Jalan-Jalan ke Brunei Darussalam, 9 Destinasi ini Wajib Kamu Kunjungi!

167
Destinasi Wisata di Brunei
Sumber gambar: Flickr

Tempat Wisata di Brunei Darussalam – Brunei Darussalam merupakan salah satu dari negara terkaya di Asia karena keberadaan ladang minyak dan gas bumi yang dimilikinya. Namun, tak hanya itu saja daya tarik dari negara yang berada di pesisir utara Pulau Kalimantan ini.

Kebudayaan dari Kesultanan Brunei dan sejarah panjang yang dimiliki negara yang kental akan pengaruh ajaran Islam ini cukup menarik untuk dijelajahi. Tak heran tak sedikit wisatawan yang menjadikan berbagai objek wisata di Brunei Darussalam untuk mendalami lebih dalam berbagai hal menarik dari Kesultanan Brunei Darussalam.

Untuk Toppers yang tengah merencanakan perjalanan liburanmu selanjutnya, berikut referensi berbagai tujuan wisata di Brunei Darussalam untuk inspirasi traveling kamu selanjutnya!

Baca juga: Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi Tujuan Wisata di Brunei Darussalam

1. Istana Nurul Iman

Destinasi tempat wisata di Brunei Darussalam terbaik
Sumber gambar: Wikipedia

Berada di Bukit yang berada di tepian Sungai Brunei, Istana Nurul Iman yang memiliki makna Istana Cahaya Iman ini merupakan kediaman resmi dari Sultan Brunei.

Selesai dibangun pada 1984, istana yang tekenal akan kubah emas yang dimilikinya ini disebut-sebut sebagai salah satu kompleks istana terluas dan termegah di dunia, lho.

Setiap perayaan Idul Fitri, gerbang Istana akan dibuka selama tiga haru sehingga pengunjung bisa langsung melihat kemegahan dari istana Kesultanan Brunei Darussalam ini!

2. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Destinasi Wisata di Brunei
Sumber gambar: Flickr

Tak jauh dari komplek Istana Nurul Iman terdapat objek wisata Brunei Darussalam lainnya yang tak kalah menarik yaitu Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Kemegahan dari masjid ini membuatnya sering dianggap sebagai landmark dari Brunei Darussalam.

Masjid megah yang selesai dibangun pada 1958 ini terkenal akan panoramanya kala senja dan malam dimana indahnya lampu dan kubah emas dari bangunan masjid ini terpantul dengan cantiknya di atas permukaan air sungai Brunei.

tas charger hp

3. Safari Sungai Brunei

Brunei Darussalam juga memiliki objek wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berbeda dengan safari pada umumnya, wisata Safari Sungai Brunei ini memungkinkanmu menjelajahi ekosistem sungai menggunakan perahu.

Sepanjang perjalanan Safari, ekosistem bakau dan tepian sungai serta berbagai fauna yang hidup didalamnya bisa Toppers jumpai. Yang lebih menarik lagi dari objek wisata Brunei Darusallam satu ini adalah Toppers bisa melakukannya di malam hari sehingga memberikan suasana lebih menantang.

Baca juga: Liburan ke Bangkok? 12 Makanan Khas Bangkok Ini Wajib Kamu Coba!

4. Kampong Ayer

Destinasi tempat wisata di Brunei Darussalam terbaik
Sumber gambar: ASEAN Tourism

Destinasi wisata di Brunei Darussalam satu ini akan memberikanmu pengalaman berbeda saat liburan ke Brunei Darussalam. Kampong Ayer yang merupakan warisan budaya dan sejarah di daratan Brunei adalah desai air tersebar di Dunia sehingga sering juga dijuluki sebagai “Venesia dari Timur”.

Desa prasejarah ini dihuni oleh sekitar 40.000 warga dan memiliki berbagai fasilitas lengkap layaknya sebuah kota seperti sekolah, layanan kesehatan, hingga akses WiFi, layaknya sebuah kota modern hanya saya dibangun di atas permukaan air.

5. Taman Nasional Ulu Temburong

Destinasi tempat wisata di Brunei Darussalam terbaik
Sumber gambar: Times of India

Merupakan taman nasional pertama di Brunei, Ulu Temburong adalah destinasi wisata alam di Brunei yang wajib Toppers kunjungi. Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata Brunei Darussalam ini adlaah Canopy Walkway yang memungkinkan Toppers untuk menikmati keasrian dari hutan tropis dari ketinggian 60 meter di atas gunung

stop kontak traveling

6. Sumbiling Eco Village

Alternatif wisata alam di Brunei lainnya selain Ulu Temburong adalah Sumbiling Eco Village. Objek wisata Brunei Darussalam yang berupa ekosistem hutan hujan tropis ini merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna yang eksotis.

Toppers juga bisa menyusui tepian Sungai Temburong menggunakan perahu untuk mendapatkan pengalaman berbeda menyusuri keindahan hutan hujan tropis ini.

Baca juga: Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Kamu Kunjungi

7. Wisata Belanja di Gadong Night Market

Destinasi tempat wisata di Brunei Darussalam terbaik
Sumber gambar: The Confessions of Travel Addict

Untuk Toppers yang gemar berbelanja dan kulineran, Pasar Gadong atau Gadong Night Market adalah destinasi wisata Brunei yang tepat untukmu. Beroperasi mulai sore hari tepatnya pukul 16.00 hingga tengah malam.

Berbagai jajanan dan makanan khas lokal bisa Toppers temukan Pasar Gadong. Toppers juga bisa menemukan berbagai oleh-oleh dan pernak-pernik khas Brunei di tempat ini.

8. Masjid Hasanal Bolkiah

Destinasi tempat wisata di Brunei Darussalam terbaik
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata religi di Brunei Darussalam selain Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien adalah Masjid Hasanal Bolkiah yang terkenal juga akan kemegahan arsitekturnya. Dinamakan sesuai dengan nama Sultan Brunei Darussalam ke-29 yang terkenal di dalam sejarah Islam.

9. Museum Brunei

Destinasi tempat wisata di Brunei Darussalam terbaik
Sumber gambar: Wikipedia

Jika Toppers ingin mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Brunei Darussalam, Museum Brunei yang berada di Kota Batu bisa jadi destinasi wisata yang tepat untukmu.

Objek wisata Brunei Darussalam ini menyimpan berbagai artefak dari sejarah panjang Kesultanan Brunei. Koleksi alat-alat kesenian dan peninggalan kesultanan Brunei bisa Toppers temukan disini.

Baca juga: 12 Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun Terbaik

Menarik bukan berbagai hal yang bisa Toppers lakukan saat berlibur ke Brunei Darussalam. Destinasi wisata di Brunei Darussalam mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Agar traveling ke Brunei Darussalam lebih maksimal, lengkapi dulu berbagai perlengkapan traveling Toppers dengan aplikasi Tokopedia. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pemesanan tiket pesawat dengan aplikasi Tokopedia!

Sudah siap jelajahi keunikan pariwisata di Brunei Darussalam?A

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel