Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Itinerary Bali Terbaik untuk Kamu yang Ingin Puas Menikmati Pulau Dewata

07 October 2021
Share icon
Share
Itinerary Bali Terbaik untuk Kamu yang Ingin Puas Menikmati Pulau Dewata

Berikut ini contoh itinerary Bali untuk kamu yang ingin puas menjelajahi Pulau Dewata dengan efektif. Semua jenis wisata bisa kamu singgahi!


Bali, pesona wisata Indonesia yang tiada habisnya. Bali selalu bisa membuat pengunjungnya tak ingin pulang.

Sepanjang apapun hari yang kamu habiskan di Pulau Dewata rasanya tak pernah cukup. Sebab dalam satu pulau kecil ini tersimpan banyak sekali keindahan budaya dan alam yang selalu berhasil menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. 

Buat kamu yang belum pernah ke Bali, enggak perlu bingung harus ke mana dulu, atau takut melewatkan tempat-tempat wisata terbaik di Bali.

Di bawah ini ada dua pilihan itinerary Bali yang bisa dipilih untuk kamu yang ingin puas menikmati kecantikan Bali.

Contoh Itinerary Bali 1

Hari Pertama: The Anvaya Beach Resort Bali – Pantai Seminyak 

itinerary bali
Sumber Gambar: Anvaya
  • The Anvaya Beach Resort Bali 

Sesampainya di Bali, tentu yang pertama kali dikunjungi adalah tempat penginapan. Bali mempunyai banyak tempat penginapan dan hotel yang terkenal, termasuk salah satunya adalah The Anvaya Beach Resort Bali. 

Jaraknya dengan Bandara Ngurah Rai juga tidak jauh, Toppers. Hanya perlu menempuh perjalanan selama 1,6 km, kamu sudah bisa sampai ke penginapan satu ini. Lokasinya ada di Jl. Kartika Plaza, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. 

Untuk harga per malamnya sendiri, sekitar Rp 1.200.000/ malam. Meskipun cukup memakan biaya, tapi kamu tidak akan menyesal setelah merasakan mewahnya penginapan ini. 

  • Pantai Seminyak (Seminyak Beach)

Nah, setelah check-in, Toppers bisa menikmati keindahan alam di pantai Seminyak. Destinasi wisata satu ini terletak di kawasan Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung Bali. Lokasinya cukup dekat dengan penginapan, yakni sekitar 5.7 km atau 14 menit berkendara. 

Kamu juga tidak perlu merogoh kocek untuk membayar biaya masuk, Toppers. Sebab, tidak ada pungutan biaya dan buka selama 24 jam, lho. Wah, menarik bukan? 

Hari Kedua: Pulau Kintamani (Danau Batur – Pura Ulun Danu Batur) 

itinerary bali
Sumber Gambar: Kintamani.id
  • Danau Batur 

Pulau Kintamani memiliki sejumlah wisata yang tak kalah indah dengan wisata lainnya di Bali. Salah satunya adalah Danau Batur. Walaupun cukup jauh dari penginapan, akan tetapi, itu semua akan terbayarkan ketika kamu melihat eloknya panorama yang disajikan Danau Batur. 

Danau Batur ini sendiri terbentuk karena letusan gunung api. Itulah yang menyebabkan warna danau berubah seiring adanya kandungan belerang dan menjadikannya semakin eksotis untuk dilihat. Menariknya lagi, kawasan ini telah tercatat sebagai UNESCO Global Geopark, lho. 

Danau Batur ini bisa kamu temukan di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Sementara, untuk harga masuknya sendiri, hanya sekitar Rp 15.000, Toppers! 

  • Pura Ulun Danu Batur

Setelah menikmati keindahan Danau Batur, Toppers juga bisa mengunjungi Pura Ulun Danu Batur. 

Lokasinya sendiri juga tidak jauh dari Danau Batur, Toppers. Pura ini adalah salah satu pura terpenting yang ada di Bali. Sangat disayangkan apabila kamu tidak singgah untuk melihat panoramanya. 

Toppers juga hanya perlu membayar sekitar Rp 25.000 untuk melihat Pura ini. Worth it bukan? 

Baca Juga: 16 Tempat Wisata di Bali Terpopuler, Terkenal hingga ke Mancanegara!

Hari Ketiga: Uluwatu (Malini Agropark Uluwatu – Bukit Jaran) 

itinerary bali
Sumber Gambar: Tanda Koma
  • Malini Agropark Uluwatu

Dari tempat penginapan ke Malini Agro Park hanya memakan waktu sekitar 40 menit. Destinasi berkonsep agrowisata ini berada di daerah Jalan Raya Malini No.151 Karangboma Pecatu Kuta Selatan, Bali 8036. 

Tak hanya pemandangannya yang cantik, kamu juga bisa menjelajahi kebun organik, menambah pengetahuan mengenai pertanian, menikmati wahana outbound, hingga meditasi, Toppers! 

Tiket masuk ke wisata ini juga sebanding dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, yakni sekitar Rp. 100.000 per orang.

  • Bukit Jaran

Setelah mengunjungi Malini Agropark, objek wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Bukit Jaran atau yang disebut dengan Jaran Hill. 

Lokasinya berada di JL. Pantai Suluban, Pecatu, Kecamatan Kuta Sel, Kabupaten Badung, Bali. Di sini, Toppers bisa menikmati sunset yang sangat indah dan mengabadikan momen dengan berfoto ria bersama sunset. 

Untuk menikmati pemandangan satu ini, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya. Sebab, wisata ini dibuka untuk umum dan gratis! 

Hari Keempat: Pulau Nusa Penida (Kelingking Beach) 

itinerary bali
Sumber Gambar: Unsplash

Pulau Nusa Penida bisa dibilang destinasi kebanggaan wisata di Bali. Ada berbagai panorama alam di pulau ini yang mampu membuat siapapun terpesona. 

Salah satunya yang populer adalah Kelingking Beach. Untuk masuk ke wisata ini, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000, Toppers. 

Wisata ini terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Oleh karena itu, untuk sampai ke lokasi kamu harus menggunakan transportasi laut. 

Selain untuk menikmati indahnya panorama, Toppers juga bisa melakukan snorkeling dan diving di Manta Point. Menyelam sambil melihat ikan manta tentu menjadi momen yang tak terlupakan bukan? 

Hari Kelima: Sands Restaurant

itinerary bali
Sumber Gambar: Trip Advisor

Sebelum berpisah dengan Bali, jangan lupa untuk mengunjungi Sands Restaurant yang merupakan bagian dari The Anvaya Beach Resort. 

Selain untuk menikmati berbagai makanan yang lezat, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang menghadap ke arah Samudra Hindia, Toppers. Untuk biaya makan sendiri, hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 75.000 – 200.000/ orang. 

Contoh Itinerary Bali 2

Hari Pertama : Menyapa Pantai Double Six

itinerary bali terbaik
Sumber gambar: Bisnis Wisata

Kamu akan sampai di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di kota Denpasar. Selesai mengurus penginapan dan sebagainya, kamu bisa langsung menyapa pantai Bali pada sore hari.

Pantai Double Six bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuka itinerary Bali kamu yang ingin bersantai sore sambil menunggu matahari terbenam.

Di Pantai Double Six ini ada banyak beach club yang bisa kamu pilih. Kebanyakan restoran pinggir pantai ini menyediakan tempat duduk di pantai untuk mendapatkan pemandangan terdepan matahari terbenam.

Sebelum matahari terbenam dan langit gelap, kamu bisa berfoto ria di pantai yang berada di kawasan Legian ini. 

Dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

Hari Kedua : Uluwatu 

itinerary bali lengkap
Sumber gambar: Travelingyuk

Setelah hari yang santai, hari ini saatnya berolahraga air. Tanjung Benoa menjadi destinasi terbaik yang untuk melakukan water sport. Ada banyak paket water sport yang bisa kamu pilih, lebih seru lagi kalau kamu pergi berkelompok. 

Setelah menikmati lautnya, saatnya kembali ke pantai. Tak jauh dari Tanjung Benoa, ada Pantai Pandawa. Kamu akan melewati batu alam sangat besar yang mengantarmu ke Pantai Pandawa.

Berikutnya jangan sampai tidak ada GWK dalam itinerary Bali mu, Toppers. Kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang tahun ini baru saja selesai direnovasi patut kamu datangi. 

Di Bali, tidak cukup mengunjungi satu pantai saja dalam sehari. Selanjutnya kamu harus melihat keindahan Pantai Padang-Padang.

Menjelang sore, kamu bisa bergegas ke Pura Luhur Uluwatu untuk mendapatkan foto dengan latar belakang matahari terbenam di pura ini. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan tari kecak di area pura ini.

Hari Ketiga : Gianyar – Ubud – Sukawati

itinerary bali liburan pulau dewata
Sumber gambar: Dontforgettomove

Meskipun terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, masih banyak tempat wisata alam Bali selain pantai yang bisa kamu kunjungi.

Salah satunya adalah Tegallalang Rice Terrace atau Teras Sawah Tegallalang yang berlokasi di Kabupaten Gianyar.

Di sini kamu bisa menikmati hamparan hijau yang asri nan sejuk. Setelah puas berfoto dengan keasrian teras sawah ini, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke Ubud. 

Dari hamparan hijau, sekarang waktunya menghabiskan waktu bersama satu jenis fauna yang terkenal iseng di Ubud Monkey Forest.

Ubud Monkey Forest didesain sedemikian rupa menyerupai habitat asli monyet agar mereka nyaman berada di sana. Ada sekitar 600 ekor kera yang hidup di taman ini. 

Temukan hotel terbaik di surabaya dan booking melalui aplikasi Tokopedia! Dapatkan harga menarik di setiap penawarannya.

Jika berbicara tentang daerah Ubud di Bali, hampir selalu identik dengan kesenian. Maka jangan sampai kamu melewatkan pasar kesenian Ubud, Toppers.

Ubud Art Market merupakan destinasi wisata wajib tak hanya bagi wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun sangat suka berkunjung ke sini.

Jika kamu penggemar barang seni, kamu wajib ke sini karena kamu bisa mendapatkan kerajinan tangan khas Bali dalam bentuk apapun di pasar kesenian ini.

Masih ada lagi pasar kesenian selain di Ubud, yakni Sukawati Art Market. Kalau pasar kesenian Ubud lebih terkenal di kalangan wisatawan asing, Sukawati Art Market lebih banyak dikunjungi wisatawan lokal. 

BACA JUGA: Rekomendasi 12 Taman hiburan, Taman Bermain & Kebun Binatang di Bali

Hari Keempat : Pantai Lovina – Singaraja 

itinerary bali
Sumber gambar: Sky Bali Tour

Tempat wisata di Bali yang satu ini harus masuk ke dalam itinerary Bali kamu, Toppers. Pasalnya, tempat ini menawarkan pengalaman yang berbeda yaitu menyaksikan lumba-lumba berenang bebas di tengah laut dengan jarak yang sangat dekat.

Kalau kamu tertarik dengan pengalaman tersebut, kamu bisa masukkan Pantai Lovina ke dalam itinerary Bali mu.

Hanya saja, untuk menikmati pengalaman tak terlupakan ini kamu harus menuju Pantai Lovina pada dini hari.

Namun, usaha bangun subuh pasti akan terbayarkan dengan pemandangan lincahnya lumba-lumba dari jarak dekat. 

Begitu matahari sudah benar-benar terbit, lumba-lumba tidak akan lagi muncul ke permukaan. Selepas berpisah dengan lumba-lumba, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Singaraja.

Ada pemandian Air Panas Desa Banjar, Air Terjun Gitgit, dan Wanagiri Hidden Hill. Gemercik air di Air Panas Desa Banjar dan Air Terjun Gitgit dijamin akan menghilangkan penatmu. Sementara kamu akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto di Puncak Wanagiri. 

Hari Kelima : Bedugul – Tanah Lot

itinerary bali terbaru
Sumber gambar: indonesia.travel

Belum ke Bali namanya kalau belum mengunjungi pura yang memiliki kecantikan arsitektur yang memesona.

Di tepi danau Bratan Bedugul ada Pura Ulun Danu yang berdiri di sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Nama Pura Ulun Danu sendiri mempunyai arti pura yang berada di tepi danau. Berada di dataran tinggi, udara di sini lebih sejuk dibandingkan tempat lainnya di Bali. 

Obyek wisata Bali selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Alas Kedaton. Merupakan hutan yang dilindungi sebagai tempat tinggal ratusan kera dan kalong. Lalu melanjutkan perjalanan ke Pura Tanah Lot.

Pura yang dibangun di atas karang menjadikannya sangat unik. Kalau air sedang pasang seakan-akan terpisah dari daratan. 

Hari Keenam: Kuta 

Sumber gambar: pantai-kuta123.blogspot

Setelah berputar di Pulau Bali, saatnya menghabiskan waktu di ikon pantai di Bali, Pantai Kuta.

Kalau hari sebelumnya kamu sudah menempuh perjalanan jauh, hari ini kamu bisa mengunjungi banyak tempat dalam kota Denpasar.

Setelah mata sudah dihipnotis sekalian dipuaskan dengan pemandangan alam Bali, saatnya perut dipuaskan dengan deretan kafe dan restoran di Bali yang tak kalah memuaskan.

Kamu bisa menuju Jalan Petitenget dan Jalan Ayu Kaya di Denpasar untuk menemukan kafe dan restoran yang memiliki interior kekinian dan instagrammable. Tak hanya itu, banyak juga toko-toko perbelanjaan yang menjual berbagai macam barang. 

Hari Ketujuh : Berpisah dengan Bali 

itinerary bali
Sumber gambar: baligetaway

Waktunya kembali ke rutinitas sehari-hari hampir tiba. Namun sebelum benar-benar meninggalkan Bali, kamu bisa ke tempat oleh-oleh Bali untuk menutup itinerary Bali mu, Toppers.

Jangan lupa bawakan sedikit bagian dari Bali untuk dibagikan ke sanak saudara, teman, dan orang terdekat.

Saat waktu penerbangan mu akan tiba, segera bergegas ke Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar. 

Baca Juga: Rekomendasi 10 Vila Murah di Bali yang Cocok untuk Work From Bali

Itulah itinerary Bali yang mungkin bisa membantu kamu dalam merencanakan liburan ke Bali. Terlebih lagi untuk Toppers yang baru pertama kali ke Bali, enggak perlu pusing.

Kalau kamu mengikuti itinerary Bali di atas, kamu dijamin tak akan kelewatan tempat-tempat wisata wajib di Pulau Dewata. Selamat berlibur, Toppers!

Kamu juga bisa membeli tiket pesawat dan booking hotel dengan harga terbaik dan mudah melalui Tokopedia. Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga dan penuhi kebutuhan traveling kamu. Selamat berlibur, Toppers! 

koper

Penulis: Nathania & Oeren

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

Editor Picks
13 Laptop Dell Terbaru dan Harganya | Januari 2022
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia