7 Oleh-Oleh Khas Blitar Unik yang Pas untuk Buah Tangan

0
1523
Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: Tokopedia

Oleh-Oleh Khas Blitar – Berkunjung ke Blitar tak lengkap tanpa membawa pulang buah tangan khas dari Blitar. Salah satu kota di Jawa Timur ini sendiri ternyata memiliki beberapa oleh-oleh khas yang menarik untuk dijadikan buah tangan dan cinderamata untuk kerabat di rumah, lho.

Bingung memilih oleh-oleh dari Blitar seperti apa yang bisa Toppers bawa pulang? Intip rekomendasi oleh-oleh khas Blitar paling favorit berikut:

Oleh-Oleh Khas Blitar

1. Wajik Kelik

Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: IDNTimes

Oleh-oleh khas Blitar yang populer pertama adalah Wajik Kelik, kue tradisional yang telah ada sejak dahulu dan masih bisa ditemukan hingga saat ini. Berbagan dasar beras ketan, gula aren, dan santan kelapa, Wajik Kelik memiliki cita rasa khas yang membuatnya kerap dijadikan buah tangan khas Blitar.

2. Peyek Uceng

Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: Blikosda

Uceng mungkin bukanlah bahan makanan yang umum. Namun, di Blitar Uceng adalah bahan makanan yang sangat umum. Uceng adalah ikan air tawar yang umumnya ditemukan di sungai-sungai di Blitar dan sekitarnya. Umumnya Uceng diolah menjadi berbagai macam jenis lauk dan olahan makanan.

Salah satu olahan dari Uceng yang cukup populer adalah Peyek Uceng. Camilan bertekstur renyah dan memiliki rasa gurih ini adalah salah satu pilihan oleh-oleh khas Blitar yang sangat unik.

3. Geti

Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: Tokopedia

Pilihan oleh-oleh khas Blitar favorit selanjutnya adalah camilan olahan kacang yang dikenal dengan nama Geti. Geti sendiri dibuat dari beragam bahan kacang-kacangan yang kemudian dicamur dengan gula merah yang lengket. Rasanya yang renyah, manis, dan juga gurih menjadikan camilan ini cukup diincar oleh para pemburu oleh-oleh khas Blitar.

Baca juga: Menyusuri 9 Pemandangan Jalur Kereta Api Terindah di Nusantara

4. Sagon

Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: Tokopedia

Sagon merupakan salah satu kue khas Blitar yang kerap jadi pilihan favorit sebagai oleh-oleh dari Blitar. Terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut, Sagon memiliki tekstur renyah pada bagian luar dan rasa manis yang lezat. Untuk menemukan Sagon, Toppers bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko atau pusat oleh-oleh khas Blitar.

5. Opak Gambir

Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: Tokopedia

Selain Sagon, masih ada Opak Gambir, kue kering khas Blitar yang memiliki cita rasa manis yang bisa Toppers jadikan oleh-oleh dari kota Blitar. Camilan lezat yang memiliki tekstur renyah ini sangat pas menemani segelas kopi di saat santai sore hari.

6. Beras Cerdas

Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: Tempo

Alternatif oleh-oleh khas Blitar selanjutnya adalah Beras Cerdas. Meskipun bernama beras, namun panganan olahan khas Blitar ini sebenarnya tidak terbuat dari beras, melainkan sejenis tepung singkong yang diolah menjadi berbentuk seperti butiran beras. Awalnya pengembangan Beras Cerdas ditujukan sebagai pengganti beras konvensional bagi penderita Diabetes. Namun, karena kandungan gizi yang baik, tak sedikit orang yang kemudian menjadikan Beras Cerdas sebagai bahan pengganti beras konvensional.

7. Ken Tea

Oleh-oleh khas Blitar
Sumber gambar: Tokopedia

Berkunjung ke Blitar, Toppers bisa menemukan teh hitam khas Blitar yang dikenal dengan nama Ken Tea. Daun teh ini dipetik dari perkebunan teh yang berada di lereng Gunung Kawi. Seduhan teh khas Blitar ini tentu sangat cocok untuk jadi alternatif oleh-oleh asal Blitar yang bisa Toppers bawa pulang.

Baca juga: 12 Makanan Khas Surabaya, Jawa Timur dan Sekitarnya

Sudah temukan oleh-oleh khas Blitar mana yang akan Toppers bawa pulang untuk kerabat dan orang terdekat? Tak perlu ribet urusan mencari oleh-oleh Blitar lagi karena berbagai buah tangan khas berbagai daerah bisa Toppers dapatkan secara online di Tokopedia. Tak cuma itu, Toppers juga bisa lakukan pemesanan tiket kereta untuk datang ke Blitar, lho! Yuk, mulai perburuan oleh-oleh khas Blitar!