7 Tips Mudik Aman Dengan Kereta Api dan Kendaraan Pribadi

945

Tips Mudik – Perjalanan Mudik dengan menggunakan kereta api masih diminati oleh sebagian besar masyarakat indonesia, Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Misalnya, lokasi tujuan lebih mudah dijangkau dari stasiun, dan harga tiket kereta api lebih murah dari tiket pesawat. Namun, semakin dekat dengan hari raya maka harga tiket juga semakin mahal, jadi tidak heran jika banyak juga yang ingin menggunakan alrernatif transportasi darat lainnya.

Kedua pilihan tetap memiliki resikonya masing-masing, tetapi ada tips-tips mudik Lebaran yang Toppers dapat lakukan agar resiko-resiko tersebut berkurang, berikut adalah 7 tips-tips mudik aman dengan kereta api ataupun transportasi darat lainnya.

Baca juga: Mudik Lebaran dengan Kereta Api? Beli Tiket Mudik-mu di Tokopedia

Tips Mudik Aman dengan Kereta Api

1. Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Biarpun Toppers memilih untuk naik kereta api atau kendaraan pribadi, tips mudik ini sangat membantu perjalanan mudik. Membawa uang tunai cukup merupakan hal penting saat mudik karena selama perjalanan mudik, mesin ATM sulit untuk ditemukan dan tidak semua toko menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit.

Tips mudik ini juga berguna jika ada keadaan darurat dimana kamu harus menggunakan uang tunai untuk membayar sesuatu. Namun, hindari juga membawa uang tunai berlebih saat mudik untuk meminimalisir tindak kriminal, ya.

2. Membawa Makanan dan Minuman Yang Cukup

tips mudik aman dengan kereta api
Sumber gambar: Pexels

Tips mudik berikutnya sangat berguna untuk perjalanan mudik menggunakan kereta api ataupun transportasi darat lainnya. Karena, di kereta api dan jalan terkadang tidak ada penjual makanan dan minuman dan juga kemacetan bisa terjadi dimana saja jika Toppers mudik dengan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, membawa persediaan makanan dan minuman merupakan tips mudik yang sangat penting untuk diikuti.

3. Istirahat Jika Perlu

tips mudik dengan kereta api
Sumber gambar: Pexels

Untuk kalian yang mudik dengan kendaraan pribadi, tips mudik ini wajib untuk diikuti. Jangan lupa untuk beristirahat di jalan jika Toppers merasa lelah, beristirahatlah di pom bensin atau rest area di jalan tol. Kembalilah berjalan ketika tubuh sudah merasa segar dan fit.

4. Siapkan Tiket Kereta Jauh-Jauh Hari Sebelum Berangkat

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Salah satu tips mudik wajib dilakukan pemudik kereta api atau pesawat adalah untuk menyiapkan tiket jauh-jauh hari sebelum berangkat. Hal ini karena harga tiket yang dipesan dari kejauhan hari jauh lebih murah dibanding tiket yang dibeli dadakan hingga dapat mengurangi ongkos perjalanan mudik.

5. Periksa Kondisi Kendaraan

Tips Mudik Kereta Api
Sumber gambar: Pexels

Tips mudik berikutnya berlaku untuk pengendara mobil. Pastikan kendaraan sudah dalam kondisi terbaik sebelum berangkat mudik. Karena jika mogok dijalan, Toppers akan kerepotan karena susah untuk mencari bengkel saat mudik.

6. Hindari Mengangkut Penumpang Terlalu Banyak

Bawalah penumpang sesuai kapasitas kendaraan. Mengikuti tips mudik ini akan membantu kalian untuk mengurangi pemakaian bensin dan agar tetap nyaman ketika mudik.

7. Aktifkan GPS

Tips mudik dengan kereta api
Sumber gambar: Pexels

Tips mudik selanjutnya ini pening untuk pengemudi tidak hafal jalan. Selalu bekali dirimu dengan GPS mobil atau alat navigasi lainnya, karena jika Toppers tersesat di perjalanan mudik, akan memakan waktu yang banyak untuk kembali ke rute mudik yang benar.

Baca juga: Mengenal Sub-Kelas & Kelas Kereta Api di Indonesia

Ikutilah tips-tips mudik diatas untuk memastikan perjalanan mudik aman dan nyaman. Tips-tips mudik ini akan sangat membantu dalam perjalanan mudik anda. Dan jangan lupa untuk berdoa agar selamat hingga tujuan. Jika menggunakan mobil pribadi jangan lupa memastikan GPS sudah aktif. Jika anda tidak memiliki GPS, temukanlah GPS terbaik dan segala keperluan mudik di Tokopedia!

Ramadan Ekstra

Bagikan Artikel