12 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Favorit!

2177

Wisata Kota Palembang

Makanan Khas Palembang

Tempat Makan Pempek di Palembang

Oleh-Oleh Khas Palembang

Wisata Kuliner Palembang

Tempat Nongkrong di Palembang


Oleh-oleh Khas Palembang – Palembang merupakan salah satu kota yang menyimpan kekayaan kuliner dan budaya yang menarik. Hal ini bisa Toppers lihat dari populernya berbagai macam oleh-oleh khas Palembang.

Intip berbagai pilihan oleh-oleh khas kota Palembang paling favorit berikut:

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Palembang Terbaik

Pempek

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Tribunnews

Siapa yang nggak kenal oleh-oleh khas Palembang satu ini? Hadir dengan berbagai varian mulai dari pempek kapal selam, pempek panggang, pempek lenjer, dan lainnya, makanan berbahan dasar ikan dengan cita rasa gurih ini merupakan oleh-oleh kota Palembang paling favorit.

Selain pempek, beragam kuliner turunan dari pempek seperti model, tekwan, cilimpungan, juga bisa jadi alternatif buah tangan dari Ibu Kota Sumatera Selatan ini.

Kerupuk Kemplang

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Wikimedia

Oleh-oleh khas Palembang selanjutnya adalah kerupuk kemplang. Camilan renyah ini merupakan pilihan oleh-oleh praktis yang juga memiliki banyak jenis variannya. Mulai dari kemplang bakar, kemplang pecah seribu, kemplang udang, dan lainnya.

Songket

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Wikimedia

Songket adalah kain tradisional asal Sumatera Selatan. Kecantikkan dari tenun kain songket kerap menjadikannya alternatif pilihan buah tangan dari kota Palembang.

Tempoyak

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Wikimedia

Tempoyak adalah olahan daging buah durian yang difermentasi dan dibuat menjadi sambal. Dengan cita rasa yang khas Tempoyak merupakan pilihan oleh-oleh khas kota Palembang yang cukup menarik.

Umumnya tempoyak disantap bersama Pindang Patin, makanan khas dari kota Palembang dan juga nasi hangat.

Kaos Kata Palembang

Kota Palembang juga terkenal akan bahasa dan dialek lokal-nya yang menarik. Nggak salah jika berbagai kata-kata yang berasal dari bahasa lokal ini menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa Toppers beli melalui kaos-kaos dengan kata-kata berbahasa Palembang.

Untuk mendapatkan kaos kata ini sebagai oleh-oleh, Toppers bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko di mall, pusat perbelanjaan, atau secara online di Tokopedia.

Lempok Durian

Oleh-oleh Khas Palembang
Sumber gambar: Wikimedia

Buah tangan khas kota Palembang selanjutnya adalah Lempok Durian. Memiliki cita rasa manis, Lempok adalah olahan dari daging buah durian yang dikaramelisasi dan membentuk camilan manis yang menyerupai dodol.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Martabak HAR

Oleh-oleh khas Palembang
Sumber gambar: Wikimedia

Berkunjung ke Palembang, tak lengkap rasanya tanpa mencoba salah satu makanan yang terkenal yaitu Martabak HAR. Tak sempat? Tenang, martabak HAR juga cukup populer untuk dijadikan oleh-oleh khas Palembang dan dibawa pulang.

Dengan rasa martabak dan telur bebek yang gurih serta disirami kuah kari India yang kaya akan rempah, dijamin oleh-oleh dari Palembang satu ini akan memanjakan lidahmu.

Berbagi Kue Khas Palembang (Matsuba, Kue Delapan Jam, Kue Engkak Ketan, dan lainnya)

Oleh-oleh khas Palembang
Sumber gambar: Okezone

Palembang memiliki banyak sekali kue tradisional yang patut dicoba. Umumnya, kue khas Palembang bercitarasa manis dengan tekstur yang lembut. Beberapa jenis kue khas Palembang yang bisa Toppers jadikan oleh-oleh saat singgah kesini adalah Kue Matsuba, Kue Delapan Jam, Kue Bolu Suri, Kue Engkak Ketan, Kue Kojo, dan berbagai macam kue tradisional lainnya.

Bawang Goreng Pedas

Bawang Goreng Pedas

Salah satu oleh-oleh khas kota Palembang yang tengah populer dan menjadi pilihan favorit adalah bawang goreng pedas. Dengan aroma bawang goreng, oleh-oleh khas Palembang ini cocok untuk penggemar kuliner pedas karena cita rasa-nya yang berbeda dari bawang goreng pada umumnya, pedas.

Replika Jembatan Ampera

Oleh-oleh khas Palembang
Sumber gambar: Tokopedia

Jembatan Ampera adalah ikon dari kota Palembang, sehingga tak sulit untuk menemukan pusat oleh-oleh yang menjual replika atau miniatur dari jembatan kebanggaan masyarakat Palembang ini.

Ikan Salai

Oleh-oleh khas Palembang
Sumber gambar: Tokopedia

Ikan salai adalah ikan yang diasapkan. Selain digoreng, ikan Salai kerap digunakan untuk membuat pindang. Karena telah diasapkan, ikan salai yang umumnya dibuat dari ikan patin, ikan gabus, dan ikan lais ini memiliki daya tahan tinggi alias awet, sehingga cocok untuk jadikan oleh-oleh dari kota Palembang.

Sambelingkung

Oleh-oleh khas kota Palembang
Sumber gambar: Tokopedia

Sekilas sambelingkung terlihat seperti abon pada umumnya. Namun, berbeda dengan abon, sambelingkung terbuat dari daging ikan. Memiliki cita rasa gurih dan cocok untuk melengkapi lauk makan siang ataupun makan malam, sambelingkung adalah alternatif pilihan oleh-oleh dari kota Palembang yang cukup terkenal.

Baca juga: 9 Restaurant Pempek Terlezat di Palembang yang Wajib Kamu Singgahi

Sudah memutuskan mau membawa oleh-oleh apa saat singgah ke Palembang? Tak ada waktu untuk berbelanja oleh-oleh atau hanya sekedar ingin mencicipinya? Tenang, karena berbagai macam oleh-oleh khas Palembang ini bisa ditemukan secara online di Tokopedia, lho! Selamat berburu oleh-oleh!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel