Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

16 Tempat Wisata di Bali Terpopuler, Terkenal hingga ke Mancanegara!

08 October 2021
Share icon
Share
16 Tempat Wisata di Bali Terpopuler, Terkenal hingga ke Mancanegara!

Berencana liburan ke Bali setelah lama di rumah saja? Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Bali terpopuler yang wajib kamu kunjungi.


Siapa yang tidak familiar dengan Bali. Pulau yang mendapat penghargaan sebagai The Best Destination Of The Year dari Travel Trade Gazette Award pada tahun 2019 ini selalu menjadi destinasi liburan nomor satu bagi turis dalam dan luar negeri.

Primadona pariwisata Indonesia ini menawarkan berbagai objek wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi bersama keluarga, teman maupun orang pasangan.

Mau tahu apa saja tempat wisata paling populer yang wajib kamu kunjungi selama di Bali? Berikut ini adalah tempat wisata di Bali terbaik dan terbaru di tahun 2021.

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

1. Pura Besakih

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: Pixabay

Pura yang dibangun di kawasan gunung tertinggi di Bali, Gunung Agung, merupakan tempat peribadatan umat hindu terbesar di Bali. Besakih merupakan kompleks yang terdiri dari 86 pura tua. Rata-rata umurnya mencapai 1.000 tahun, lho, Toppers.

Tiap tahunnya, Pura Besakih selalu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan maupun oleh penganut hindu yang ingin mengikuti berbagai upacara keagamaan yang digelar di sana.

2. Pasar Seni Ubud

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: Collective Gen

Pasar Seni Tradisional Ubud alias Ubud Art Market terletak di Jalan Raya Ubud nomor 35. Pasar ini beroperasi dari pukul 04:00 pagi hingga 18:00 sore.

Di sini Toppers bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh dari pengrajin lokal Bali. Nah, jika ingin berkunjung ke sini direkomendasikan untuk datang dari subuh hingga jam 09:00 pagi. Sebab, kamu bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga relatif murah karena pada jam tersebut wisatawan asing belum seramai seperti pada sore hari.

Pasar seni tradisional Ubud juga dibagi atas dua wilayah, yaitu barat dan timur. Pada wilayah barat, kamu akan menemukan sentra kerajinan seni sedangkan di wilayah timur lebih banyak menjual barang kebutuhan pokok.

Baca Juga: Itinerary Bali Terbaik untuk Kamu yang Ingin Puas Menikmati Pulau Dewata

3. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: The Jakarta Post

Kalau Toppers berencana untuk berlibur ke Bali dengan waktu yang lama, wajib hukumnya mengunjungi Garuda Wisnu Kencana atau GWK yang berlokasi di Bali Selatan ini.

Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah patung yang besar karya I Nyoman Nuarta dan sekarang menjadi tempat wisata di Bali.

Selain patung, kamu juga bisa melihat berbagai keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar yang penuh dengan pahatan.

Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga tersedia teater seni dimana pengunjung bisa menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

4. Pura Uluwatu

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: Tempatwisata

Pura Uluwatu ini merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terletak di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut.

Pura Uluwatu enggak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, tapi juga menawarkan keindahan panoramanya, terutama keindahan matahari tenggelamnya yang enggak kalah dengan pantai dan sudah terkenal.

Di Pura Uluwatu Toppers akan melihat sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu.

Untuk memasuki area Pura Uluwatu, kamu akan diharuskan untuk menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

5. Seminyak Square

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: the holistic trainer

Tempat perbelanjaan yang berada di Jalan Kayu Aya, Seminyak ini berkesan modern dan elegan. Seminyak Square memang enggak terlalu besar dan hanya terdiri dari dua lantai, tapi didesain khusus untuk menarik pengunjung dari kalangan atas.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Seminyak Square, mulai dari berbelanja pakaian dan perhiasan mewah, souvenir dan hiasan dari Indonesia, berburu buku-buku berbahasa Inggris, menikmati anggur dan makan malam yang nyaman, dan lainnya.

Jam operasional toko-toko di pusat perbelanjaan ini berbeda, tapi Seminyak Square sendiri buka mulai pukul 10.00-22.00 WITA.

6. Museum Bali

tempat wisata di bali
Sumber gambar: Kintamani

Museum yang terletak di tengah kota Denpasar ini merupakan bangunan gedung tua, tepatnya bersebelahan dengan Pura Agung Jagat Natha.

Dari bandara, kamu ikuti saja jalan menuju pusat kota sekitar 45 menit. Tapi, museum ini bukan museum seni lho, melainan museum sejarah.

Kamu bisa lebih mengenal kota Bali lebih dalam karena di museum ini terdapat koleksi peralatan saat zaman prasejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat, dan perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali dari zaman ke zaman.

7. Monumen Bajra Sandhi

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: commons.wikimedia

Toppers, apakah kamu sudah tahu sejarah Monumen satu ini belum? Monumen Bajra Sandhi ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bali. Monumen ini berada di depan Kantor Gubenur Bali dan Gedung DPRD Provinsi Bali.

Di tempat inilah Perang Puputan terjadi. Toppers bisa mengetahui perjuangan rakyat Bali dari masa prasejarah hingga merebut kemerdekaan di lantai dua monumen ini.

Dalam menceritakan kisah perjuangan rakyat Bali, pengelola museum menggunakan konsep diorama sejumlah 33. Di lantai tiga, kamu bisa menikmati pemandangan Denpasar dan sekitarnya melalui kaca, mirip seperti di Monas.

8. Gunung Agung

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: Pixabay

Puncak tertinggi Bali berada di puncak Gunung Agung, yang disucikan umat Hindu Bali ini. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Gunung Agung merupakan tempat para dewa yang senantiasa mengawasi manusia. Di lereng gunung inilah pura terbesar di Bali, Pura Besakih, juga berada.

9. Air Terjun Gitgit

tempat wisata di bali
Sumber gambar: Bali getaway

Toppers, mau berasa lebih rileks dan santai dengan suasana alam? Air terjun Gitgit ini merupakan destinasi yang pas bagi kamu yang mau santai menikmati perpaduan wisata air dan trekking.

Air Terjun Gitgit ini terletak di Buleleng, Singaraja, dan destinasi ini pasti enggak akan mengecewakan. Air terjun ini merupakan air terjun dengan tebing tertinggi di kawasan Bali utara.

10. Gua Gajah

tempat wisata di bali
Sumber gambar: Republika

Gua ini merupakan gua buatan di Tampaksiring, Gianyar, dan ramai banget dikunjungi oleh wisatawan.

Menurut masyarakat setempat, daerah Gua Gajah ini merupakan tempat yang disucikan dan dijadikan sebagai pusat kegiatan agama Hindu dan Buddha pada masa pemerintahan Dinasti Warnadewa.

Sekarang oleh masyarakat setempat, situs bersejarah ini dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Vila Murah di Bali yang Cocok untuk Work From Bali

11. Bali Bird Park

tempat wisata di bali
Sumber gambar: Republika

Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga. Bali Bird Park ini dibuka pertama kali pada tahun 1995. Taman burung seluas dua hektar ini merupakan salah satu taman burung terbesar di Indonesia.

Tidak heran, karena di dalamnya terdapat, kurang lebih 1.000 satwa unggas dari 250 spesies lho. Selain melihat secara langsung aneka satwa unggas di sini, kamu juga bisa menikmati sensasi teater 4D.

12. Taman Kupu-kupu Bali

tempat wisata di bali
Sumber gambar: Portal jember

Ada satu lagi tempat wisata yang unik dan cantik di Tabanan, Bali, yang wajib dikunjungi selain pantai yaitu Taman Kupu-kupu Bali.

Taman Kupu-Kupu ini merupakan objek edukasi dan penelitian kupu-kupu terbesar se-Asia Tenggara.

Ribuan ekor kupu-kupu dari beragam spesies memenuhi taman ini. Toppers bisa berkunjung ke taman yang telah dibuka sejak tahun 1996 ini pada pukul 08.00-17.00 WITA, setiap hari.

13. Puja Mandala

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: befreetour

Lokasi ini merupakan salah satu bukti kebersamaan dan nilai toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Tempat ini merupakan kompleks rumah ibadah lima agama yang diakui di Indonesia, yang terdiri dari Masjid Agung Ibnu Batutah, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Pura Jagatnatha, dan, Vihara Buddha Guna.

Di sini, Toppers bisa merasakan indahnya keharmonisan dalam perbedaan, dan tanpa biaya masuk.

14. Arung Jeram Sungai Ayung

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: arah jalan

Arung jeram ini berbeda dengan arung jeram lainnya yang bisanya menegangkan dan penuh tantangan karena Arung Jeram Sungai Ayung ini menawarkan keindahan.

Panorama sepanjang Sungai Ayung indah banget, ditambah dengan pahatan di tebing sungai, dan hijaunya pepohonan di sekitar sungai melengkapi keindahan Arung Jeram Sungai Ayung.

15. Pasar Seni Sukawati

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: kanya.id

Pasar Seni Sukawati terletak di jalan Raya Sukawati, Gianyar, Bali. Pasar ini terkenal di kalangan wisatawan karena lengkap menyediakan berbagai oleh-oleh khas Bali.

Pasar ini juga tenar hingga ke mancanegara setelah menjadi setting dalam salah satu adegan film Eat Pray Love yang dibintangi oleh Julia Roberts. Pasar seni sukawati buka setiap hari dengan jam operasional antara pukul 06.00-18.00 WITA.

16. Pura Tanah Lot

tempat wisata di bali
Sumber Gambar: 99.co

Pura yang terletak di Desa Beraban ini begitu unik dan indah karena dibangun di atas pulau karang.

Di pura yang umumnya digunakan masyarakat Bali untuk memuja dewa laut ini sering dilakukan prosesi adat, khususnya ketika air laut tengah surut.

Di dalam pura ini juga terdapat beberapa ular laut yang dipercaya sebagai penjaga pura Tanah Lot. Jika ingin berkunjung ke sini, direkomendasikan untuk datang saat sore hari sekitar pukul 17:00 untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dari pura ini secara langsung.

Baca juga: Rekomendasi 12 Taman hiburan, Taman Bermain & Kebun Binatang di Bali

Bali memang merupakan destinasi favorit untuk berlibur, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Berbagai wisata alam, sejarah, bahkan ekstrim bisa dirasakan dan nikmati di kota yang menakjubkan ini.

Pastinya Toppers akan merasa puas dan lebih bersemangat ketika mengunjungi Bali dengan beragam tempat wisata yang ditawarkan dan bisa dinikmati bersama orang-orang terdekatmu. Tertarik untuk mengunjungi Bali dan datang ke berbagai tempat wisatanya ini, Toppers?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

Editor Picks
13 Laptop Dell Terbaru dan Harganya | Januari 2022
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia