12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

2455
jenis / macam sambal khas indonesia

Macam-macam Sambal Khas Indonesia – Sambal adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang disukai banyak orang. Banyak yang mengatakan, makan tidak lengkap jika tidak di temani dengan sambal. Karena kepopulerannya, banyak sekali jenis sambal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai jenis bahan dan bumbu tambahan sehingga menghasilkan cita rasa sambal yang berbeda.

Diantara banyaknya macam-macam sambal tersebut, beberapa diantaranya ada yang sangat populer di masyarakat. Apa sajakah jenis sambal tersebut? Yuk simak macam-macam sambal terpopuler di Indonesia berikut ini!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Jenis / Macam-macam Sambal Khas Indonesia


1. Sambal Bawang


macam-macam sambal khas indonesia - Sambal Bawang

Sambal bawang adalah salah satu jenis sambal yang menggunakan bahan campuran berupa bawang dan cabai merah. Bawang yang digunakan bisa berupa bawang merah dan bawang putih atau campuran keduanya. Perpaduan cabai dan bawang ini memiliki cita rasa lezat yang nikmat dan cocok untuk setiap hidangan, terutama ayam goreng atau bakar, dan daging lainnya.

Rentang Harga: Rp 1.500 – Rp 32.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Bawang


2. Sambal Teri


macam-macam sambal khas indonesia - Sambal Teri

Jenis Sambal yang satu ini memiliki citarasa pedas dan gurih yang berasal dari salah satu bahan campuran sambal ini, yaitu ikan teri. Ikan teri yang digunakan pada jenis sambal ini biasanya adalah teri medan yang terkenal memiliki rasa renyah dan lezat. Ditambah dengan cabai segar yang pedas pasti membuatmu ketagihan!

Rentang Harga: Rp 10.000 – Rp 85.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Teri


3. Sambal Ikan Roa


macam-macam sambal khas indonesia - Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa adalah jenis sambal yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal Ikan Roa, terbuat dari campuran cabai segar dan ikan Roa asap. Ikan Roa adalah ikan khas Manado yang banyak ditemukan di Sulawesi Utara dan sekitarnya. Karena ikan Roa hanya terdapat di wilayah tersebut, membuat Sambal Ikan Roa ini menjadi sangat spesial.

Rentang Harga: Rp 18.500 – Rp 165.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Ikan Roa


4. Sambal Bajak


macam-macam sambal khas indonesia - Sambal Bajak

Jenis sambal khas Indonesia ini berasal dari wilayah Jawa Tengah. Nama sambal bajak diambil dari sejarah pembuatan sambal ini. Sambal ini sering dibawa ibu-ibu petani yang membawakan masakan untuk para petani yang sedang membajak sawah. Karena itulah sambal ini dinamakan sambal bajak. Umumnya, sambal ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas.

Rentang Harga: Rp 15.000 – Rp 65.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Bajak

cabe terpedas di dunia
Jangan ngaku penyuka pedas kalau kamu belum coba Sambal Bu Rudy ini. Tinggal tambahkan Sambal Bu Rudy ini ke dalam makananmu!

5. Sambal Matah


macam macam sambal khas indonesia

Jenis sambal yang satu ini merupakan sambal yang sedang populer. Sambal Matah adalah jenis sambal yang berasal dari Bali. Berbeda dengan sambal lainnya yang di masak terlebih dahulu, Sambal Matah ini disajikan mengiris bahan-bahan segar seperti cabai, bawang merah, serai dan daun jeruk lalu ditambahkan minyak kelapa serta jeruk nipis.

Rentang Harga: Rp 18.000 – Rp 55.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Matah


 6. Sambal Ijo


macam-macam sambal khas indonesia - Sambal Hijau

Sambal Ijo adalah jenis sambal yang biasanya kita temui ketika mengunjungi restoran-restoran Padang. Jika sambal lain menggunakan cabai merah sebagai bahan utamanya, Sambal Ijo ini menggunakan cabai hijau sebagai bahan utama. Rasanya yang khas dan berbeda dari sambal jenis lainnya membuat Sambal Ijo disukai banyak pecinta kuliner.

Rentang Harga: Rp 12.000 – Rp Rp. 30.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Ijo


 7. Sambal Terasi


jenis sambal khas indonesia - Sambal Terasi

Sambal Terasi adalah jenis sambal yang memiliki rasa unik dan khas. Rasa unik tersebut didapatkan dari bahan tambahannya yaitu terasi. Terasi sendiri dalah sebuah bumbu masak yang terbuat dari ikan yang di fermentasi hingga  berbetuk adonan atau pasta dengan aroma yang menyengat. Aroma dan rasa yang khas menjadi keunggulan sambal Terasi ini.

Rentang Harga: Rp 11.500 – Rp 40.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Terasi


8. Sambal Lampung


jenis sambal khas indonesia

Sesuai dengan namanya, Sambal ini berasal dari Provinsi Lampung, Sumatera Selatan. Sambal yang sering dijadikan oleh-oleh khas Lampung ini umumnya memiliki rasa yang sangat pedas. Dibuat dengan bahan-bahan sederhana, membuat sambal ini memiliki rasa yang ringan dan pedas yang dominan. Sambal ini cocok untuk dinikmati dengan lauk-pauk lainnya.

Rentang Harga: Rp 25.000 – Rp 50.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Lampung

Sambal Ikan Roa

9. Sambal Mangga


jenis sambal khas indonesia

Jenis sambal yang satu ini unik dan beda dari yang lain, Toppers! Sambal Mangga menggunakan bahan dasar cabai segar dengan tambahan irisan buah mangga muda segar. Karena dicampur dengan buah mangga, sambal ini memiliki rasa pedas, manis dan asam sekaligus. Pastinya membuat kamu pesaran bukan?

Rentang Harga: Rp 22.000 – Rp 50.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Mangga


10. Sambal Pecel


jenis sambal khas indonesia - Sambal Pecel

Jika kamu pernah mencicipi kuliner Pecel, pasti kamu tahu mengenai Sambal Pecel yang menjadi bahan pelengkap dari kuliner tersebut. Sambal Pecel dibuat dari campuran kacang tanah, cabai dan bumbu lainnya. Kamu bisa menikmati sambal pecel ini kapan saja, karena kini tersedia Sambal Pecel dengan kemasan praktis. Kamu hanya perlu menambahkan air dan menambahkan aneka sayuran untuk menikmati kuliner pecel buatanmu sendiri di rumah!

Rentang Harga: Rp 3.500 – Rp 71.500
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Pecel


11. Sambal Cumi


jenis sambal khas indonesia - Sambal Cumi

Bosan dengan sambal yang itu-itu saja? Nah, Sambal Cumi ini bisa kamu jadikan pilihan. Jika biasanya sambal menggunakan bahan campuran berupa ikan, jenis sambal ini menggunakan cumi sebagai bahan campurannya. Selain memiliki rasa pedas yang nikmat, Sambal  ini mengandung protein dan vitamin tinggi  yang berasal dari Cumi.

Rentang Harga: Rp 19.000 – Rp 77.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Cumi


12. Sambal Balado


jenis sambal khas indonesia

Jenis sambal yang satu ini adalah sambal khas Minangkabau. Sebenarnya Balado adalah sebuah teknik memasak khas Minangkabau dengan mencampurkan cabai giling, aneka rempah-rempah yang dimasak bersama dengan masakan seperti dendeng, ikan teri, terong dan lain-lain. Karena kelezatannya, kini tersedia Sambal Balado yang bisa kamu campurkan dengan aneka lauk kesukaan.

Rentang Harga: Rp 15.000 – Rp 70.000
Cek Lebih Lengkap Produk Sambal Balado


Itu dia macam-macam sambal khas Indonesia yang paling populer, sudah kah kamu mencoba semuanya? Jika belum kamu bisa menemukan berbagai pilihan sambal terlengkap dan dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

JUAL SAMBAL PECEL

Bagikan Artikel