• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Cara Untuk Melatih Otak Lebih Cerdas

Share

10 Cara Untuk Melatih Otak Lebih Cerdas

Ini hal-hal sederhana yang bisa mengasah ketajaman otak sehingga membuat otak kita jadi semakin cerdas setiap harinya.


Setiap orang pasti ingin menjadi lebih cerdas. Otak yang cerdas dapat membantu menemukan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi dengan lebih efektif dan efisien. Mengasah otak tak hanya bisa dilakukan belajar di sekolah.

Untuk mendapatkan otak lebih cerdas, perlu usaha dan proses setiap individu dalam melatihnya.

Nah Toppers, berikut beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih otakmu jadi lebih cerdas!

Cara Melatih Otak

1. Membaca koran

Bacalah koran setiap hari, kalau kamu memang tidak sempat paling tidak usahakan membaca semua judul yang ada di halaman koran. Hal ini dapat membantumu untuk menjadi lebih sadar akan dunia sekelilingmu, membuatmu bisa berbicara mengenai banyak hal dengan orang-orang serta topik yang mereka minati.

Kamu juga jadi bisa mengumpulkan pendapat mereka yang nantinya mengubah pikiranmu mengenai sesuatu dengan lebih terbuka.

Tips Melatih Otak Agar Lebih Cerdas - membaca koran
Sumber: i.huffpost.com

2. Lakukan dan tulis hal yang baru kamu pelajari

Habis menonton cara bermain gitar? Membaca buku mengenai coding? Apapun yang baru saja dipelajari, coba langsung kamu praktekkan sendiri sesering mungkin. Bisa karena biasa, pernah kan dengar kata itu? Hehehe.

Jangan lupa menulis hal apa saja yang kamu pelajari hari ini secara rutin biar bisa jadi motivasi untuk belajar lebih lagi keesokan harinya. Semakin banyak kamu belajar mengenai sesuatu, semakin kamu sayang untuk melepasnya bukan?

3. Bagikan apa yang kamu pelajari ke orang lain

Dengan membagikan apa yang kamu ketahui ke orang lain, kamu bisa mengulang dan mengingat lagi apa yang telah dipelajari sehingga kamu tidak lupa dan lebih menguasai hal tersebut. Kamu dapat berbagi pendapat juga ide dari orang lain setelah kamu memberitahu apa saja yang sudah dipelajari, dan bisa saja dari perbincanganmu dengan orang lain tersebut dapat membantu kamu untuk lebih tersinspirasi.

4. Berkumpul bersama orang-orang yang positif

Habiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif yang lebih pintar darimu untuk bisa kamu ajak berbagi ide dan berdiskusi. Bersikaplah rendah hati dan mau belajar, tanya sebanyak mungkin hal-hal yang ingin kamu ketahui kepada mereka yang memang tahu lebih banyak.

Dari pembicaraan dan masukan mereka, kamu bisa melatih otakmu dengan memikirkan ide-ide baru karena telah mendapatkan jawaban atas pertanyaanmu.

Tips Melatih Otak Agar Lebih Cerdas - berkumpul dengan orang yang positif dan pintar
Sumber: wikimotive.com

5. Ajak bicara orang yang kamu anggap menarik

Mulai percakapan dengan orang yang menurutmu menarik, walaupun itu orang asing sekalipun. Tanyalah mengenai apa yang ingin kamu ketahui atau hal yang dinilai mereka menarik dan bagaimana cara mereka menemukan hal tersebut.

Jangan takut mendekatkan diri karena terkadang, kamu bisa belajar banyak sekali hal-hal baru dari pengalaman orang yang sama sekali tidak kamu kenal. Jangan lewatkan kesempatan untuk bertanya kepada seorang ibu yang membagikan makanan ke kucing liar di jalanan.

Karena siapa yang tahu saat itu adalah kali terakhir kamu bisa menanyakan langsung kenapa dia melakukan hal tersebut dan mendapatkan pelajaran hidup tak terlupakan darinya.

6. Buatlah daftar “saya telah melakukan..”

Sebelum kamu beranjak ke tempat tidurmu, tulislah hal-hal positif apa saja yang telah kamu lakukan. Misalnya hari ini saya telah mempelajari dan berhasil membuat kue tart yang enak, saya telah berhasil menjual lebih banyak barang dagangan saya di toko online, saya berolahraga lebih lama 2 jam dari hari-hari sebelumnya.

Menuliskan hal-hal seperti ini bisa membuat dirimu merasa lebih baik apalagi kalau kamu merasa sedang patah semangat/berkecil hati. Daftar ini juga membantumu mengingat betapa produktifnya kamu hari ini dan membantu memikirkan hal apa yang harus kamu lakukan esok hari.

Tips Melatih Otak Agar Lebih Cerdas - membuat daftar perilaku
Sumber: cdn.psychologytoday.com

7. Buatlah daftar “saya harus berhenti melakukan..”

Jadilah orang yang lebih baik dari hari ke hari dengan mengingatkan dirimu tentang kebiasaan buruk yang mungkin tidak disukai/berdampak buruk bagimu dan orang lain.

Tulislah hal apa saja yang harus berhenti kamu lakukan, misalnya saya harus berhenti merokok demi kesehatan saya dan keluarga yang ada di rumah. Cari alasan kenapa kamu harus berhenti dari kebiasaan tersebut, tulis dan tempelkan di tempat biasa kamu melakukan kebiasaan buruk itu, di kamar mandi, di pintu masuk kamar atau bisa juga di home screen handphone.

8. Baca buku fiksi atau non fiksi secara rutin

Tantang dirimu untuk menghabiskan satu buku bacaan apapun dalam seminggu. Selain menambah pengetahuan dan wawasan, kamu juga melatih memori otak dengan mengingat alur cerita dari sebuah buku, menambah kosakata, meningkatkan kemampuan menulis dan mencegah penyakit demensia atau Alzheimer.

Buku fiksi menarik untuk kita mempelajari dan mengerti karakter-karakter di dalam buku, memasuki dunia dengan prespektif yang berbeda. Sedangkan buku non fiksi bisa memperkenalkan kamu dengan topik-topik baru seperti psikologi, politik.

9. Bermain permainan yang membuat kamu berpikir

Bermain juga merupakan cara yang tepat dan menyenangkan untuk mengasah otak lho. Cari permainan yang menantang dirimu untuk berpikir juga memperluas ide.

Misalnya catur, scrabble, puzzle, membangun bermacam-macam benda dengan Lego juga bisa mengasah kekreatifan yang ada di dalam dirimu lho!

10. Berolahraga dan makan makanan sehat

Terakhir, agar pikiranmu tetap segar dan cerdas, kamu harus menjaga tubuh tetap sehat dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan penuh gizi. Jika kamu merasa sedang tidak ada ide atau stuck, gerakkan badanmu dengan menari atau berjalan-jalan kecil di luar rumah. Ingat tubuh sehat membantu otak untuk berpikir lebih efektif!

Tidak sulit bukan? Berlatihlah dengan 10 kegiatan diatas agar kinerja otak Toppers tetap cemerlang, tidak mudah lupa dan semakin aktif kreatif! Dengan otak yang cerdas, kamu akan lebih terbiasa untuk memikirkan ide baru dan lebih mudah untuk terinspirasi. Selamat berlatih! :)

Jual Lego Brick

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

7 Merk Susu Soya Terbaik dan Terpopuler di Indonesia 2024
Kesehatan
7 Merk Susu Soya Terbaik dan Terpopuler di Indonesia 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia