Mengenal 10 Jenis Pempek Asli Palembang Terpopuler

476
Resep Cara membuat pempek palembang

Jenis-jenis Pempek Palembang – Petualangan kuliner di Palembang identik dengan makan khas “Pempek“. Dan, hampir semua orang pasti hanya familiar dengan jenis pempek Kapal Selam atau Lenjer. Padahal, ada banyak sekali jenis pempek lainnya yang nggak kalah enak.

Supaya jalan-jalan ke Palembang makin maksimal, inilah jenis-jenis pempek selain pempek Kapal Selam yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Palembang!

Baca juga: 12 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Favorit!

Jenis-Jenis Pempek khas Palembang

1. Pempek Keriting

Jenis Pempek Palembang Keriting
Sumber gambar: Wikimedia

Dari segi bentuk, pempek Keriting memiliki bentuk yang unik. Seperti bentuk otak. Tekstur pempek Keriting juga lebih lembut dan biasa disajikan dalam keadaan direbus saja. Namun, beberapa orang suka menyajikan pempek Keriting yang digoreng. Jika digoreng, jenis pempek satu ini menjadi garing. Apapun penyajiannya, semuanya tetap enak.

2. Pempek Panggang

Jenis pempek panggang palembang
Sumber gambar: Tokopedia

Nggak hanya direbus ataupun digoreng, jenis pempek ada juga yang dipanggang. Pempek Panggang memiliki bagian tekstur luar yang sedikit lebih alot namun bagian tengah yang sangat lunak. Pempek panggan disajikan dengan cara dibelah dan diberikan ebi (udang kering), kecap manis, dan juga cabe ijo.

3. Pempek Lenggang

Jenis Pempek Lenggang Tokopedia
Sumber gambar: Tokopedia

Jenis pempek lenggang juga dibuat dengan proses dipanggang diatas mangkuk yang dibuat dari daun pisang. Pempek lenggang merupakan potongan pempek yang dipanggang bersama telur. Namun, kini orang banyak juga yang membuat pempek lenggang dengan cara digoreng seperti membuat telur dadar. Tentunya pempek satu ini memiliki rasa yang sangat gurih.

4. Pempek Kulit Krispi

Jenis Pempek Kulit
Sumber gambar: Tokopedia

Untuk yang menyukai tekstur renyah, maka jenis pempek satu ini pilihan yang tepat. Pempek kulit ‘krispi’ dibuat dari daging ikan bagian kulit yang dibuat pipih dan digoreng hingga garing.

5. Pempek Sosis

Jenis Pempek Palembang, Pempek Sosis
Sumber gambar: Tokopedia

Jenis pempek satu ini merupakan kreasi modern dari pempek lenjer. Yang membedakannya adalah ditambahkannya sosis pada bagian tengah. Rasanya? Boleh dicoba.

6. Pempek Bulat atau Pempek Adaan

Jenis Pempek Palembang Adaan
Sumber gambar: Tokopedia

Jenis pempek satu ini sering juga disebut pempek adaan. Merupakan pempek yang diadon bersama potongan bawang dan santan. Pempek ini tidak melalui proses perebusan dan langsung digoreng. Pempek bulat memiliki aroma yang lebih sedap dan rasa yang lebih gurih.

7. Pempek Belah

Jenis Pempek PalembangPempek belah merupakan pempek lenjer ukuran kecil dan dibelah. Seperti jenis pempek panggang, pempek ini dinikmati dengan ebi, kecap, dan juga cabe ijo untuk yang suka pedas.

Tiket Pesawat Tokopedia

8. Pempek Dos

Jenis pempek satu ini memiliki bahan yang berbeda. Tanpa ikan sama sekali. Bahan utama pempek dos adalah tepung kanji. Beberapa orang sering menganggapnya sebagai pempek vegetarian. Pada dasarnya setiap jenis pempek bisa dibuat menjadi pempek dos. Pempek dos memiliki tekstur lebih garing, namun lebih kenyal dan lembut.

9. Pempek Kapal Selam

Jenis Pempek Kapal Selam Palembang
Sumber gambar: Tokopedia

Membicarakan macam-macam jenis pempek Palembang, tak lengkap jika tak memasukkan jenis pempek kapal selam yang sangat populer ini. Berisi telur, jenis pempek satu ini ada yang disajikan dalam ukuran besar, ada pula yang disajikan dalam ukuran yang lebih kecil.

10. Pempek Lenjer

Sumber gambarL Tokopedia
Sumber gambar: Tokopedia

Selain pempek kapal selam, jenis pempek Palembang lainnya yang cukup populer dan jadi pilihan pempek favorit adalah pempek lenjer. Tipe pempek Lenjer juga ada yang disajikan dalam ukuran besar ada pula yang kecil. Untuk jenis pempek lenjer yang berukuran besar, umumnya pempek ini disajikan dengan dipotong-potong menjadi ukuran lebih kecil.

Baca juga: 9 Restaurant Pempek Terlezat di Palembang yang Wajib Kamu Singgahi

Ternyata banyak jenis pempek yang belum pernah Toppers coba, bukan? Petualangan kuliner Toppers di Palembang memang baru bisa lengkap kalau kamu sudah mencoba semua macam-macam pempek Palembang ini.

Sedang tak punya waktu untuk berlibur ke Palembang? Tenang saja, berbagai jenis pempek Palembang ini juga bisa Toppers dapatkan dengan mudah di Tokopedia, lho!

pempek palembang