18 Destinasi Wisata Magelang untuk Alternatif Liburan

0
89
Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Borobudur News

Tempat Wisata di Magelang – Sebagai salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah, Magelang menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup favorit. Hal ini tak terlepas dari keberadaan Candi Borobudur yang telah memiliki popularitas yang mendunia. Namun, untuk Toppers yang tengah singgah ke Magelang, ternyata masih ada banyak tempat wisata di Magelang yang bisa jadi alternatif pilihan liburanmu, lho.

Mulai dari keindahan panorama alam hingga jejak-jejak sejarah berikut pilihan beragam obyek wisata di Magelang:

Baca juga: 14 Tujuan Wisata Candi Terbaik di Yogyakarta

Rekomendasi Tempat Wisata di Magelang

1. Bukit Grenden

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Tribunnews

Salah satu tujuan wisata populer di Magelang adalah pendakian gunung Merbabu. Namun, untuk Toppers yang masih pemula dalam hal pendakian Bukit Grenden bisa jadi alternatif wisata lainnya yang tak kalah menarik. Obyek wisata Magelang satu ini adalah jalur pendakian terdekat dengan berbagai fasilitias wisata dan panorama alam indah.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan puncak dari Gunung Merbabu, berbagai spot foto instagramable juga sangat mudah ditemukan di kawasan wisata alam di Magelang ini seperti berbagai dekorasi rumah kurcaci di hutan pinus, menara pandang, dan berbagai properti lainnya.

2. Gunung Andong

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Kompas

Alternatif tujuan wisata Magelang lainnya untuk pendaki pemula lainnya adalah Gunung Andong. Memiliki ketinggial 1.726 mdpl ini memang termasuk kecil jika dibandingkan dengan berbagai gunung lainnya yang ada di kawasan ini. Namun, bukan berarti jalur pendakiannya kalah seru dan pemandangannya kalah indah.

Cukup membutuhkan waktu pendakian sekitar 2 jam saja, Toppers sudah bisa menikmati keindahan hutan pinus dan suasana alam liar yang menyejukkan. Selama perjalanan juga Toppers akan melewati hutan bambu yang pemandangannya tak kalah eksotis.

3. Bukit Rhema

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: National Geographic Indonesia

Bukit Rhema adalah tempat wisata di Magelang yang sangat populer, terutama setelah perilisan film “Ada Apa Dengan Cinta 2” karena disinilah terdapat bangunan gereja berbentuk ayam yang sangat terkenal di film tersebut.

Karena kepopuleran serta keunikan dari arsitektur bangunan tua inilah akhirnya Bukit Rhema menjelma menjadi salah satu destinasi wisata di Magelang yang banyak diburu oleh wisatawan.

4. Goa Slandak

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Picgram

Untuk Toppers yang memiliki jiwa petualang, Goa Slandak adalah tujuan wisata di Magelang selanjutnya yang bisa dikunjungi. Jalur menuju tempat wisata ini sendiri juga menawarkan panorama alam asri nan unik dengan beragam karya seni dari alam yang dibuat untuk memperindah kawasan wisata di Magelang ini.

Sesampainya di Goa Slandak, Toppers juga bisa merasakan atmosfer menyegarkan dari air terjun yang alirannya jatuh tepat di bibir goa. Tak jauh dari sana, Toppers bisa menghampiri Kedung Sembrani, sebuah kolam alami dengan air terjun kecil yang atmosfernya sangat menenangkan.

5. Curug Silawe

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Visit Magelang

Jika air terjun di Goa Slandak masih tak cukup untukmu, masih ada destinasi wisata air terjun lainnya di Curug Silawe. Dengan ketinggian mencapai 50 meter, pemandangan indah dan gemuruh air yang jatuh mampu memberikan suasana yang sangat menyegarkan.

Tak jauh dari Curug Silawe, Toppers juga bisa singgah ke Curuk Sigong, tujuan wisata air terjun lainnya di Magelang yang tak kalah indah.

6. Candi Mendut

candi mendut

Bicara tentang wisata Candi di Magelang, tak hanya Candi Borobudur, ada berbagai destinasi wisata Candi lainnya yang juga layak untuk dikunjungi, lho. Salah satunya adalah Candi Mendut.

Berusia lebih tua dari Candi Borobudur, Candi Mendut adalah candi bercorak Buddha dan Toppers bisa menemukan tiga arca Buddha berukuran besar, yaitu Dhyani Buddha Wairocana dengan sikap tangan (mudra) dharmacakramudr, dan diapit oleh arca Awalokiteśwara (Padmapāņi) pada sisi kiri dan arca Wajrapāņi pada sisi kanan saat menjelajagi obyek wisata di Magelang satu ini.

7 Candi Selogriyo

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Borobudur News

Setelah Candi Mendut, masih ada Candi Selogriyo yang bisa Toppers kunjungi. Meski tak sepopuler dan semegah candi-candi lainnya yang ada di Magelang, pemandangan di Candi yang memiliki pelataran sangat luas ini tak kalah indah.

Untuk mencapai tempat wisata di Magelang satu ini, Toppers harus melakukan trekking setidaknya sejauh 2 km. Namun, pemandangan persawahan yang asri serta perbukitan yang hijau tentu akan membuat perjalanan ini takkan terasa begitu berat.

8. Pemandian Air Panas Candi Umbul

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Tribunnews

Untuk mengistirahatkan diri setelah lelah menjelajahi berbagai destinasi wisata di Magelang, berendam di Pemandian Air Panas Candi Umbul bisa jadi tempat yang tepat untuk mengistirahatkan diri.

Tempat pemandian ini dipercaya sebagai tempat pemandian air hangat tertua yang ada di Indonesia. Kandungan belerang yang terdapat didalamnya juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit hingga melancarkan peredaran darah.

9. Sendang Mundal

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Sportourism

Berada di Kecamatan Sawangan, Magelang, Sendang Mundal adalah tujuan wisata di Magelang yang terkenal akan kejernihan airnya. Dengan pemandangan asri yang mengelilingi sendang ini, jelas berendam di Sendang Mundal akan memberikanmu pengalaman berbeda yang takkan bisa tergantikan.

Jika berkunjung ke obyek wisata Magelang satu ini, jangan lupa bawa kamera underwater, atau waterproof case karena salah satu aktivitas populer di tempat wisata ini adalah selfie di bawah air.

Tiket Pesawat Tokopedia

10. Gardu Pandang Silancur

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Wisata Magelang

Obyek wisata Magelang selanjutnya ini adalah destinasi yang tepat jika Toppers ingin menyaksikan keindahan alam Magelang dari atas ketinggian. Salah satu momen paling menarik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di pagi hari kala matahari terbit. Panorama cahaya matahari yang menyusup di celah embun pagi dan perlahan menghapus kabus tipis sangatlah cantik dan indah.

11. Jembatan Gantung Mangunsuko

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Merdeka

Selain di Gardu Pandang Silancur, Jembatan Gantung Mangunsuko adalah destinasi wisata di Magelang selanjutnya yang menawarkan panorama alam ekstotis dari ketinggian. Dari atas jembatan gantung yang baru diresmikan pada 2017 silam ini, Toppers bisa melihat panorama sungai dan jeram yang menawan serta asrinya pepohonan.

12. Air Terjun Grenjengan Kembar

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: iNews

Alternatif destinasi wisata di Magelang lainnya adalah Air Terjun Grenjengan Kembar. Sesuai namanya, di obyek wisata ini Toppers akan disuguhkan panorama dua air terjun yang mengalir deras. Berlokasi di Desa Munewarang, obyek wisata Magelang satu ini bisa jadi tujuan yang pas untuk menyegarkan diri.

13. Junkyard Autopark

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Travel Today

Jika Toppers ingin mencari obyek wisata di Magelang untuk berburu selfie yang instagrambale, Junkyard Autopark adalah tujuan wisata kekinian di Magelang yang bisa kamu coba sambangi.

Didekorasi dengan berbagai jenis rongsokan mobil dan motor, suasana dan atmosfer di tempat ini sangatlah unik dan menarik.

14. Phutuk Mongkrong

Sumber gambar: Visit Magelang

Untuk kamu yang gemar berburu pemandangan matahari terbenam yang indah, Phutuk Mongkrong adalah destinasi tempat wisata di Magelang yang wajib untuk dikunjungi. Berada sekitar 5 km dari Candi Borobudur, Toppers bisa menyaksikan pemandangan indah dari Gunung Merapi, Merbabu, pegunungan Menoreh, bahkan Candi Borobudur yang eksotis dari ketinggian.

15. Tok Ngudal Lanang

Destinasi tempat wisata Magelang
Sumber gambar: Visit Jawa Tengah

Berlokasi di tengah-tengah rerimbunan alam pedesaan, Tok Ngudal Lanang adalah obyek wisata Magelang yang juga terkenal karena kejernihan airnya yang berhias dengan berbatuan yang eksotis. Untuk Toppers yang belum puas ber-selfie di bawah air saat berkunjung ke Sendang Mundal, Tok Ngudal Lanang bisa jadi tujuan wisata Magelang alternatif untukmu.

16. Bukit Kertojoyo

Bukit Kertojoyo adalah destinasi tempat wisata di Magelang yang menawarkan panorama keindahan hutan Pinus. Destinasi wisata Magelang ini juga kerap jadi tujuan favorit para pecinta fotografi untuk berburu foto-foto alam yang menarik.

Kawasan wisata Bukit Kertojoyo juga telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti tempat makan, tempat ibadah, toilet, hingga gazebo-gazebo kecil untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam.

17. Candi Pawon

candi pawon

Dikenal juga dengan nama Candi Brajanalan, Candi Pawon adalah pilihan wisata candi lainnya yang bisa Toppers sambanggi ketika berada di Magelang. Memiliki tinggi sekitar 1.5 meter, Candi Pawon memiliki nama yang berasal dari kata Pawuan yang memiliki makna sebagai tempat menyimpan abu.

18. Candi Borobudur

candi borobudur

Rekomendasi tempat wisata di Magelang terakhir satu ini tentu tak boleh sampai terlewatkan olehmu. Candi Borobudur merupakan salah satu Candi terbesar yang ada di Dunia, lho. Sarat akan nilai sejarah serta keindahan arsitektur, tak heran jika Candi Borobudur menjadi ikon pariwisata dari Magelang yang popularitasnya telah mendunia!

Baca juga: Bertualang di 15 Destinasi Tempat Wisata di Purwokerto

Ada banyak sekali bukan alternatif tempat wisata di Magelang yang bisa di Jelajahi saat berada di Magelang? Sudahkah Toppers menemukan destinasi tempat wisata di Magelang yang tepat untuk melengkapi rencana liburanmu di Magelang?

Yuk, buat rencana liburan ke Magelang jadi lebih mudah dengan aplikasi Tokopedia. Mulai dari beli perlengkapan traveling, pesan tiket kereta, hingga pesan hotel dan tiket wahana rekreasi bisa Toppers lakukan dengan mudah lewat satu aplikasi Tokopedia!

Bagikan Artikel