Tutorial Makeup Basic: Tips dan Langkah-Langkah Makeup buat Pemula

8771
tutorial makeup basic

Tutorial makeup basic – Buat Toppers yang baru saja menyelami dunia makeup, kamu pasti bingung dengan banyaknya pilihan makeup yang tersedia di pasaran dan cara teknik penggunaannya. Mau tahu bagaimana cara pengaplikasian makeup basic secara mudah dan tipsnya? Dengan produk yang sangat minimal, kamu yang belum tahu apapun tentang makeup juga bisa terlihat cantik dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.


Tutorial Makeup Basic

Mulai dari Perawatan Wajah

Tutorial Makeup Basic

Sumber: warmandeus

Langkah awal dari tutorial makeup basic ini adalah perawatan kulit wajah. Kulit yang bersih dan bebas dari kotoran adalah dasar yang baik sebelum pengaplikasian makeup agar lebih mudah. Pastikan kamu sudah mencuci muka dan menggunakan perawatan kulit wajah seperti pelembab dan SPF atau tabir surya jika akan menggunakan makeup di pagi hari. Kamu tidak usah menggunakan SPF jika makeup akan dipakai ke luar saat malam hari. Karena tabir surya hanya berfungsi untuk melindungi kulitmu dari sengatan sinar UV yang berasal dari matahari.

Menggunakan pelembab sangat penting sebelum pengaplikasian makeup walaupun kamu sudah memiliki tipe kulit yang berminyak. Mengapa? Karena dasar kulit yang rata akan memudahkan makeup menempel di kulit dan pelembab adalah sebagai dasar yang baik untuk makeup yang akan diaplikasikan agar merata saat diaplikasikan. Tunggu beberapa menit sampai semua perawatan wajah menyerap di kulit, lalu kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Tips: Jangan gunakan SPF jika kamu akan difoto secara profesional. Hal ini dikarenakan cahaya flash dari kamera akan memantul. Warna wajah akan terlihat jauh lebih terang dari warna kulit tubuhmu di hasil foto sehingga warna kulit tidak merata.

Foundation, Concealer dan BedakTutorial Makeup Basic 2

Sumber: directexpose

Dimulai dari keseluruhan wajah, kamu bisa pilih foundation alias dasaran makeup sesuai kebutuhan dan jenis kulitmu. Ada banyak jenis dasaran makeup seperti foundation, BB cream dan tinted moisturizer. Kamu bisa aplikasikan dasaran makeup pilihanmu dengan kuas makeup, blending sponge ataupun dengan tanganmu. Jika kamu mau menggunakan tangan untuk pengaplikasian dasaran makeup, jangan lupa pastikan tanganmu bersih, ya!

Untuk kamu yang memiliki mata panda, jerawat, bekas jerawat atau flek yang tidak dapat tertutup oleh dasaran makeup mu, kamu bisa menggunakan concealer. Guna concealer adalah menutupi yang tidak cukup ditutupi oleh dasaran makeup. Jadi kalau kamu sudah menggunakan dasaran makeup tetapi jerawat mu masih terlihat, cukup oleskan beberapa titik concealer di area yang kamu butuhkan, lalu blend dan kamu akan terlihat mulus tanpa jerawat dan flek.

Agar makeup-mu tidak cepat luntur dan tahan lama, gunakan bedak di daerah yang cepat berminyak seperti di zona T, yang merupakan daerah dahi dan hidung sehingga menyerupai menyerupai huruf T. Daerah berminyak pada kulit setiap orang berbeda-beda. Jika kamu memiliki kulit kering, kamu bisa tidak usah menggunakan bedak sama sekali. Buat kamu yang punya kulit kombinasi atau berminyak, kamu bisa aplikasikan bedak ke seluruh wajah atau di daerah zona T saja.

Tips: Tidak mau, kan, warna wajahmu berbeda sendiri dengan warna kulit yang lain?
Pilihlah warna dasaran makeup yang sama atau mendekati warna kulit wajahmu agar terlihat natural dan seragam.

Alat pengaplikasian dasaran makeup dapat memberikan bermacam-macam efek yang berbeda. Gunakan brush untuk efek yang full makeup. Kamu bisa gunakan blending sponge atau tanganmu untuk hasil makeup yang lebih tipis dan natural.

Eyeshadow, Alis yang Natural dan Sentuhan Mascara
Tutorial Make Basic untuk Pemula

Sumber: i.ytimg

Setelah dasar makeup telah selasai, selanjutnya Toppers bisa melanjutkan kebagian makeup mata dan bisa dimulai dari alis.

Alis adalah bingkai wajah kita. Gunakan produk untuk alis mu sehingga wajah terlihat rapi dan simetris. Kamu bisa menggunakan formula yang berbeda-beda seperti pensil alis atau pomade. Untuk kamu yang sudah memiliki rambut alis yang lebat, kamu bisa hanya menggambar sedikit di bagian yang kosong menggunakan pensil alis.

Buat kamu yang memiliki sedikit rambut alis, eyebrow pomade bisa menjadi pilihanmu untuk menggambar alis. Formula pomade lebih tebal dari pensil alis sehingga dapat membuat kesan alis yang lebih tebal.

Untuk eyeshadow, buat kamu yang suka tampil natural, kamu bisa lewati langkah berikut ini. Tapi untuk kamu yang suka bermain dengan warna, kamu bisa menggunakan eyeshadow dengan teknik terang ke gelap. Dimulai dari warna yang paling terang di warna yang senada, diaplikasikan di sudut dalam mata sampai warna paling gelap di ujung kelopak mata sehingga membuat kesan gradasi adalah teknik paling mudah untuk pengaplikasian eyeshadow. Kamu juga bisa hanya menggunakan satu warna favorit mu dengan satu sapuan di kelopak mata.

Bulu mata yang hitam dan lebat dapat memberikan kesan mata yang lebih terbuka sehingga terlihat fresh. Sapukan beberapa coat mascara favoritmu dan kamu akan terlihat seperti baru bangun dari tidur yang nyenyak walaupun kamu tidak tidur semalaman.

Tips: Pilih warna pensil alis atau eyebrow pomade yang sama atau mendekati warna rambut mu agar terlihat natural dan seragam dengan warna rambut mu.
Gunakan eyelash curler alias penjepit bulu mata untuk bulu mata yang lebih lentik dan tahan lama.

Blush, Bronzer dan Highlight

Tutorial Makeup BasicSumber: ghk.h-cdn

Perona pipi atau blush dapat membuat kesan yang lebih sehat. Pilihlah warna blush yang cerah sesuai warna kulitmu. Untuk mayoritas kulit wanita Indonesia yang berwarna kuning langsat dan sawo matang, kamu dapat menggunakan warna blush coral, peach atau pink. Aplikasikan dengan brush dan blend di pipimu sampai merata.

Untuk kamu yang memiliki bentuk wajah yang bulat atau pipi tembem, kamu bisa menggunakan bronzer untuk kesan wajah yang lebih tirus. Aplikasikan bronzer di bawah tulang pipi, dahi dan sisi hidung untuk kesan hidung yang lebih kecil.

Highlight adalah tren makeup wajah terkini. Tentunya kamu tidak boleh ketinggalan dengan tren makeup yang satu ini walaupun kamu baru mengenal dunia makeup. Highlight berguna untuk memberikan efek wajah yang tiga dimensi yang dapat diaplikasikan dengan brush di tempat seperti tulang pipi dan tulang hidung agar terlihat lebih tegas dan memberikan kesan glowing di wajah.

Tips: Kamu bisa menggunakan bronzer dan highight sebagai eyeshadow juga, lho!

Lipstick
tutorial makeup basic

Lipstick adalah pelengkap dari keseluruhan tutorial makeup basic ini. Pilihan warna lipstick bisa membuat kesan yang berbeda, seperti merah dengan kesan yang berani, nude dengan kesan yang innocent, dan pink dengan kesan yang lebih playful. Dengan adanya bermacam-macam formula lipstick, kamu bisa memilih formula lipstick favoritmu dari matte, glossy dan natural satin dan jenis lipsticknya seperti liquid lipstick, lip gloss, lip tint, atau hanya sedikit sentuhan tinted lip balm untuk bibir yang terlihat lebih sehat.

Tips: Kamu bisa juga menggunakan lipstick sebagai blush. Sebelum pengaplikasian, pastikan lipstick yang kamu pakai formulanya creamy. Jangan gunakan liquid lipstick atau lip gloss untuk blush karena liquid lipstick formulanya cenderung kering dan lip gloss formulanya akan terlalu lengket untuk dijadikan blush. Gunakan blending sponge untuk blend lipstick di pipimu atau kamu juga bisa gunakan tanganmu.


Mudah, bukan, langkah-langkah untuk mendapatkan wajah full makeup lewat tutorial makeup basic untuk pemula ini? Kini Toppers tidak usah bingung lagi bagaimana cara pengaplikasian makeup setelah melihat tutorial makeup basic di atas.

Jangan lupa untuk ikuti tips di atas untuk pengaplikasian makeup yang lebih mudah dan memilih hasil dan teknik yang sesuai untukmu. Tidak lama lagi kamu bisa menjadi expert untuk menggunakan makeup secara cermat dan memiliki wajah flawless setiap saat. Selamat bermain-main dengan makeup!

Bagikan Artikel