20 Destinasi Wisata Blitar Hits dan Kekinian

0
135
Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Wikipedia

Tempat Wisata di Blitar – Merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Blitar yang berlokasi di kaki gunung Kelud dijuluki sebagai Kota Proklamator, Kota Patria hingga Kota PETA. Hal ini tak terlepas dari sejarah panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia yang erat kaitannya dengan Blitar.

Selain kisah-kisah perjuangan tersebut, Blitar juga dikenal akan keindahan dan potensi pariwisata yang terdapat di kota yang berjarak 167 Km dari kota Surabaya dan 80 Km dari kota Malang.

Tertarik jelajahi keindahan dan potensi wisata di Blitar? Berikut rekomendasi destinasi tempat wisata di Blitar terbaru dan paling populer:

Baca juga: 7 Oleh-Oleh Khas Blitar Unik yang Pas untuk Buah Tangan

Rekomendasi Tempat Wisata di Blitar Terbaik

1. Air Terjun Jurug Bening

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Wisata Jawa Timur

Untuk bisa mencapai destinasi tempat wisata di Blitar satu ini, Toppers perlu melewati medan yang cukup panjang dan sulit. Mulai dari area persawahan hingga melalui jalan setapak yang terjal dan licin menuruni bukit haru Toppers lewati untuk bisa mencapai kawasan Air Terjun Jurug Bening.

Meskipun cukup menantang, pemandangan yang ditawarkan oleh obyek wisata di Blitar ini tentu akan membuat semua rasa lelah tersebut terbayar. Mengalir jatuh melewati tebing baru yang eksotis, Toppers bisa menikmati suasana asri yang menyegarkan di tempat wisata alam di Blitar satu ini.

Lokasi: Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Wates, Blitar, Jawa Timur

2. Air Terjun Tirto Galuh

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Amazing Indonesia

Destinasi wisata air terjun lainnya di Blitar adalah Air Terjun Tirto Galih. Keunikan dari obyek wisata Blitar satu ini adalah titik aliran air yang banyak dan kemudian mengalir menjadi satu aliran air terjun yang sangat indah.

Selain menawarkan panorama alam yang sangat memukau, di kawasan wisata ini juga terdapat wahana rekreasi lainnya seperti Flying Fox yang bisa Toppers coba.

Lokasi: Desa Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur

3. Air Terjun Njumeg

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: TIMES Indonesia

Dengan ketinggian mencapai 20 meter, Air Terjun Njumeg adalah obyek wisata di Blitar lainnya yang bisa Toppers singgahi untuk menyegarkan pikiran. Selain bisa menikmati hijaunya alam yang mengelilingi tempat wisata di Blitar ini, Toppers juga bisa bermain air di perairan dangkal dan tenang di sekitar air terjun ini.

Lokasi: Desa Ringinrejo, kecamatan Wates, kabupaten Blitar.

4. Goa Luweng

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Faktual News

Keindahan alam di Blitar juga bisa Topper temui di Goa Luweng yang terkenal akan pancuran air yang jatuh di bebatuan eksotis di dalam goa. Ditambah cahaya matahari yang menyelinap memasuki gua, menambah keindahan dari obyek wisata di Blitar satu ini.

Lokasi: Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Bakung, Blitar, Jawa Timur

5. Goa Embultuk

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Tribunnews

Selain Goa Luweng, ada pula Goa Embultuk, tempat wisata di Blitar yang terkenal akan keesktosiannya. Berada 40 KM dari pusat Kota Blitar, obyek wisata Goa ini memiliki kedalaman hingga 1500 meter serta ketinggian goa yang bervariasi dengan rata-rata ketinggian sekitar 3 meter.

Dihiasi oleh komposisi stalaktit dan stalakmit alami, panorama yang ditawarkan oleh Goa Embultuk sangatlah indah.

Lokasi: Desa Tumpakkepuh, Kec Bakung, Blitar, Jawa Timur

6. Pantai Umbul Waru

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Pantainesia

Tak hanya goa dan air terjun, Blitar juga memiliki pantai-pantai yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Pantai Umbul Waru. Obyek wisata di Blitar ini masih cukup sepi dari pengunjung karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Selain bisa bersantai di pantai menikmati panorama laut yang menenangkan, daya tarik dari tempat wisata di Blitar ini adlaah keberadaan air terjun yang mengalir langsung ke lautan lepas.

Lokasi: Desa Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur

7. Pantai Peh Pulo

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Pemerintah Kabupaten Blitar

Pantai selanjutnya yang bisa Toppers kunjungi kala berlibur ke Blitar adalah Pantai Peh Pulo. Dari pantai ini, Toppers bisa memandang gugusan pulau-pulau karang kecil yang tersebar di sekitaran pantai membuat panorama di tempat wisata Blitar satu ini seperti versi mini dari Raja Ampat yang terkenal itu.

Lokasi: Desa Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur

8. Pantai Pangi

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Wikipedia

Destinasi wisata pantai alami yang menawarkan pemandangan tak kalah indah adalah Pantai Pangi. Akses menuju pantai ini tergolong minim dan sulit, sehingga menjadikan obyek wisata di Blitar ini masih cukup sepi dari wisatawan.

Namun, suasana sepi yang berpadu dengan deburan ombak serta pemandangan asri yang mengelilingi pantai justru membuat Pantai Pangi semakin menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Desa Tunpak kepuh, Kec Bakun, Blitar, Jawa Timur

9. Pantai Pasetran Gondo Mayit

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: MerahPutih

Pantai Pasetran Gondo Mayit merupakan alternatif tujuan wisata di Blitar selanjutnya yang tak kalah menarik. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan dan tebing nan asri sehingga membuat suasana pantai sangat alami dan menyejukkan. Menghabiskan waktu sekedar bermain air atau bersantai di obyek wisata Blitar satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran dari penatnya hiruk-pikuk di kota.

Lokasi: Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur

10. Pantai Jolosutro

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Pantainesia

Berada di perbatasan antara Blitar dan Malang, Pantai Jolosutro adalah obyek wisata pantai lainnya yang bisa Toppers temukan di Blitar. Ombak di pantai Blitar satu ini tergolong cukup besar khas ombak-ombak di pantai selatan Jawa, jadi Toppers disarankan untuk lebih berhati-hati.

Lokasi: Desa Ringinrejo, Kec. Wates, Blitar, Jawa Timur.

Baca juga: 10 Destinasi Surfing Terbaik di Indonesia

11. Bukit Bunda

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Bukit Bunda

Bukit Bunda merupakan tujuan wisata kekinian di Blitar yang tengah populer karena menawarkan panorama indah yang sangat instagramable. Pegunungan Kapur yang dibingkai hijaunya alam menjadi pemandangan kontras nan unik yang bisa Toppers temukan di obyek wisata Blitar satu ini.

Lokasi: Dawuhan, Kademangan, Blitar, Jawa Timur

12. Gumuk Sapu Angin

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Tribunnews

Berbicara soal tempat wisata di Blitar yang instagramable, Gumuk Sapu Angin juga merupakan destinasi instagramable di Blitar yang sayang untuk dilewatkan. Berada di atas perbukitan, tempat wisata ini menawarkan asrinya pemandangan alam berbingkai dekorasi instagramable. Untuk Toppers yang hendak mencari tempat wisata kekinian di Blitar, Gumuk Sapu Angin jelas masuk ke dalam salah satu daftar wajibnya.

Lokasi: Dusun Purworejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Purworejo, Resapombo, Doko, Blitar, Jawa Timur

13. Bukit Bonsai

Serupa dengan Gumuk Sapu Angin, Bukit Bonsai adalah obyek wisata di Blitar yang terkenal akan panorama alam indah yang instagramable. Alternatif wisata kekinian di Blitar satu ini berada diatas perbukitan yang dihiasi oleh indahnya alam asri serta beragam instalasi yang sangat unik sebagai spot selfie yang instagramable.

Lokasi: Bukit bonsai, Sumberjati, Kec. Kademangan, Blitar, Jawa Timur

14. Kampung Cokelat

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Tribunnews

Jika Toppers berkunjung ke Blitar bersama keluarga dan hendak mencari wisata alam sekaligus wisata edukasi di Blitar yang cocok untuk keluarga, Kampung Cokelat bisa jadi pilihan yang pas untukmu.

Kawasan Agrowisata ini merupakan perkebunan cokelat dimana Toppers bisa melihat lebih dekat proses pembibitan, penanaman, hingga proses akhir dari buah kakao kemudian diolah menjadi cokelat yang lezat.

Tak hanya itu, obyek wisata di Blitar ini juga dilengkapi berbagai sarana rekreasi yang bakalan buat liburan bersama keluarga semakin seru.

Lokasi: Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Jl. Banteng – Blorok No. 18, Kademangan, Blitar, Jawa Timur

15. Penangkaran Rusa Maliran

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Jelajah Blitar

Altenatif wisata edukasi yang menarik untuk keluarga yang bisa Toppers temukan di Blitar adalah Penangkaran Rusa Maliran. Kawasan wisata alam ini sendiri merupakan rumah bagi 200 ekor rusa yang hidup bebas di hutan homogen ini.

Di tempat wisata Blitar ini, Toppers bisa bersantai di pondok-pondok yang disediakan sembari menikmati makanan dari warung-warung makan yang ada di sekitarnya.

Lokasi: Jatianom, Jatilengger, Ponggok, Blitar, Jawa Timur

16. Telaga Rambut Monte

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: iNews

Satu lagi tempat wisata di Blitar yang sayang untuk dilewatkan, yakni Telaga Rambut Monte yang terkenal akan permukaan airnya yang jernih dan berwarna tosca. Selain pemandangan indah nan eksotis, tempat wisata di Blitar satu ini juga terkenal akan keberadaan Ikan Sengkaring yang terkenal sangat langka dan juga dikeramatkan oleh warga setempat. Konon, ikan yang dijuluki juga sebagai Ikan Dewa ini jumlahnya bisa berkurang dan bertambah dengan sendirinya.

Lokasi: Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

17. Makam Ir. Soekarno

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Informasi Situs Budaya Indonesia

Kota Blitar dikenal sebagai Kota Proklamator karena disinilah Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno dilahirkan. Di kota ini pulalah Ir. Soekarno dimakamkan dan kini makam sang proklamator menjadi salah satu tujuan ziarah berbagai kalangan.

Makan yang dipayungi bangunan berbentuk Joglo ini juga memiliki sebuah perpustakaan yang menyimpan koleksi tulisan-tulisan Bung Karno serta berbagai buku mengenai sosok proklamator ini.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur

18. Gunung Butak Blitar

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: detikTravel

Berlokasi tak jauh dari Gunung Kawi, Gunung Butak adalah sebuah Gunung Stratavolcano yang mernjadi salah satu tujuan pendakian yang menarik untuk dikunjungi. Untuk Toppers dengan jiwa petualang, Gunung Butak bisa jadi salah satu destinasi wisata di Blitar yang menarik untuk dijelajahi.

Lokasi: Desa Ngadireho, Kecamatan, Wlingi, Blitar, Jawa Timur

19. Candi Simping

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Informasi Siturs Budaya Indonesia

Keindahan alam yang sangat memukau bukanlah satu-satunya pesona wisata yang ada di Blitar. Wisata sejarah juga bisa ditemukan di Blitar, salah satunya dengan mengunjungi Candi Sumberjati yang dikenal juga dengan nama Candi Simping.

Candi ini sendiri merupakan makan dari Raden Wijaya, Raja pertama dari kerajaan Majapahit dan keberadaannya tertulis di Kitab Negarakertagama pupuh XLVII.

Lokasi: Jl. Candi Simping, Candi Simping, Sumberjati, Kec. Kademangan, Blitar, Jawa Timur

20. Candi Penataran

Destinasi tempat wisata di Blitar
Sumber gambar: Harian Nasional

Destinasi wisata Candi di Blitar selanjutnya adalah Candi Penataran yang berlokasi di Kaki Gunung Kelud sehingga tak cuma memiliki udara sejuk yang menyegarkan, obyek wisata ini juga dikelilingi panorama alam yang indah.

Candi Penataran sendiri merupakan komplek candi terbesar yang ada di Jawa Timur dan telah berdiri sejak zaman Kerajaan Singasari dan Majapahit. Konon, Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Patih Gadjah Mada untuk menyatukan Nusantara yang tersohor itu dikumandangkan di tempat ini.

Lokasi: Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur

Baca juga: 24 Candi Hindu-Buddha di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Dengan banyaknya pilihan destinasi tempat wisata di Blitar, tentu liburanmu ke Kota Proklamator ini takkan mengecewakan. Untuk buat petualangan menjelajahi berbagai obyek wisata di Blitar lebih maksimal, rencanakan perjalanan dengan aplikasi Tokopedia. Kini, pesan tiket kereta, tiket pesawat, booking hotel hingga beli berbagai perlengkapan traveling lainnya jadi jauh lebih praktis cukup dengan satu aplikasi Tokopedia saja!

Bagikan Artikel