29 Destinasi Wisata Kuliner Lezat di Jogjakarta

0
3618
wisata kuliner jogjakarta

Tempat Wisata di Jogjakarta

Wisata Kuliner Jogjakarta

Pantai di Jogjakarta

Candi-candi di Jogjakarta

Oleh-oleh Khas Jogjakarta

Wisata Museum di Jogjakarta

Makanan Khas Jogjakarta

Tempat Nongkrong Seru di Jogja

Wisata Kuliner Jogjakarta – Kota Jogjakarta merupakan kota yang terkenal sebagai destinasi wisata Indonesia. Jogjakarta bukan hanya populer di Indonesia saja, Jogjakarta juga populer di kalangan mancanegara sehingga banyak turis yang datang ke kota Jogjakarta.

Salah satu hal yang menjadi incaran para turis adalah wisata kuliner Jogjakarta. Terdapat banyak sekali destinasi wisata kuliner di kota Jogjakarta mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern yang sedang digemari masyarakat zaman sekarang. Apa sajakah destinasi wisata kuliner tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini!

Wisata Kuliner Terbaik di Jogjakarta

1. Mie Ayam Grabyas


Destinasi wisata kuliner Jogja yang pertama ini sudah dikenal banget sama masyarakat Jogjakarta yang suka berburu kuliner malam hari, Toppers! Grabyas adalah kulit ayam yang di goreng dan dicampurkan ke Mie Ayam, dari situlah datangnya nama Mie Ayam Grabyas. Selain kulit goreng, terdapat juga bakso, ayam dan pangsit di dalam semangkuk dari destinasi wisata kuliner Jogjakarta ini.

Alamat : Jalan Malioboro No.60, Sosromenduran, Gedong Tengen,
Harga : Rp.3.000 – Rp.18.000
Jam Buka : 23.30 – 3.30 WIB

2. House Of Raminten

House Of Raminten Jogja merupakan destinasi wisata kuliner Jogja berikutnya, House Of Raminten Jogja memiliki konsep dan menu khas Jogja yang sangat tradisional seperti menu nasi kucing, wedang, dan  sate lilit. House Of Raminten memiliki bentuk bangunan bernuansa Jawa yang akan membuatmu betah saat menyantap hidangan di sini!

Alamat : Jl. Sabirin No. 2A, Kotabaru, Gondokusuman
Harga : Rp.6.000 – Rp.20.000
Jam Buka :  24 Jam

3. Oseng Mercon Bu Narti

View this post on Instagram

Oseng2 mercon bu narti.monggo dipesan

A post shared by oseng oseng mercon bu narti (@oseng2_mercon) on


Untuk kalian para pecinta makanan pedas, pasti cocok untuk mendatangi destinasi wisata kuliner Jogja berikutnya! Oseng Mercon merupakan makanan khas Jogja yang terkenal karena pedasnya dan Oseng Mercon Bu Narti merupakan salah satu destinasi wisata kuliner Jogjakarta yang berspesialiasi pada makanan tersebut!

Beberapa bahan yang ada di Oseng Mercon Bu Narti ini seperti adalah gajih, tulang muda, kulit dan kikil yang tentu saja dicampur dengan cabe rawit yang terkenal sangat pedas!

Alamat : Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan
Harga :  Rp.2.000 – Rp.15.000
Jam Buka : 17.00 – 23.00 WIB

4. Mangut Lele Mbah Marto


Destinasi wisata kuliner Jogjakarta berikutnya yang menjadi bahasan kita adalah Manggut Lele Mbah Marto yang pastinya mantap banget. Makanan yang disajikan di destinasi wisata kuliner Jogja ini juga sesuai dengan namanya.

Cara memasak lele pada destinasi wisata kuliner Jogja ini adalah, lelenya ditusuk dengan pelepah daun kelapa, lalu dipanggang didalam tungku, lalu dicampur dengan bumbu dan kuah santan yang pasti membuatnya semakin enak!

Jadi, untuk kalian yang gemar dengan lele, destinasi wisata kuliner Jogja ini wajib untuk kamu datangi!

Alamat :  Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul
Harga : Rp.10.000 – Rp.20.000
Jam Buka : 10.00 – 16.30 WIB

5. Kedai Darling


Kedai Darling Jogja menjadi salah satudestinasi wisata kuliner Jogjakarta yang menjadi favorit, Keunikan dari kedai ini adalah, menu dimana pengunjung akan memasak pesanannya sendiri.

Seperti menu Sukiyem yang merupakan menu suki, dan Mukidi yang merupakan menu daging yang bisa kamu masak sendiri sesuai keinginan.

Alamat : Jl. Urip Sumoharjo No.3, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Harga : Rp.40.000 – Rp.70.000
Jam Buka : 16.00 – 22.15 WIB

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Hakone Resto


Destinasi wisata kuliner Jogja selanjutnya yang kami bahas adalah Hakone Resto. Pada destinasi wisata kuliner Jogja ini, makanan yang disediakan adalah makanan khas Jepang, Toppers. Beberapa diantaranya adalah, Chicken Katsu, Unagi, dan Ramen.

Buat kamu yang ingin mencoba makanan khas Jepang, wajib untuk mendatangi destinasi wisata kuliner Jogja yang ini!

Alamat : Jl. Komplek Colombo No. 40, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman
Harga : Rp.8.000 – Rp.52.000
Jam Buka : 11.30 – 22.00 WIB

7. Sate Kambing Pak Yono


Buat kamu pencinta makanan sate rasanya wajib banget untuk mencoba makanan yang di sajikan oleh destinasi wisata kuliner Jogja yang populer dengan nama Sate Kambing Pak Yono ini.

Sate Kambing Pak Yono ini menyediakan menu sate kambing yang sudah terkenal kenikmatan rasanya. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap sampai kedalam.

Selain sate kambingnya yang sangat enak, destinasi wisata kuliner Jogjakarta ini juga menyediakan tongseng kepala kambing yang pastinya tidak kalah dengan satenya.

Alamat : Terminal Bus Kios No. 5, Jalan Raya Solo-Pacitan, Baturetno, Wonogiri
Harga : Rp.4.000 – Rp.25.000
Jam Buka : 11.00 – 18.00

8. Mie Telap 12


Destinasi wisata kuliner Jogjakarta berikutnya memiliki konsep unik yang membuatnya wajib untuk dicoba setidaknya sekali saja. Destinasi wisata kuliner Jogja ini menyajikan mie yang sama seperti pada gambar bungkus mie instan yang biasa kita masak di rumah.

Dengan kata lain, anda akan mendapatkan sajian mie instan seperti halnya yang ada pada bungkus mie instan tersebut. Unik ya, Toppers!

Alamat : Jalan Pandeyan, Pandeyan, Umbulharjo, Pandeyan, Umbulharjo
Harga : Rp.12.000 – Rp.18.000
Jam Buka : 11.30 – 22.00 WIB

9. Sate Klathak Pak Pong

View this post on Instagram

#sederhana #klasik #jogja

A post shared by sate pak pong (@satepakpong) on


Tentunya, jika kamu ingin berwisata kuliner di Jogja, kamu harus mencoba makanan khas Jogja. Maka dari itu, destinasi wisata kuliner Jogja berikutnya adalah Sate Klathak Pak Pong! Sate Klathak adalah sate kambing yang memiliki potongan besar dengan bumbu berbeda dari sate lainnya dan menggunakan jeruji sebagai tusuknya.

Pokoknya, jika kamu penggemar sate kambing, destinasi wisata kuliner Jojga yang ini betul-betul wajib untuk dicoba!

Alamat : Jalan Imogiri Timur Km. 10, Wonokromo, Pleret, Wonokromo, Pleret, Bantul
Harga : Rp.3.000 – Rp.20.000
Jam Buka : 09.00 – 23.30 WIB

10. Sop Kaki Kambing Bang Udin

Sop Kaki Kambing Bang Udin merupakan destinasi wisata kuliner Jogjakarta berikutnya, Toppers! Sesuai dengan namanya, destinasi wisata kuliner Jogjakarta ini menyediakan sop kaki kambing beserta jeroan dan lainnya.

Destinasi wisata kuliner Jogjakarta ini juga memberikan harga yang terjangkau untuk kantong kita, Toppers!

Alamat :  Jl. Cik Di Tiro No.29, Terban, Gondokusuman
Harga : Rp.5.000 – Rp.25.000
Jam Buka : 17.00 – 24.00 WIB

11. Banyumili Country Club


Destinasi wisata kuliner Jogjakarta berikutnya tidak hanya sebagai destinasi wisata kuliner, namun juga sebagai tempat rekreasi di Jogja, Toppers! Banyu Mili Country Club Jogja menyediakan kolam renang, danau, dan hutan buatan yang bisa kamu datangi setelah selesai menyantap makanannya yang enak seperti udang bakar madu dan kepiting!

Alamat : Jl. Godean Km.4,5, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman
Harga  : Rp.10.000 – Rp.200.000
Harga Tiket : Rp.20.000 / orang
Jam Buka : 09.00 – 21.00 WIB

12. Angkringan Lik Man

Tempat makan di Jogjakarta berikutnya sangat cocok buat kamu yang ingin ngobrol dan bercengkrama bersama teman-teman. Angkringan Lik Man menyediakan menu-menu angkringan dengan rasa yang enak dan  harga yang murah. Seperti nasi kucing, aneka sate dan kopi joss.

Alamat  : Pogung Lor No.263, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman
Harga :  Rp.500 – Rp.5.000
Jam Buka : 18.00 – 24.00 WIB

13. Nasi Goreng Beringharjo

Hanya dengan melihat nama tempatnya, kita sudah bisa menebak jenis makanan yang disajikan pada destinasi wisata kuliner Jogja ini. Kamu bisa memilih antara dua nasi goreng pada destinasi wisata kuliner Jogja ini, seperti daging babi atau ayam.

Hebatnya, destinasi wisata kuliner Jogja yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata kuliner Jogja yang termasuk paling tua di Kota Jogja, Toppers!

Alamat : Jl. Mayor Suryotomo, Ngupasan, Gondomanan
Harga : Rp.3.000 – Rp.10.000
Jam Buka : 16.15 – 22.00 WIB

14. Gudeg Pawon


Nah,destinasi wisata kuliner selanjutnya menyajikan makanan khas Jogjakarta juga, Toppers! Yang pasti kamu tahu yang namanya Gudeg kan, Toppers? Nah, pada destinasi wisata kuliner Jogja ini, mereka sudah menyajikan gudeg sejak tahun 1958!

Hebat ya Toppers! Maka dari itu, destinasi wisata kuliner ini menjadi juara gudeg dan wajib dicoba!.

Alamat : Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo
Harga :  Rp.2.000 – Rp.24.000
Jam Buka : 22.00 – 24.00 WIB

15. Bakso Idola

View this post on Instagram

Mie ayam bakso

A post shared by bakso_idolaku (@bakso_idolaku) on


Destinasi wisata kuliner Jogjakarta berikutnya adalah sebuah tempat makan yang berspesialisasi pada Bakso, Toppers. Banyaknya orang yang berkumpul untuk makan siang di Bakso Idola membuktikan betapa enaknya makanan pada destinasi wisata kuliner Jogja ini!

Kamu juga dapat menggabungkan bakso dengan menu Iga dari destinasi wisata kuliner Jogja ini yang tentu tidak kalah dengan baksonya, Toppers!

Alamat : Jalan Raya Solo, Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo
Harga :  Rp.2.000 – Rp.20.000
Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB

16. Bakmi Pele Jogja

Destinasi kuliner Jogjakarta selanjutnya adalah Bakmi Pele Jogja. Destinasi wisata kuliner Jogja populer dengan nama Bakmi Pele ini sangat di favoritkan oleh pemburu kuliner yang suka dengan bakmi, khususnya di kawasan Jogja.

Bakmi Pele sangat berbeda dengan bakmi lainnya, Toppers! Nggak percaya? Ayo, cobain sendiri!

Alamat     :  JL. Pojok Tenggara Alun-Alun Utara , Panembahan , Kraton , Yogyakarta
Harga      : Rp.3.000 – Rp.19.000
Jam Buka : 17.30 – 23.00 WIB

17. Bungong Jeumpa Jogja

Satu lagi salah satu destinasi wisata kuliner Jogjakarta yang harus kamu coba adalah Bungong Jeumpa. Pada destinasi wisata kuliner Jogja ini kamu dapat menikmati makanan khas Aceh yang tentu saja tidak kalah dengan makanan atau masakan khas kota lainnya.

Menu yang ada pada destinasi wisata kuliner Jogja ini adalah makanan yang di sajikan dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh.

Alamat     : Jalan Wolter Monginsidi No. 12, Karangwaru, Tegalrejo, Karangwaru, Tegalrejo
Harga      :  Rp.10.000 – Rp.15.000
Jam Buka : 09.00 – 21.00 WIB

18. Jejamuran

Destinasi wisata kuliner Jogjakarta yang berikutnya adalah sebuah tempat makan yang bernama Jejamuran. Destinasi wisata kuliner Jogja ini menawarkan berbagai makanan dengan bahan utama jamur.

Beberapa menu andalannya adalah seperti jamur tumis pedas, sate jamur, telor dadar jamur, dan masih banyak menu makanan yang lainnya!

Untuk kamu yang sedang ingin makan besar bersama dengan keluarga atau teman-teman yang jumlahnya sangat banyak, tidak perlu khawatir, karena di destinasi wisata kuliner Jogja ini memiliki tempat yang sangat luas.

Alamat     : Jalan Pramuka No.53, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Pandowoharjo
Harga      : Rp.3.000 – Rp.23.000
Jam Buka : 09.00 – 21.10 WIB

19. Ayam Geprek Bu Rum

Yang pasti, kamu sudah pernah mendengar yang namanya Ayam Geprek, betul Toppers? Tapi, yang pasti Ayam Geprek pada destinasi wisata kuliner Jogjakarta yang ini berbeda dengan ayam geprek yang biasa kamu temukan.

Rasa yang enak dan harga yang sangat murah membuat t Ayam Geprek Bu Rum menjadi salah satu tempat makan favorit di Jogja untuk para pelajar dan mahasiswa.. Menu andalannya adalah ayam tepung yang di campur dengan sambal yang bisa di sesuaikan dengan selera kamu!

Alamat     : Jl. Wulung Lor, Papringan, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal
Harga      : Rp.10.000 – Rp.15.000
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WIB

Sambal Ikan Roa

20. Bakmi Shibitsu

Jika dilihat sekilas dari namanya, destinasi wisata kuliner Jogja ini seperti tempat makan khas Jepang. Ternyata bukan, dan karena namanya yang unik, banyak orang yang ingin mencoba cita rasa dari Bakmi Shibitsu ini.

Beberapa menu makanan yang bisa anda nikmati di destinasi wisata kuliner Jogja yang satu ini adalah makanan seperti nasi goreng, rica-rica ayam,  mie goreng, mie godog dan beberapa menu yang lainnya.

Di destinasi wisata kuliner Jogja ini kamu bisa menentukan bahan mie sesuai dengan selera kamu.

Alamat     : Jalan Bantul No.111, Gedongkiwo, Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Harga      :  Rp.3.000 – Rp.16.000
Jam Buka : 18.00 – 01.00 WIB

21. Sego Pecel Bu Wiryo

Destinasi wisata kuliner Jogjakarta yang wajib untuk anda kunjungi adalah Sego Pecel Bu Wiryo. Seperti namanya destinasi wisata kuliner Jogjakarta ini menyediakan menu Sego Pecel atau Nasi Pecel yang merupakan campuran berbagai macam sayuran dengan bumbu kacang special Bu Wiryo yang sangat nikmat.

Selain Nasi Pecel destinasi wisata kuliner Jogja ini juga menyediakan menu lainnya seperti kerupuk gendar, tahu, tempe, bakwan dan berbagai menu nikmat lainnya.

Alamat     : Jl. Agro No.10, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman
Harga      : Rp.6.000 – Rp.25.000
Jam Buka : 07.00 – 21.00 WIB

22. Kalimilk Yogyakarta


Destinasi wisata kuliner Jogja yang terakhir adalah sebuah kafe yang sangat terkenal di Kota Jogja, bernama Kalimilk Yogyakarta. Kafe yang  satu ini memiliki spesialisasi pada menu susu segar dengan berbagai rasa seperti cookies, durian, coklat dna original yang disediakan kafe ini.

Selain susu segar kafe ini juga menyediakan berbagai snack untuk menemani kamu saat bercengkrama bersama teman-teman!

Alamat     : Jl. Kaliurang KM. 4.9, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kecamatan Depok
Harga      : Rp.6.000 – Rp.22.000
Jam Buka : 09.00 – 22.45 WIB

23. Soto Sulung Stasiun Tugu

Destinasi wisata kuliner Jogja berikutnya merupakan destinasi wisata kuliner yang dianggap sebagai tempat legendaris karena sudah berdiri sejak 1968, Toppers!

Destinasi wisata kuliner Jogja legendaris yang dikenal dengan nama Soto Sulung Stasiun Tugu ini menyajikan soto khas Madura yang mempunyai cita rasa khas jika di bandingkan dengan soto yang di jual di tempat lain!

Alamat     : Jalan Gedong kuning Selatan No.1, Rejowinangun, Kotagede, Banguntapan
Harga      : Rp.1.000 – Rp.15.000
Jam Buka : 08.00 – 19.00 WIB

24. Bakmi Mbah Mo

Tempat makan di Jogjakarta yang satu ini terkenal dengan nama Bakmi Mbah Mo, yang populer karena banyaknya para pejabat dari luar kota yang datang ke Bakmi Mbah Mo ini.

Selain bakmi, tempat wisata kuliner Jogja ini juga menyajikan berbagai makanan yang lainnya seperti misalkan saja bakmi goreng, bakmi nyemek, bakmi godok dan lainnya.

Alamat     : Jalan Parangtritis KM. 11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul
Harga      : Rp.12.000 – Rp.20.000
Jam Buka : 17.00 – 23.00 WIB

25. Gudeg Bromo Bu Tekluk

View this post on Instagram

Terima kasih sudah mampir di warung kami @dwiandhika3486

A post shared by gudeg bromo (@gudegbromobutekluk) on


Salah satu destinasi wisata kuliner Jogjakarta yang berspesialisasi dalam membuat gudeg adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk! Gudeg yang di sajikan di Gudeg Bromo Bu Tekluk sangat enak dengan ciri khas gudeg basah dengan berbagai macam variasi lauk yang tercampur dalam satu porsi.

Tersedia pula sambal krecek yang terkenal pedas dan sangat gurih bisa kamu cicipi juga di destinasi wisata kuliner Jogja ini.

Alamat     : Jl. Affandi No.2-A, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman
Harga      : Rp.9.000 – Rp.25.000
Jam Buka : 11.00 – 04.30 WIB

26. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe adalah salah satu destinasi wisata kuliner Jogja yang terkenal dengan menu Soto Ayam Kampung. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya sehingga kamu harus sabar mengantri untuk menikmati Soto Ayam Kampung Pak Dalbe.

Selain Soto Ayam Kampung menu andalan lainnya adalah gorengan, sate dan sayap ayam

Alamat     : Jl. Affandi, Condongcatur, Kec. Depok, Yogyakarta
Harga      : Rp.2.000 – Rp.9.000
Jam Buka :  06.00 – 13.30 WIB

27. Siomay Kang Cepot


Tempat makan di Jogjakarta yang selanjutnya adalah sebuah tempat yang sangat populer dengan nama Siomay Kang Cepot. Tempat makan di Jogja ini sangat ramai dengan pelanggan, hal ini dikarenakan siomay yang di jual tersaji dengan rasa yang sangat lezat dan dengan harga yang cukup terjangkau dengan menu yang memuaskan.

Alamat     : Jalan Laksada Adisucipto No.32-34, Demangan, Gondokusuman, Sleman
Harga      : Rp.1.000 – Rp.5.000
Jam Buka : 09.00 – 22.00 WIB

28. Brongkos Bu Padmo


Tempat makan di Jogja selanjutnya sangat populer karena berspesialisasi dalam membuat Sayur Brongkos Kono yang merupakan makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono X!

Sayur Brongkos adalah sebuah makanan yang di buat dari tempe, tahu dan kacang tolo, yang setelah itu di campur dengan kaldu daging dan santan kental. Sajian menu makanan yang ada di Brongkos Bu Padmo ini sangat di rekomendasikan untuk kamu!

Alamat     : Jl.Magelang No.12, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman
Harga      : Rp.2.000 – Rp.33.000
Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB

29. Kedai 24

Tempat makan di Jogja berikutnya adalah salah satu tempat nongkrong yang paling asik di Jogjakarta bernama Kedai 24 Jogja. Kedai ini  mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa pada akhir bulan karena memiliki menu enak dengan harga yang terjangkau. Seperti mie instan dan nasi sarden yang sudah dimodifikasi oleh Kedai 24 Jogja.

Alamat     :  Ring Road Utara, Condongcatur, Depok, Condongcatur
Harga      : Rp.3.000 – Rp.20.000
Jam Buka : 10.00 – 04.00 WIB


Itulah pilihan-pilihan destinasi wisata kuliner di Jogja terbaik dari Tokopedia. Jangan lupa untuk berkunjung ke tempat-tempat di atas ketika berada di Jogjakarta ya, Toppers.

Karena, cita rasa makanan khas Jogja harus menjadi bagian dari pengalaman liburanmu! Selamat mencicip, Toppers!

tiket kereta api

Bagikan Artikel