• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Obat Sakit Gigi Anak di Apotek: Aman untuk si Kecil

03 June 2024

Share

6 Obat Sakit Gigi Anak di Apotek: Aman untuk si Kecil

Jangan sampai salah pilih, berikut ini rekomendasi obat sakit gigi anak yang aman dan bagus. Bantu redakan sakit gigi pada anak!


Ditinjau oleh: Apt. Beatric Siana Dian

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Penyebabnya juga bisa diakibatkan oleh bakteri yang menumpuk jika kebersihan gigi kurang terjaga.

Bila sakit gigi menyerang pada anak-anak, aktivitas seharian bisa jadi tertunda dan produktivitas berkurang.

Kamu harus segera mengobatinya agar anak tidak lagi merasa kesakitan akibat nyeri yang berkepanjangan.Bila hanya dibiarkan, nyeri bisa jauh lebih parah dan butuh penanganan yang lebih lama.

Para ibu tidak perlu khawatir bila saat ini anak tengah sakit gigi, selain perlu berkonsultasi langsung dengan dokter, ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi bila sedang sakit gigi. Ini dia daftar 6 obat sakit gigi anak di apotik.

Baca juga: Obat Asma untuk Anak di Apotik, Redakan Gejala dengan Cepat!

Obat Sakit Gigi untuk Anak

Sakit gigi pada anak dapat diatasi dengan mudah dan cepat, berikut merupakan beberapa obat sakit gigi di apotek yang dapat digunakan pada anak.

1. Naprex Sirup

naprex sirup

Naprex sirup memiliki kandungan Paracetamol didalamnya, bila buah hati mengalami sakit gigi, ibu bisa segera memberikan naprex sirup untuk meredakan nyeri.

Naprex sirup dapat digunakan pada berbagai usia, termasuk pada anak-anak berusia 2-12 tahun. pemberian dosis obat pada anak harus mengikuti aturan dari dokter atau mengikuti aturan pakai pada kemasan.

Rentang Harga: Rp48.000 – Rp50.000

2. Panadol Children Sirup

panadol children sirup

Rekomendasi obat sakit gigi anak di apotek lainnya adalah Panadol Children Sirup. Panadol sirup memiliki kandungan Paracetamol didalamnya dan bisa digunakan pada anak dengan usia 1-6 tahun. pemberian dosis juga diatur sesuai dengan aturan dokter.

Pemberian obat Panadol Children Sirup untuk anak-anak ini harus lebih diperhatikan, karena dosisnya tentu berbeda dengan orang dewasa.

Rentang Harga: Rp45.000 – Rp120.000

3. Sanmol Sirup

sanmol sirup

Sanmol Sirup adalah obat yang mengandung bahan aktif Paracetamol. Obat ini digunakan untuk meredakan rasa sakit, seperti sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam. Obat ini bekerja dengan cara menurunkan suhu tubuh pada hipotalamus dan menghambat sintesis prostaglandin, sehingga dapat mengurangi nyeri ringan hingga sedang (analgesik). Pastikan penggunaan obat ini sesuai dengan petunjuk penggunaan obat yang dapat dilihat pada label kemasan atau berdasarkan petunjuk dokter.

Rentang Harga: Rp20.000 - Rp30.000

4. Tempra Sirup

tempra sirup

Tempra Sirup adalah obat yang digunakan untuk menurunkan demam, serta meredakan nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala dan sakit gigi. Obat ini mengandung bahan aktif Paracetamol yang bekerja dengan menurunkan suhu tubuh pada pusat pengatur suhu tubuh (hipotalamus) dan menghambat sintesis prostaglandin, sehingga mengurangi nyeri pada sakit gigi dan sakit kepala.

Obat ini dapat digunakan oleh anak usia 2-8 tahun dengan dosis yang berbeda. Pastikan kamu mengikuti aturan pakai ya!

Rentang Harga: Rp54.900

5. Hufagrip TMP Sirup

hufagrip tmp sirup

Obat sakit gigi anak lainnya yang bisa jadi pilihan Toppers adalah Hufagrip TMP Sirup. Obat ini mengandung bahan aktif Ibuprofen yang dapat meredakan demam, sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri ringan lainnya.

Hufagrip TMP Sirup ini dikontraindikasikan penggunaannya pada orang dengan riwayat tukak lambung, duodenum, dan hipersensitivitas terhadap ibuprofen.

Rentang Harga: Rp10.000 - Rp20.000

6. Proris Sirup

proris sirup

Sakit gigi yang menyerang pada anak bisa diakibatkan oleh pembengkakan gusi. Kadang nafsu makan anak pun menjadi turun karena nyeri pada gigi tersebut.

Proris dapat membantu meredakan permasalahan sakit gigi anak, karena berfungsi sebagai obat anti inflamasi karena bersifat meredakan nyeri.

Pemberian proris untuk dosis anak perlu disesuaikan dengan ketentuan dokter, bila terjadi kontra indikasi, segera hentikan pemakaian segera.

Rentang Harga: Rp26.500 – Rp35.000

Baca juga: Obat Penghilang Bekas Luka di Apotik, Paling Ampuh!

Itu dia beberapa obat sakit gigi untuk anak, Toppers. pastikan selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi, agar terhindar dari sakit gigi.

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai multivitamin dan obat-obatan lainnya lebih lengkap, aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Lakukan konsultasi dokter GRATIS dan tebus obatmu di Tokopedia Farma sekarang!

Penulis: Nada, Claudia Jeheskiel

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!
Kids and Parenting
Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!
© 2009-2024, PT Tokopedia