Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
12 Oleh-Oleh Khas Kupang Populer bagi Wisatawan
19 September 2018
Share icon
Share
Oleh-oleh khas Kupang
Sumber gambar: Tokopedia

Oleh-Oleh Khas Kupang – Nusa Tenggara Timur menawarkan berbagai kekayaan alam yang sangat pas untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain pemandangan alam dan kulinernya yang mengundang decak kagum, Kupang juga memiliki beragam kerajinan warga yang sangat unik dan khas.

Berjalan-jalan ke Kota Kupang akan semakin lengkap dengan membeli beberapa buah tangan untuk dibagikan kepada teman atau sanak saudara. Toppers pasti ingin tahu kan, apa saja oleh-oleh khas Kupang yang sedang populer saat ini? Yuk, simak ulasannya dari Tokopedia berikut ini!

Pilihan Oleh-Oleh Khas Kupang Favorit

Daging Se’i

Oleh-Oleh Khas Kupang
Sumber gambar: Wikimedia

Daging Se’i adalah kuliner wajib Nusa Tenggara Timur yang tidak boleh dilewatkan. Penganan ini adalah oleh-oleh yang harus dibawa ketika berkunjung ke Kota Kupang. Cara memasak Daging Se’i adalah mengasapinya dengan kayu bakar dari jarak jauh. Sehingga, penganan ini tidak dimatangkan dengan api melainkan dengan asap panas.

Belakangan, ada juga yang menawarkan Daging Se’i dengan bahan dasar ikan. Rasa Daging Se’i yang manis dan asin dihasilkan dari campuran bumbu rempah dan garam yang dicampur ketika proses pengasapan.

Oleh-oleh asal Kupang ini sangat pas dimakan bersama nasi dan sayuran seperti tumis bunga pepaya. Jika tidak ditaruh di dalam freezer, Daging Se’i biasanya dijual dalam kemasan kedap udara karena hanya tahan beberapa hari.

Jagung Titi

Oleh-Oleh Khas Kupang
Sumber gambar: Tribunnews

Salah satu camilan khas NTT yang cukup diminati. Seperti namanya, penganan ini berbahan dasar jagung lokal NTT yang ditumbuk hingga menjadi pipih (Titi). Sekilas, penampakan Jagung Titi tampak seperti emping melinjo yang berasal dari Banten. Rasa camilan ini gurih walaupun tanpa tambahan bumbu seperti bahan penyedap lain atau garam. Teksturnya yang renyah membuat Jagung Titi cocok untuk dijadikan teman minum kopi, sebagai penganan ketika berjalan jauh atau sebagai pelengkap lauk dan sayur.

Kopi Flores

Oleh-Oleh Khas Kupang
Sumber gambar: Tokopedia

Bagi Toppers pecinta kopi, oleh-oleh yang satu ini bisa menjadi pilihan. Kopi Flores memiliki aroma yang semerbak dari bunga, karamel hingga kacang-kacangan. Cita rasa kopi ini cenderung manis, dengan perpaduan cokelat hazelnut serta karamel yang menjadi satu. Sensasi khas tembakau dari Kopi Flores terjadi karena adanya iklim tropis Indonesia dan subtropis Australia yang berpengaruh terhadap kondisi lingkungan serta tanah. Perbedaan ini kemudian akan menghasilkan pertumbuhan kopi yang sedikit berbeda dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya.

Kain Tenun

Oleh-Oleh Khas Kupang
Sumber gambar: Tribunnews

Selain kuliner yang menggugah selera, Kupang juga memiliki ragam kerajinan tenun yang patut diapresiasi. Salah satunya adalah kain tenun yang dibuat oleh penduduk asli Kupang. Kain tenun berkualitas tinggi karena telah melewati proses tenun secara manual untuk menghasilkan motif-motif khas Indonesia yang sangat indah dan eksotis.

Tas Tenun

Oleh-oleh khas Kupang
Sumber gambar: Tokopedia

Selain kain tenun, Kupang juga memiliki kerajinan tas tenun yang tidak kalah berkualitas. Kerajinan tas tenun ini memiliki ragam bentuk dan warna yang dapat kamu pilih sesuai selera. Pembuatannya yang juga dilakukan secara manual telah menjamin mutu dan kualitas tas tenun ini untuk jangka waktu yang lumayan lama. Walaupun demikian, harga tas tenun ini lumayan terjangkau dan tidak terlalu mahal. Oleh karena itu, tas tenun ini bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk keluarga ataupun saudara kamu, Toppers.

Seafood

Letak daerah Kupang yang dekat dengan laut membuatnya sangat mudah untuk menemukan beragam makanan olahan laut dengan lengkap. Banyak sekali tempat yang menjajakan pilihan seafood ini untuk dibawa sebagai oleh-oleh karena sudah dilengkapi oleh kemasan yang tahan lama sehingga bisa dibawa untuk bepergian. Kamu bisa menemukan mulai dari ikan, kepiting, udang dan masih banyak jenis seafood lain di seluruh penjuru kota Kupang.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Paru Sapi Kering

Cemilan yang satu ini sudah cukup digemari oleh masyarakat Kupang. Diolah dari daging sapi berkualitas, paru sapi yang dikeringkan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Toppers bisa menemukannya di berbagai wilayah di kota Kupang dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 30.000 untuk setiap bungkusnya.

Keripik Paru Sapi Kering sangat cocok untuk dimakan bersama keluarga di kala senggang. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dari paru sapi juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dendeng Sapi

Oleh-Oleh Khas Kupang
Sumber gambar: Selerasa

Sebagai wilayah yang mata pencaharian utamanya berasal dari peternakan dan perikanan, Kupang memiliki berbagai variasi pilihan makanan olahan sapi yang amat beragam. Seperti Dendeng Sapi yang sudah dikenal di seluruh Indonesia.

Dendeng khas Kupang iin bisa dijadikan oleh-oleh pilihan karena selain rasanya yang lezat, kualitasnya pun juga tahan lama. Dendeng ini dijual dengan harga sekitar Rp 180.000 per kilonya.

Sambal Lu’at

Oleh-Oleh Khas Kupang
Sumber gambar: Merah Putih

Toppers menggemari makanan pedas? Nah, oleh-oleh selanjutnya bisa kamu masukkan ke dalam daftar, nih. Sambal Lu’at adalah sambal yang diracik dengan tambahan daun kemangi dan jeruk nipis sehingga memiliki cita rasa yang sangat khas.

Bahan-bahan tadi membuat sambal ini memiliki rasa yang sedikit pahit dan asam dengan aroma yang cukup kuat. Biasanya, Sambal Lu’at dihidangkan sebagai pelengkap daging sapi se’i atau jagung bote.

Manisan Buah

Seperti kebanyakan manisan buah lainnya, manisan buah khas Kupang ini juga terlalu jauh berbeda. Rasanya yang manis dihasilkan dari proses perendaman bersama larutan gula selama beberapa waktu.

Manisan buah ini bisa menjadi camilan pilihan ketika sedang berada di perjalanan atau untuk merangsang nafsu makan. Manisan buah khas Kupang tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari manisan buah mangga, nangka hingga buah lontar.

Abon Sapi

Oleh-Oleh Khas Kupang
Sumber gambar: Wikipedia

Selain dendeng dan paru, makanan olahan dari daging sapi berikutnya juga tidak boleh dilewatkan. Abon Sapi Kupang memiliki rasa yang tidak kalah dari wilayah lain di Indonesia.

Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, abon sapi ini bisa kamu tambahkan ke dalam berbagai jenis makanan seperti nasi panas, bubur, nasi goreng hingga nasi kuning.

Sate Kupang

Satu lagi olahan sapi dari Kota Kupang yang wajib untuk dicoba. Sate Kupang ini adalah sate olahan sapi dengan rasa yang amat lezat. Daging sate yang gemuk berpadu dengan bumbu kecap yang pedas manis akan menggoyang lidah kamu ketika mencicipinya. Sate ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga di sore hari sembari memandangi keindahan alam di Kupang.

Baca juga: 6 Tips Liburan Murah agar Tetap Irit Pengeluaran

Nah, itulah 12 oleh-oleh khas Kupang populer yang wajib untuk kamu bawa pulang, Toppers. Untuk melengkapi liburan kamu ke Kupang, jangan lupa untuk membeli perlengkapan travelling dengan harga terjangkau hanya di Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia