• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Petualangan di 7 Tujuan Wisata Asmat Terbaik

Share

Petualangan di 7 Tujuan Wisata Asmat Terbaik

Destinasi Wisata Asmat – Berlokasi di Selatan pulau Papua, Kabupaten Asmat merupakan surga dataran rendah yang menyimpan pesona wisata memukau.

Objek wisata di Asmat sendiri sangat beragam mulai dari keindahan alam hingga kekayaan budaya suku Asmat yang memang sudah tersohor. Dengan makin meningkatnya konsentrasi pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata di Asmat, tak heran makin banyak turis baik dari dalam maupun luar negeri yang ke Asmat guna mengeksplorasi kekayaan alam dan budayanya.

Tertarik menjelajahi keindahan alam dan wisata di Kabupaten Asmat? Cek rekomendasi objek wisata Asmat terbaik yang layak Toppers kunjungi berikut:

Baca juga: 16 Makanan Khas Papua Barat Pemanja Lidah yang Harus Kamu Coba!

Objek Wisata Asmat Terbaik

1. Taman Nasional Lorenz

Destinasi Wisata Asmat - Cagar Alam Lorenz
Sumber gambar: Travel Today

Indonesia sangat kaya akan keragaman hayati. Jika Toppers ingin bertualang menikmati keindahan alam, Taman nasional Lorensz merupakan destinasi wisata Asmat yang bisa Toppers

Objek wisata Asmat satu ini menjadisalah satu taman nasional terluas yang ada di asia tenggara dan memiliki ekosistem dengan keanekaragaman hayati paling lengkap yang ada di Asia Pasifik.

Tak heran jika panorama yang disajikan Taman nasional Lorensz mampu membius pengunjung dan tentunya memberikan pengalaman berkesan yang tak mudah dilupakan.

2. Rawa Baki

Destinasi Wisata Asmat -  Rawa Baki
Sumber gambar: Tribunnews

Jika Toppers suka tantangan, selain Taman nasional Lorensz, objek wisata di Asmat selanjutnya yang bisa Toppers jelajahi adalah Rawa Baki. Berada dikawasan hutan lindung, kawasan ini juga tak kalah kaya akan keanekaragaman hayati dan beberapa diantaranya merupakan species langka.

Objek wisata di Asmat satu ini juga memiliki topografi indah yang cukup menantang sehingga mampu menghidupkan jiwa petualang yang ada di dalam dirimu.

3. Pesta Budaya Asmat di Distrik Agats

Destinasi Wisata Asmat - Pesta Budaya Asmat
Sumber gambar: Okezone

Salah satu hal yang terkenal dari Asmat selain kekayaan alamnya adalah kekayaan Budaya yang dimilikinya. Jika Toppers ingin mengenal lebih dekat kebudayaan Asmat, Festival Budaya Asmat yang diselenggarakan tahunan bisa jadi destinasi wisata Asmat yang pas untuk dikunjungi.

Berbagai produk kesenian khas Asmat mulai dari ukiran hingga anyaman dan juga berbagai pertunjukan budaya hingga tari-tarian budaya Asmat dari berbagai distrik yang ada akan dipertunjukkan pada saat Festival yang kerap diselenggarakan menjelang akhir tahun ini.

Baca juga: Mengenal 20 Alat Musik Tradisional Asli Indonesia yang Mendunia

4. Museum Budaya Asmat

Destinasi Wisata Asmat - Museum Budaya Asmat
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Jika Toppers mengunjungi Asmat pada saat Festival Budaya Asmat berlangsung, Museum Budaya Asmat bisa jadi alternatif tujuan wisata Asmat yang tepat untuk mempelajari keunikan budaya yang dimiliki suku Asmat.

Museum Budaya Asmat berada di Kota Agats menyimpan berbagai karya seni asli suku Asmat. Tak kurang dari 1.200 karya kebudayaan suku Asmat bisa Toppers temukan di museum ini.

5. Pantai Bokap di Distrik Agats

Destinasi Wisata Asmat
Sumber gambar: Wisata Papua

Keindahan alam selanjutnya di Asmat yang layak Toppers kunjungi adalah Pantai Bokap yang masih berada di distrik Agats. Tak hanya panorama lautan luas yang eksotis, Toppers juga masih bisa melihat aktivitas-aktivitas nelayan tradisional yang berada disekitar pantai ini.

6. Pantai Pek di Distrik Agats

Tak cuma pantai Bokap, di distrik Agats terdapat juga objek wisata Asmat berupa pantai yang tak kalah indah yaitu Pantai Pek. Sama seperti pantai Bokap, pantai Pek masih memiliki keindahan yang belum terjamah tangan-tangan nakal manusia.

Selain Pantai Pek, pantai indah lainnya yang bisa Toppers jelajahi saat berkunjung ke Asmat adalah Pantai Bayun.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

7. Kebudayaan Suku Asmat

Destinasi Wisata Asmat
Sumber gambar: Okezone

Kekayaan alam Asmat memang sangat memikat untuk dijelajahi. Namun, daya tarik wisata Asmat yang paling terkenal tetaplah kekentalan kebudayaan suku Asmat yang masih terjaga.

Suku Asmat sendiri terdiri dari 12 Rumpun yang tersebar 19 Distrik. Berbagai produk kesenian dan ritual merupakan produk budaya yang lahir di suku Asmat. Suku Asmat sendiri dicap sebagai sebagai Situs Warisan Budaya (Site of the World Cutural Heritage).

Baca juga: Yuk Lebih Mengenal Kerajinan Tangan Ukir Indonesia Dengan Melihat Motifnya!

Selain berbagai tujuan wisata Asmat di atas, masih ada pula beberapa pulau di sekitar Asmat seperti Pulau Sengsara/Fumaripits di Distrik Akat, Pulau lak, hingga Pulau Tiga yang bisa Toppers kunjungi saat liburan ke Asmat.

Yuk, buka Aplikasi Tokopedia untuk mulai persiapan traveling kamu ke Asmat dengan mudah. Mulai dari beli tiket pesawat ke Asmat, perlengkapan traveling, hingga penuhi kebutuhan lainnya bisa Toppers lakukan dengan mudah di Tokopedia.

Sudah siap bertualang di sisi Timur Nusantara?

Banner Tiket Pesawat | https://tokopedia.link/qThKk8LrMR
© 2009-2024, PT Tokopedia