10 Contoh Umbi Lapis Beserta Ciri, Gambar & Penjelasannya

0
617
contoh umbi lapis
Sumber gambar: Nurainins

Umbi lapis adalah tanaman yang memiliki pangkal terbentuk dari tumpukan daun yang tersusun dalam format roset. Yuk, simak contoh & gambarnya di sini.


Berbeda dengan jenis lainnya, umbi lapis tidak mengakumulasi karbohidrat dalam bentuk polisakarida melainkan pembesaran tersebut terjadi akibat penumpukan cairan sel-sel. Umbi lapis terbagi dalam dua jenis yaitu kelompok bawang-bawangan dan liliae.

Baca lebih lanjut untuk menemukan contoh tanaman umbi lapis beserta ciri-ciri, gambar dan penjelasannya.

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Contoh Umbi Lapis

Berikut ini 10 contoh tanaman yang bereproduksi dengan cara umbi lapis, penasaran apa saja yuk langsung saja cek di bawah ini.

1. Bawang Merah

umbi lapis
Sumber gambar: Today Show

Termasuk kedalam kategori tanaman umbi lapis Allium Cepa L atau biasa dikenal dengan sebutan bawang merah berkembang biak dengan cara vegetatif. Apabila bawang dibelah maka akan tampak jelas lapisan-lapisan di dalamnya.

Di Indonesia bawang merah merupakan bumbu penyedap yang hampir ada disetiap jenis masakan.

Selain sebagai bahan pelengkap, tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang populer.

BACA JUGA: 10 Contoh Hewan Ovipar Beserta Gambar, Ciri dan Penjelasannya

2. Bawang Putih

umbi lapis
Sumber gambar: Natural Ways

Bawang putih juga merupakan tanaman yang berkembang biak dengan cara umbi lapis. Termasuk genus Allium bawang putih sudah digunakan oleh manusia lebih dari 7.000 tahun lamanya sebagai bahan masak.

Pada zaman mesir kuno tanaman yang memiliki rasa getir dan bau menyengat ini dijadikan obat-obatan tradisional seperti bawang merah.

3. Bawang Bombay

umbi lapis
Sumber gambar: Harvest to Table

Berbeda dengan jenis bawang lainnya, tanam satu ini memiliki ukuran, rasa, dan ketebalan kulit yang berbeda dengan bawang merah dan putih.

Termasuk tanaman yang menyimpan cadangan makanan pada umbi, bawang bombay terbentuk dari lapisan-lapisan batang atau pelepah yang menyatu dan membesar.

Karakteristik tanaman bawang bombay lainnya memiliki bunga majemuk berbentuk lingkaran bulat dengan tangkai besar yang pada bagian ujungnya tumbuh umbi-umbi kecil (bibit).

4. Bunga Bakung

umbi lapis
Sumber gambar: Grid.id

Bunga bakung merupakan tanaman yang berasal dari genus Lilium. Saat ini ada sekitar 110 varietas bunga bakung.

Beberapa jenis bunga bakung membentuk umbi lapis dibawah tanah namun ada juga yang membentuk rhizoma atau rimpang.

Tanaman ini memiliki tangkai yang kokoh, tampilan yang cantik, serta berbau harum. Tidak heran bunga ini sering dibudidayakan untuk menjadi tanaman hias.

BACA JUGA: Macam-macam Akibat yang Ditimbulkan Rotasi Bumi dan Penjelasannya

5. Bunga Tulip

umbi lapis
Sumber gambar: Liputan6

Menjadi ikonik negara Belanda, Tulip ternyata salah satu tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan cara seksual (penyerbukan) dan aseksual (tunas).

Untuk yang sudah tahu, bunga tulip biasanya menghasilkan umbi lapis pada musim semi. Selain berumbi ciri khas lainnya, tanaman ini dapat tumbuh 10-70 cm, daunnya berlilin atau menyempit ke atas, dan memiliki ukuran bunga yang besar terdiri dari  enam helai mahkota.

6. Bunga Amarilis

umbi lapis
Sumber gambar: HGTV

Amarilis merupakan tanaman sejenis bunga bakung atau lili yang berasal dari Afrika Selatan. Bunga ini berkembang biak dengan umbi lapis dan dapat hidup sepanjang tahun.

Di antara jenis lainnya, umbi amarilis yang paling mudah ditanam kembali. Tanaman ini memiliki tiga buah daun, memiliki aroma harum, dan terdapat banyak variasi warna-warna cantik mulai dari putih, kuning, merah muda, jingga, ungu, tembaga, dan hitam.

7. Bunga Narsis

umbi lapis
Sumber gambar: Gardenista

Ada yang narsis tapi bukan yang jago selfie, bunga narsis atau narcissus termasuk tanaman hias yang umum ditemukan di pekarangan rumah karena bentuk dan warnanya yang cantik.

Bunga ini berkembang biak dengan cara umbi dan termasuk dalam keluarga amaryllidaceae. Para petani di eropa biasanya menanam umbi bunga narsis pada saat musim dingin. Narsis terbagi dalam tiga jenis Daffodil, Jonquis, dan Paperwhite.

8. Bunga Lili Hujan

umbi lapis
Sumber gambar: Pinterest

Zephyrantes atau lili hujan termasuk dalam 70 genus bawang-bawanangan. Tidak heran tanaman ini juga memiliki umbi.

Memiliki bentuk menyerupai terompet, lili hujan banyak hidup di daerah tropis dan subtropis. Karakteristik bunga lili hujan memiliki enam lembar kelopak, memiliki wangi yang harum dan manis, daun tanaman ini memiliki bentuk seperti pita yang memanjang.

BACA JUGA: Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Umbi Batang & Gambarnya

9. Bunga Lycoris

umbi lapis
Sumber gambar: Contempopary Nomand

Lebih dikenal dengan nama Red Spider Lily, tanaman satu ini cukup populer di negara Jepang. Masyarakat setempat memaknai bunga Lycoris sebagai lambang perpisahan. Di Indonesia, umbi bakung atau bonggol lycoris merupakan jenis tanaman hias yang banyak dijual untuk ditanam kembali. 

10. Bunga Lili Rawa

umbi lapis
Sumber gambar: Farm Forage

Hampir semua jenis lili merupakan jenis tanaman umbi lapis, termasuk bunga lili rawa. Tanaman ini banyak diperjual belikan bibitnya untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Karakteristik lili rawa memiliki daun berwarna hijau yang tumbuh memanjang dari bawah ke atas, batang lili rawa dapat tumbuh sekitar 60 -180 cm, dengan bentuk bunga menyerupai lonceng.

Ciri-Ciri Umbi Lapis

Umbi lapis diklasifikasikan menjadi berlapis dan bersisik. Beberapa ciri atau karakteristik lainnya yang bisa kamu temukan pada umbi lapis antara lain:

  • Apabila dibelah akan terlihat bentuk berlapis-lapis
  • Terdapat tunas pada bagian potongan tengah umbi
  • Tumbuh membengkak di bawah tanah
  • Permukaan atas berbuku-buku
  • Tunas baru muncul pada bagian ketiak umbi atau pangkal
  • Memiliki akar serabut

Perkembangbiakan Umbi Lapis

Seperti jenis tumbuhan umbi pada umumnya yang cara berkebang biak dengan cara vegetatif alami dimana daun akan tumbuh pada bagian pelepah tipis.

Kemudian muncul akar serabut pada bagian bawah bonggol atau umbi. Tunas baru akan terus tumbuh menjadi tanaman dewasa dan mengulang siklus yang sama.

Beberapa jenis tanaman umbi lapis seperti bunga tulip dapat berkembang biak dengan dua cara sekaligus yaitu penyerbukan atau melalui umbi.

BACA JUGA: 10 Lagu Daerah Kalimantan Barat Beserta Lirik dan Penjelasannya

Ingin tahu lebih banyak tentang cara reproduksi tumbuhan dan ilmu lainnya, sekarang sudah tersedia banyak paket belajar asik yang bisa kamu dapatkan secara online yang bisa kamu dapatkan di Tokopedia Belajar.

Temukan kelas online atau portal e-Learning terbaik di Tiokopedia dan asah terus pengetahuanmu.

promo voucher game
Beli voucher game permainan favoritmu dan naikkan levelmu ke tingkat yang lebih tinggi.

Penulis: Andina Apriliani