• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Buku Self-Improvement Terbaik dan Terpopuler 2024

02 May 2024

Share

10 Buku Self-Improvement Terbaik dan Terpopuler 2024

Rekomendasi buku self-improvement best seller ini akan membantumu menemukan motivasi hidup dan menjadi lebih baik. Yuk, simak berikut!


Ada banyak jenis buku yang beredar di toko buku yang bisa kamu baca sebagai bentuk hiburan. Mulai dari buku fiksi hingga non-fiksi, berbagai jenis buku ini dapat memberikan manfaat dan kegunaan tertentu bagi pembacanya, lho. Banyak orang yang juga membaca buku berdasarkan selera, kepribadian, atau aspirasi mereka.

Salah satu jenis buku yang bermanfaat untuk dibaca adalah buku self-improvement atau pengembangan diri. Seperti namanya, jenis buku ini bertujuan untuk mendorong pembacanya untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik.

Melalui buku self-improvement, pembaca juga akan diajak untuk memandang hidup dengan lebih positif, membangun kepercayaan diri, dan menentukan tujuan dalam hidup. Untuk kamu yang butuh inspirasi dalam menjalani hidup, yuk simak rekomendasi buku self-improvement terbaik untuk dibaca!

Baca Juga: Resensi Buku Atomic Habits; Perubahan Kecil, Hasil yang Luar Biasa!

article

Buku idaman dalam genggaman! Yuk, beli buku idamanmu di Bookarnaval Tokopedia dan dapatkan diskon spesial hingga 90%!

Rekomendasi Buku Self-Improvement Best Seller

Buku self-improvement membahas berbagai topik berbeda, mulai dari cara jitu bersosialisasi hingga menerima kekurangan diri. Berikut ini adalah daftar buku self-improvement terbaik untuk masuk ke daftar bacaanmu:


1. Filosofi Teras – Henry Manampiring


Filosofi Teras – Henry Manampiring

Sumber gambar: Gramedia

Rekomendasi buku self-improvement terbaik yang pertama adalah Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Buku ini memperkenalkan versi Indonesia dari filsafat Yunani Kuno bernama stoisisme yang dinamakan oleh Henry Manampiring sebagai “Filosofi Teras” seperti judul buku ini.

Filosofi Teras menyediakan solusi untuk penyakit akut yang umum terjadi di zaman sekarang, seperti depresi, mudah stress, dan gampang marah. Filosofi Teras mengajak kita untuk berfokus pada apa yang bisa kita kendalikan. Kita bisa mengendalikan opini, pemikiran, keinginan, tindakan, dan tujuan kita. Sementara itu, hal lain yang tidak bisa kita kendalikan adalah seperti pendapat orang lain.

Dalam Filosofi Teras, sikap menggantungkan kebahagiaan pada hal yang tidak bisa kita kendalikan adalah hal yang tidak rasional. Filosofi Teras akan membawa kamu untuk menerima keadaan apa adanya dan hidup dengan sebaik-baiknya. Dikemas dengan gaya bahasa yang enak dibaca dan ilustrasi yang menarik, kamu pasti menikmati Filosofi Teras.

Rentang Harga: Rp73.000 – Rp89.000

Cek Buku Filosofi Teras Selengkapnya


2. Mindset – Carol S. Dweck


Mindset – Carol S. Dweck

Sumber gambar: Tomas Laurinavicius

Pilihan buku self-improvement selanjutnya adalah Mindset karya Carol S. Dweck. Buku ini mengajak pembacanya untuk mengenali 2 jenis pola pikir berbeda, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Melalui buku ini, Carol S. Dweck memandang bahwa pola pikir seseorang dari kebiasaannya, terutama reaksinya terhadap kegagalan.

Di dalam buku Mindset, dituturkan bahwa capaian potensi seseorang tidaklah berasal dari kemampuan, melainkan dari cara pandang terhadap kemampuan tersebut serta keyakinan bahwa sesuatu dapat tumbuh dan berkembang. Mindset akan mengajak kamu untuk menelusuri pola pikir yang tepat menuju kesuksesan.

Dengan caranya yang mampu mengubah pandangan orang menuju kesuksesan, tidak heran Mindset menjadi best-seller di Amazon sejak 16 tahun lalu hingga sekarang. Mindset tersedia dalam bahasa Inggris dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, jadi Toppers bisa lebih mudah dalam memahami buku ini.

Rentang Harga: Rp20.000 – Rp130.000

Cek Buku Mindset Selengkapnya


3. Atomic Habits – James Clear


Atomic Habits – James Clear

Sumber gambar: Freedom Matters

Untuk kamu yang mencari inspirasi perubahan kebiasaan dalam hidup, kamu bisa membaca buku Atomic Habits karya James Clear. Dalam buku Atomic Habits, James Clear meyakini bahwa perubahan nyata berasal dari gabungan keputusan-keputusan kecil yang berhasil dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Keputusan kecil tersebut dapat berupa bangun lebih pagi atau menyempatkan berolahraga 30 menit per hari.

Melalui buku Atomic Habits, pembaca akan diajak untuk melihat kesuksesan dari cara yang berbeda. Kamu tidak perlu langsung membayangkan hasil akhir atau meyakini bahwa keputusan besarlah yang akan membawamu menuju tujuan. Hal ini justru akan membuatmu merasa sulit dalam mencapai kesuksesan.

Maka dari itu, Atomic Habits akan mengajakmu untuk melakukan kebiasaan kecil yang akan berdampak pada perubahan terbesar. Dari salah satu buku self-improvement terbaik ini, kamu akan tahu bagaimana cara membentuk kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari dan membuatnya terlihat menarik mudah, dan memuaskan.

Rentang Harga: Rp35.000–Rp262.000

Cek Buku Atomic Habits Selengkapnya

Baca juga: Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!

4. The Psychology of Money – Morgan Housel


The Psychology of Money – Morgan Housel

Sumber gambar: My Book Manager

Untuk Toppers yang membutuhkan buku self-improvement tentang finansial, kamu bisa mencoba buku The Psychology of Money karya Morgan Housel. Seperti yang kita tahu, uang adalah benda vital dalam kehidupan sehari-hari. Buku The Psychology of Money akan mengajak pembaca untuk mengetahui cara mengelola uang dengan tepat.

Melalui buku ini, Morgan Housel memaparkan bahwa perilaku seseorang terhadap uang yang dimiliki akan mempengaruhi kondisi keuangan yang dimiliki orang tersebut. Buku ini dikemas dengan 19 cerita pendek yang membahas perilaku manusia terhadap uang yang mereka miliki.

The Psychology of Money akan memperlihatkan sifat-sifat apa yang harus dihindari untuk mencapai kebebasan finansial dalam hidup, seperti sikap serakah atau rasa iri hati. Mengelola keuangan berkaitan erat dengan pola pikir pemilik uang tersebut. Oleh karena itu, melalui The Psychology of Money, kamu akan mempelajari pola pikir terbaik untuk mengelola keuangan dengan bijak.

Rentang Harga: Rp45.000–Rp315.000

Cek Buku The Psychology of Money Selengkapnya


5. Love for Imperfect Things – Haemin Sunim


Love for Imperfect Things – Haemin Sunim

Sumber gambar: Pinterest

Toppers sering merasa terbebani dengan “standar” yang sering dituntut untuk dipenuhi oleh lingkungan sekitar? Entah itu standar kecantikan hingga standar pendidikan, semua standar itu terasa mencekik kita secara perlahan. Melalui buku self-improvement Love For Imperfect Things, kamu akan diajak untuk menerima diri kamu apa adanya dengan segala kekurangannya.

Faktanya, tidak ada manusia yang sempurna. Tapi, hal itu bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk mencintai sesuatu, bahkan mencintai diri kita sendiri. Saat kita memperlakukan diri sendiri dengan kasih sayang, empati, dan rasa maaf, kita juga belajar untuk memperlakukan orang lain dengan cara yang sama.

Love for Imperfect Things akan mengajak pembacanya untuk terhubung dengan diri sendiri dan orang lain pada level yang lebih dalam, kembali dari kegagalan, menangani rasa sakit hati dan depresi, serta belajar untuk mendengarkan dan mengekspresikan diri dengan baik. Love for Imperfect Things adalah buku yang tepat untuk belajar menerima dan mencintai diri sendiri.

Rentang Harga: Rp50.000–Rp200.000

Cek Buku Love for Imperfect Things Selengkapnya

Baca Juga: 7 Rekomendasi Novel Wattpad Best Seller, Kisah Seru dan Unik!

6. Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah – Alfialghazi


Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah – Alfialghazi

Sumber gambar: Retizen Republika

Untuk Toppers yang mencari buku self-development berbau islami, kamu bisa mencoba buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah karya Alfialghazi. Seperti judulnya, buku ini mengisahkan kepasrahan manusia kepada Tuhan. Dari kepasrahan tersebut, buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah juga mengajak pembacanya untuk selalu bersyukur dan bertahan di tengah musibah.

Melalui buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah, Alfialghazi berharap pembacanya selalu berpikir positif atas takdir yang telah ditentukan Tuhan. Tuhan-lah yang tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Dengan meyakini hal tersebut, kita dituntut untuk selalu maju ke depan, terlepas dari berbagai rintangan yang menghadang kita. Buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah mengajak kita untuk memeluk rasa sedih atas kegagalan yang kita alami dan mengajak kita untuk segera bangkit.

Rentang Harga: Rp22.900–Rp64.000

Cek Buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah Selengkapnya


7. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson


Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson

Sumber gambar: Goodreads

Rekomendasi buku self-development tterbaik selanjutnya adalah buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson. Buku ini adalah terjemahan dari versi aslinya dalam bahasa Inggris yang berjudul The Subtle Art of Not Giving a F*ck. Buku ini merupakan ajakan bagi kaum muda untuk mulai berkonsentrasi pada hal-hal yang mereka pedulikan saja.

Berhubungan dengan ajakan tersebut, Toppers mungkin sering mendengar ajakan untuk mencapai banyak hal sebelum memasuki usia 30 tahun, seperti mendapat gaji dua digit, memiliki rumah, hingga menikah. Memenuhi semua ekspektasi itu terkadang cukup melelahkan.

Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat mengajak pembacanya untuk menemukan apa yang dianggap penting dan berfokus pada hal itu saja. Kita juga perlu mengabaikan hal-hal yang sebenarnya tidak penting, seperti terlihat sempurna atau selalu merasa baik baik saja. Menurut Manson, cara ini dapat membuat hidup jadi lebih tenang dan bahagia.

Rentang Harga: Rp20.000–Rp98.000

Cek Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Selengkapnya


8. How to Win Friends and Influence People – Dale Carnegie


How to Win Friends and Influence People – Dale Carnegie

Sumber gambar: Sobin Sebastian

Untuk Toppers yang membutuhkan tips bersosialisasi dan membangun relasi, Toppers bisa mencoba buku self-development berjudul How to Win Friends and Influence People karya Dale Carnegie. Dirilis pada tahun 1936, panduan terbaik dalam membangun hubungan sosial dari buku ini merupakan tips yang tidak lekang oleh waktu.

Melalui buku ini, Toppers akan belajar tips menarik untuk membuat orang lain menyukai kamu dan juga membawa orang lain untuk setuju dengan pendapatmu. Tidak hanya itu, How to Win Friends and Influence People juga memberikan panduan untuk para pemimpin tentang bagaimana mengubah orang lain menjadi lebih baik tanpa menimbulkan kebencian.

Toppers juga akan mendapatkan insight tentang sikap apa yang harus Toppers miliki saat menghadapi seseorang, seperti dengan memberikan apresiasi yang jujur dan tulus serta tidak mengkritiknya.

Tidak hanya itu, Toppers juga akan mengetahui cara tepat untuk bereaksi terhadap kritik yang diberikan seseorang. Setelah membaca buku ini, Toppers dijamin akan lebih tercerahkan soal kehidupan bersosialisasi yang tepat dan sukses!

Rentang Harga: Rp20.000–Rp140.000

Cek Buku How to Win Friends and Influence People Selengkapnya


9. Berani Tidak Disukai – Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga


Berani Tidak Disukai – Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga

Sumber gambar: Face to Feet

Pilihan buku self-development berikutnya adalah buku Berani Tidak Disukai karya Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga. Buku ini adalah terjemahan dari versi bahasa Inggrisnya yang berjudul The Courage to be Disliked. Buku ini akan cocok untuk Toppers yang ingin membebaskan diri dan mencari kebahagiaan yang sesungguhnya dalam hidup.

Dengan menggunakan teori Alfred Adler, buku Berani Tidak Disukai akan menjelaskan bagaimana kita bebas untuk menentukan masa depan dengan terbebas dari kekangan masa lalu, keraguan, dan juga ekspektasi orang lain.

Toppers akan menemukan sebuah panduan untuk membebaskan diri kita hingga mengembangkan niat dan semangat untuk mengubah diri. Dalam prosesnya, kita juga bisa mengabaikan batasan yang sebelumnya mengikat kita untuk berubah menjadi lebih baik. Yuk temukan kebahagiaanmu dengan membaca buku Berani Tidak Disukai!

Rentang Harga: Rp22.000–Rp98.000

Cek Buku Berani Tidak Disukai Selengkapnya


10. Bicara Itu Ada Seninya – Oh Su Hyang


Bicara Itu Ada Seninya – Oh Su Hyang

Sumber gambar: Goodreads

Tahukan Toppers kalau berbicara itu tidak sekedar asal ceplas-ceplos saja? Dalam buku Bicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang, Toppers akan menemukan tips berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. Bicara Ada Seninya menunjukkan beberapa sikap untuk membangun dan menjaga komunikasi tetap terjalin antara penerima dan pendengarnya, seperti dengan menjaga kontak mata serta mendengarkan dengan baik.

Mengetahui teknik komunikasi yang tepat akan membuat kamu lebih menonjol di kehidupan sosialmu. Toppers akan mengetahui tips terbaik untuk menarik orang agar mendengarkan ucapanmu dengan seksama, seperti dengan hanya mengucapkan hal-hal yang logis dan berkesinambungan. Tidak hanya itu, penting juga untuk memiliki bahasa nonverbal yang tepat saat berbicara, seperti suara dan gestur tubuh.

Untuk Toppers yang mencari panduan tentang cara berbicara yang efektif dan menarik perhatian pendengar, kamu harus membaca buku Bicara Itu Ada Seninya. Berbagai metode komunikasi dan storytelling akan dikupas dalam buku ini!

Rentang Harga: Rp15.000–Rp98.000

Cek Buku Bicara Itu Ada Seninya Selengkapnya

Baca Juga: Rekomendasi Buku Self Healing Terpopuler 2023

Itu dia beberapa rekomendasi buku self-development terbaik dan best seller yang bisa Toppers baca untuk mengisi waktu. Buku self-development di atas dikemas dengan gaya bahasa yang menarik dengan ide-ide yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan dalam diri. Yuk sempatkan waktu untuk membaca buku self-development!

Kamu juga bisa menemukan buku self-development terbaik dan best-seller lainnya di Tokopedia, lho. Yuk langsung cek sekarang juga!

Penulis: Muftia Parasati

© 2009-2024, PT Tokopedia