• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaru di Berastagi

Share

12 Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaru di Berastagi

Berastagi merupakan destinasi wisata terbaik bagi kamu yang berada di Sumatra utara. Berikut daftar tempat wisata Berastagi terpopuler, wajib dikunjungi!


Berastagi adalah salah satu kota di Sumatera Utara yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Kota cantik ini terletak di ketinggian 1.300 Mdpl yang membuatnya memiliki udara sejuk serta pemandangannya yang serba indah.

Berastagi yang secara geografis terletak di sebuah kecamatan di Kabupaten Karo ini bisa kamu kunjungi dari Kota Medan dengan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan bus Sinabung dan Sutra yang harganya relatif terjangkau.

Berastagi menyuguhkan banyak wisata keindahan alam, mulai dari danau, pemandian air panas, bukit, hingga air terjun dua warna yang sangat unik.

Untuk kamu yang memiliki rencana ke Berastagi, berikut tempat wisata populer berikut lokasi dan harga tiket masuknya.

Rekomendasi Tempat Wisata Berastagi Terbaik

Tempat wisata bernuansa alam menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan setelah hampir seminggu lelah bekerja.

Keindahan alam yang memukau tentunya sangat memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Berikut ini rekomendasi tempat wisata Berastagi yang bisa jadi pilihan.

1. Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

wisata berastagi
Sumber Gambar: Indonesia Tourism

Rekomendasi tempat wisata pertama yang wajib kamu kunjungi saat ke Berastagi adalah Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk. Pemandian air panas ini berjarak 58 km dari kota Medan, dan berada di ketinggian 2000 Mdpl. 

Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang ingin merelaksasi diri atau melepas penat setelah perjalanan panjang atau lelah bekerja dengan rendaman air hangat.

Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk memiliki sumber air panas alami dengan suhu 40-45 derajat celcius dan belerang yang berasal dari aliran lava Gunung Sibayak. Tak perlu khawatir jika lapar melanda, kamu juga bisa membeli makanan dan minuman hangat di area sekitar lokasi wisata

Baca Juga: 16 Tempat Wisata di Bali Terpopuler, Terkenal hingga ke Mancanegara!

2. Danau Lau Kawar

wisata berastagi
Sumber Gambar: Andalas Tourism

Danau Lau Kawar menyuguhkan pemandangan alam bukit hijau dan sejuk di bawah kaki Gunung Sinabung. Area ini memiliki luas 200 hektar yang bisa kamu gunakan untuk berkemah dengan teman atau keluarga di sekitar Danau Lau Kawar.

Saat berkemah, tentunya kamu akan disuguhkan udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah, Toppers.

3. Air Terjun Sikulikap

wisata berastagi
Sumber Gambar: Harga Tiket

Rekomendasi selanjutnya adalah Air Terjun Sikulikap. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter yang bersumber dari Taman hutan rakyat Bukit Barisan dan dikelilingi oleh hutan cemara yang cukup lebat. 

Suara air terjun ini tentunya akan membuatmu rileks dan tenang, ditambah dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Jika kamu tertarik ke Air Terjun Sikulikap, kamu memerlukan waktu sekitar 2-2.5 jam menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

4. Funland Mikie Holiday

wisata berastagi
Sumber Gambar: Prima Daily

Funland Mikie Holiday adalah sebuah theme park yang memiliki 40 wahana, seperti Bon Voyage, Flying Fly Upm Butterfly, atau lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu, Toppers. 

Tak hanya bermain, kamu juga akan disuguhkan pemandangan daerah dataran tinggi Berastagi yang tentunya sangat indah, sehingga kamu bisa berfoto-foto dengan latar pemandangan atau wahana yang ada di Funland Mikie Holiday. Jadi, apakah kamu siap untuk menguji keberaniamu, Toppers?

5. Taman Alam Lumbini

wisata berastagi
Sumber Gambar: Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini adalah lokasi pagoda terbesar di Indonesia yang telah mendapatkan rekor MURI dan merupakan hasil replikasi Pagoda Shwedagon di Myanmar. Pagoda ini memiliki ukuran 69 meter dengan tinggi 46.8 meter.

Tempat wisata ini merupakan tempat ibadah umat budha yang sudah dibuka untuk umum. Arsitekturnya yang menarik dan pemandangannya yang indah tentunya sayang untuk dilewatkan.

6. Bukit Kubu

wisata berastagi
Sumber Gambar: Cari Wisata

Ingin menikmati pemandangan sambil berpiknik? Kamu bisa pergi ke Bukit Kubu. Tempat wisata ini menyajikan hamparan lapangan hijau yang sangat luas ditambah dengan udara yang sejuk di dataran tinggi Berastagi.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan di Bukit Kubu, yakni naik delman, bermain permainan, berpiknik, atau makan siang bersama keluarga.

Baca Juga: 20 Pilihan Tempat Wisata di Dataran Tinggi Dieng Terbaik & Terbaru

7. Air Terjun Dua Warna

wisata berastagi
Sumber Gambar: Portal Wisata

Tempat wisata yang satu ini cukup unik, Toppers. Air Terjun Dua Warna memiliki dua warna air yakni kehijauan dan biru yang membuatnya sangat eksotis dan memesona dengan tinggi yang mencapai 75 meter. 

Sumber air terjun ini adalah sebuah sungai dari letusan Gunung Sibayak.Untuk kamu yang tertarik ke tempat ini, kamu perlu menyiapkan pakaian khusus hiking dan juga tour guide karena perlu menerobos hutan yang cukup lebat dan berlokasi di area camping Sibolangit.

8. Desa Lingga

wisata berastagi
Sumber Gambar: World Monuments Fund

Warga Negara Indonesia tidak lepas dari seni dan budayanya yang sangat beragam. Desa Lingga adalah salah satu desa tertua yang masih menjaga budaya dan tradisi suku Karo. 

Saat menyambangi Desa Lingga, kamu dapat berkunjung ke museum yang berisi peninggalan Kerajan Karo dan rumah tua yang berumur ratusan tahun.

Bagi kamu yang tertarik mempelajari budaya, kamu juga bisa belajar menggunakan pakaian adat Karo, Toppers.

9. Kebun Raya Tongkoh

wisata berastagi
Sumber Gambar: Andalas Tourism

Kebun Raya Tongkoh adalah objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam dengan hamparan perkebunan yang luas. Di sini, kamu bisa memetik buah langsung dari pohonnya, seperti buah jeruk, stroberi, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, tersedia juga tanaman hias yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Berastagi dengan harga yang terjangkau, Toppers.

10. Penatapan Berastagi

wisata berastagi
Sumber Gambar: Unrealskill TV

Untuk kamu yang ingin berwisata kuliner, kamu bisa mengunjungi Penatapan Berastagi. Kamu bisa membeli hidangan khas Berastagi ditemani pemandangan bukit hijau yang indah.

Tempatnya yang ada di dataran tinggi juga memberikan hawa sejuk dan tentunya menambah keseruanmu saat mengunjungi tempat ini bersama keluarga.

11. Museum Pusaka Karo

wisata berastagi
Sumber Gambar: Kotak Sejuta Mimpi

Jika sebelumnya adalah wisata alam, kamu juga bisa berwisata ke Museum Pusaka Karo, Toppers. Museum ini akan menambah pengetahuanmu tentang, perkakas, perhiasan, benda-benda, dan kain tradisional suku Karo.

12. Bukit Gundaling

wisata berastagi
Sumber Gambar: Fyine

Bukit Gundaling terletak 3 km dari pusat kota Berastagi dan berada di ketinggian 1.575 Mdpl sehingga memiliki suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Untuk menikmati keindahan alam ini, kamu hanya perlu membayar Rp4.000 untuk mencapai puncak bukit ini. Selain itu, kamu juga bisa berpiknik bersama keluarga untuk makan siang atau membeli souvenir unik khas Berastagi.

Baca Juga: 30 Cafe di Medan yang Unik, Makananya Enak & Harganya Terjangkau

Nah, jadi apakah kamu tertarik untuk ke Berastagi? Wisata alamnya yang memukau dan harga tiket masuknya yang terjangkau tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan.

Untuk kamu yang ingin berlibur ke Berastagi, lengkapi liburanmu dengan camilan dan minuman segar yang bisa kamu beli hanya di Tokopedia.

Penulis: Zihan Berliana

© 2009-2024, PT Tokopedia