka puasa bersama dengan jumlah tamu yang tidak terlalu banyak dan tidak ingin repot, kamu bisa memilih tempat di restoran.

Namun, tentunya waktu akan dibatasi sehingga tidak bisa mengobrol lebih lama. Jika kamu ingin mengobrol lebih lama, pilihlah tempat di rumah.

2. Tentukan Waktu yang Tepat

tips mempersiapkan acara bukber - memilih waktu
Sumber gambar: Pexels

Memilih waktu yang tepat juga merupakan salah satu tips mempersiapkan acara buka puasa bersama. Pada saat puasa, kita tentunya tidak hanya akan menghadiri satu acara buka puasa bersama saja. Untuk itu cobalah untuk memilih waktu yang sekiranya banyak orang akan hadir seperti pada awal minggu kedua puasa.

Pada minggu pertama puasa biasanya orang akan banyak menghabiskan waktu berbuka bersama keluarga. Sedangkan pada minggu akhir lebaran, banyak orang yang sudah mulai mudik.

3. Mempersiapkan Acara Inti Dengan Baik

tips mempersiapkan acara bukber - mempersiapkan acara inti
Sumber gambar: Pexels

Ketahuilah inti dari acara buka puasa bersama adalah untuk silaturahmi. Jika hanya makan bersama tentunya akan membosankan dan tidak seru. Tips mempersiapkan acara buka puasa bersama selanjutnya adalah dengan mempersiapkan acara inti dengan baik.

Buatlah flow acara agar acara buka puasa bersama lebih seru dan tertata.

4. Mempersiapkan Games Sesuai Tamu

tips mempersiapkan acara bukber - mempersiapkan games
Sumber gambar: Pexels

Salah satu cara agar acara buka puasa bersama lebih seru adalah dengan mengadakan games. Dengan adanya games, kita bisa lebih terasa keseruan serta silaturahminya. Namun, tentunya kamu harus mempersiapkan games sesuai dengan tamunya.

Jika tamunya adalah keluarga, maka buatlah permainan untuk segala umur. Sedangkan jika tamunya teman atau kerabat maka buat games yang kiranya seumur.

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Baca juga: 7 Pilihan Games Gathering untuk acara Kantor atau Keluarga

5. Praktis dengan Peralatan Makan Sekali Pakai

Salah satu tips mempersiapkan acara buka puasa bersama yang bebas ribet adalah dengan menggunakan peralatan makan sekali pakai. Hal ini bisa kamu terapkan ketika kamu mempersiapkana acara buka puasa bersama di rumah.

Dengan menggunakan peralatan makan sekali pakai, kamu tidak akan lagi direpotkan dengan mencuci piring ataupun gelas habis pakai.

6. Tukar Kado

tips mempersiapkan acara bukber - mengadakan tukar kado
Sumber gambar: Pexels

Acara tukar kado tidak hanya bisa dilakukan saat Hari Raya Natal saja, kamu pun bisa memasukan acara tukar kado pada acara buka puasa bersama. Lagipula salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah saling memberi.

Dengan adanya acara tukar kado pastinya acara buka puasa bersama akan lebih seru.

7. Gunakan Teknik Potluck

tips mempersiapkan acara bukber - menggunakan potluck
Sumber gambar: Pexels

Tips mempersiapkan acara buka puasa bersama agar menghemat dan juga tidak repot adalah dengan menggunakan teknik potluck. Teknik potluck adalah dimana tamu acara buka puasa bersama masing-masingnya membawa makanan atau lauk sendiri-sendiri.

Teknik potluck sangat cocok digunakan saat acara buka bersama puasa bersama di rumah.

8. Buka Bersama dengan Liwetan

Inspirasi Acara Buka Puasa
Sumber gambar: Tribunnews

Liwetan adalah cara makan tradisional dimana semua orang menyantap nasi liwet dan berbagai lauk di atas daun pisang yang sama. Selain unik, liwetan bisa jadi salah satu cara membuat acara buka bersama yang seru dan tentunya berkesan, lho!

BACA JUGA: 8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Itulah berbagai cara dan tips membuat acara buka bersama menjadi lebih seru dan menyenangkan. Untuk menemukan berbagai perlengkapan dan kebutuhan membuat acara buka bersama, Toppers bisa cari di Tokopedia dengan mudah, lho!

Sudah siap mengadakan acara buka bersama yang seru bersama orang-orang terdekatmu?

parcel lebaran
Temukan parcel lebaran dengan penawaran terbaik dan terlengkap di sini!
ramadan ekstra 2019

Bagikan Artikel