• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Windows 11: Ini 11 Fitur Unggulan dan Kelebihannya

Share

Windows 11: Ini 11 Fitur Unggulan dan Kelebihannya

Fitur-fitur dan kelebihan Windows 11 yang menarik untuk disimak. Desain lebih fresh hingga sederet kemudahan penggunaan.


Pada Oktober 2021 lalu, Microsoft merilis sistem operasi teranyarnya, yaitu Windows 11. Pembaruan ini menggantikan Windows 10 yang dirilis 6 tahun sebelumnya.

Bagi Toppers yang sudah memiliki lisensi resmi Windows 10, kamu bisa mengunduh Windows 11 secara gratis. Peluncuran OS baru ini juga terjadi secara bertahap, sehingga perangkat laptop maupun desktop yang lebih baru akan mendapatkannya terlebih dahulu.

Desain dari Windows 11 memberi tampilan yang lebih bersih dan segar, dan cara pengoperasiannya akan menjadi lebih mudah. Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Cara Mengganti Wallpaper Laptop: Windows 7 hingga Terbaru

Daftar Fitur dan Kelebihan Windows 11

Berikut adalah beberapa fitur dan kelebihan dari Windows 11 yang perlu kamu ketahui sebelum meng-install:

1. Desain yang Lebih Segar

article

Perubahan yang langsung bisa dilihat adalah desain baru dari Windows 11. Tampilannya tidak berubah banyak, namun kelihatan lebih segar dan sederhana.

Tampilan dari jendelanya juga lebih cantik dengan warna pastel dan sudut yang membulat. Bisa dikatakan bahwa kini desainnya lebih mirip dengan macOS.

2. Tombol Start Menu

article

Salah satu perubahan terbesar dari Windows 10 ke Windows 11 adalah lokasi tombol Start Menu. Tombol Start Menu yang biasanya kamu lihat di bagian kiri bawah kini pindah ke bagian tengah bawah. Jika tidak suka, kamu bisa memindahkannya kembali ke kiri.

Selain lokasinya, tombol ini juga tampak lebih kecil dan tampilannya juga berubah. Sekarang kamu tidak perlu scroll ke bawah, melainkan semua aplikasi yang kamu miliki sudah ditampilkan dalam beberapa barisan, dan kamu bisa mengatur penempatan aplikasinya.

3. Widget

article

Widgets memang sudah hadir di Windows 10 seperti berita, cuaca, dan sebagainya. Namun, mereka dijalankan secara terpisah dan tidak mempunyai antarmukanya sendiri. Di Windows 11, widgets sekarang mempunyai ikonnya sendiri di taskbar.

Jika kamu klik, sebuah panel besar akan muncul di bagian kiri yang akan menampilkan kumpulan widget pilihan. Kamu juga bisa atur ukuran masing-masing widget, menghapusnya, dan lain-lain.

4. Integrasi Aplikasi Android

article

Dengan Windows 11, kamu bisa menggunakan aplikasi Android di komputer kamu. Aplikasi Android bisa kamu akses di Microsoft Store, melalui Amazon Appstore.

Fitur ini merupakan sesuatu yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna Windows dan membawa kita selangkah lebih untuk menggabungkan perangkat mobile dengan laptop atau komputer.

5. Snap Layout

article

Bagi kamu yang suka membuka beberapa jendela sekaligus untuk multitasking, fitur Snap Layout ini akan sangat membantu produktivitas kamu.

Fitur Windows 11 ini memungkinkan kamu untuk meletakkan dua sampai empat jendela sekaligus dalam satu layar. Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu arahkan mouse ke ikon maksimalkan jendela, lalu kamu tinggal pilih opsi layout yang muncul.

Baca Juga: Tablet Windows Terbaik, Terjangkau hingga Tercanggih

6. Microsoft Teams

article

Pembuatan Windows 11 diselesaikan pada saat pandemi COVID-19 yang mengubah cara kita hidup dan bekerja yang meningkatkan penggunaan konferensi video dan obrolan online. Perihal ini juga diperkirakan akan berlanjut kedepannya dan Windows 11 mendukung ini.

Platform video chat Microsoft yang disebut Microsoft Teams kini sudah terintegrasi dengan sistem operasinya untuk membuatnya lebih mudah untuk penggunaan sehari-hari. Ikon Teams bisa kamu lihat langsung di taskbar.

7. Virtual Desktop

article

Dengan Windows 11, Toppers bisa membuat beberapa desktop untuk memisahkan fungsi dari setiap desktop tersebut.

Fitur ini mirip dengan fitur macOS, dimana kamu bisa membuat lebih dari satu desktop, untuk memisahkan penggunaan pribadi, pekerjaan, sekolah, gaming, dan sebagainya.

8. Transisi Antar Monitor

article

Bagi kamu yang sering multitasking, mungkin kamu sering menggunakan lebih dari satu monitor. Selain fitur Snap Layout, transisi antar monitor kini telah ditingkatkan dan diperbarui.

Sebagai contoh, jika kamu membuka jendela di monitor kedua, monitor tersebut akan mengingat aplikasi terakhir yang dibuka dan posisinya. Sehingga, saat menyambungkan komputer/laptop ke monitor tersebut lagi, jendela tersebut akan terbuka secara otomatis.

9. Panel Notifikasi dan Quick Settings

article

Berbeda dengan Windows 10, kini panel notifikasi dan Quick Settings dipisah. Untuk membuka notifikasi, kamu bisa mengklik tanggal dan waktu di taskbar atau tekan tombol Windows + N. Jika ada notifikasi baru, akan ada ikon biru kecil yang muncul di tanggal dan waktu.

Untuk mengakses Quick Settings, kamu bisa klik ikon jaringan, volume, dan baterai di taskbar atau tekan tombol Windows + A. Quick Settings ini berguna untuk mengganti pengaturan dengan cepat, seperti Bluetooth, kecerahan layar, dan lain-lain, tanpa harus membuka seluruh Settings.

10. Mode Tablet

article

Windows 11 kini menghadirkan fitur baru untuk pengguna tablet. Bagi yang menggunakan laptop 2-in-1, tampilan antarmuka Windows 11 akan berubah saat kamu mencopotkan layar menjadi tablet.

Ikon pada tablet akan berubah menjadi lebih besar dan berjarak untuk memudahkan penggunaan dengan tangan. Windows 11 juga menambahkan getaran haptic ke pena digital dan menghadirkan pengetikan dengan menggunakan suara dan perintah untuk seluruh sistem.

11. Peningkatan Pengalaman Gaming di Xbox

article

Xbox merupakan merk game buatan Microsoft. Oleh karena itu, Windows 11 juga akan mendapatkan fitur tertentu yang biasa ditemukan di gaming console ini.

Windows 11 menghadirkan fitur seperti Auto HDR dan DirectStorage yang meningkatkan pengalaman bermain game di komputer Windows.

Baca Juga: Cara Masuk BIOS Sesuai Merek Laptop, Praktis!

Nah, itu dia Toppers, fitur-fitur dari Windows 11 yang tentu membuatnya lebih unggul dibanding Windows 10. Jangan khawatir jika perangkatmu belum kompatibel, karena pembaruan ini terjadi secara bertahap dan akan berlangsung hingga pertengahan 2022.

Kamu bisa mendapatkan perangkat Windows lainnya dengan harga dan kualitas terbaik di Tokopedia!

Beli Windows 11 Original di Sini

Penulis: Keefe Adrian

© 2009-2024, PT Tokopedia