• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Langkah Membuat Nasi Liwet untuk Acara Liwetan

Share

5 Langkah Membuat Nasi Liwet untuk Acara Liwetan

Nasi Liwet – Indonesia terkenal akan berbagai ragam budayanya. Namun, tak hanya dalam bentuk seni tari ataupun seni musik, kuliner juga merupakan salah satu kekayaan budaya khas nusantara. Beragam variasi kuliner terkenal bahkan telah diakui dunia. Salah satunya adalah Nasi Liwet.

Nasi liwet merupakan ragam kuliner khas Solo, dan asli dari daerah kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet merupakan nama dari varian nasi khas yang merupakan nasi gurih seperti nasi uduk, yang kemudian sajiannya ditemani dengan suwiran daging ayam, sayur labu siam, dan areh. Nasi liwet umumnya dihidangkan sepanjang hari, baik sebagai sarapan maupun santapan untuk makan malam. Liwet biasanya bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung lesehan, dan kemudian kini berevolusi menjadi tren makan baru di era modern ini, yaitu liwetan kekinian.

Liwetan ini biasanya mengonsumsi nasi liwet dengan cara diletakkan secara memanjang di atas daun pisang dan disantap bersamaan dengan teman dan/atau keluarga. Tradisi ini dipercaya berasal dari masa terdahulu di pesantren-pesantren, utamanya ketika mengadakan slametan, berkumpul bersama keluarga dan kerabat, memperkuat hubungan kekeluargaan.

Kamu ingin coba sendiri membuat nasi liwet dan mengadakan acara liwetan kekinian dengan mudah di tempat kamu? Ingin tahu bagaimana cara buat nasi liwet untuk acara liwetan kamu itu? Yuk simak dan ikuti 5 langkah membuat nasi liwet untuk acara liwetan berikut ini!

Baca juga: Mengenal 18 Bumbu Dapur Wajib serta Manfaatnya

5 Langkah Membuat Nasi Liwet untuk Acara Liwetan

Nasi Liwet

Sumber gambar: Kompas

Kini membuat nasi liwet tidak sesulit waktu sebelumnya, karena dengan kehadiran alat memasak nasi maka membuat nasi liwet bisa menjadi lebih cepat. Kamu tetap bisa membuat nasi liwet menggunakan dandang kok, tapi pastinya akan memakan waktu lebih lama sampai nasi menjadi gurih atau tanak. Berikut adalah langkah membuat nasi liwet untuk acara liwetan dengan menggunakan rice cooker:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan berbagai bahan untuk membuat nasi liwet. Untuk membuat nasi liwet yang nikmat, dibutuhkan bahan-bahan segar dan alami. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:
    • Beras 11/2 cup atau secukupnya
    • Bawang merah 4 siung
    • Bawang putih 4 siung
    • Daun bawang 1 tangkai
    • Daun jeruk 2 lembar
    • Serai 2 tangkai
    • Daun salam 2 lembar
    • Cabai 1 buah
    • Garam secukupnya
    • Lada secukupnya
    • Merica secukupnya
  2. Setelah mempersiapkan bahan-bahannya, selanjutnya adalah mengiris bahan baku tersebut. Irislah dan haluskan daun bawang, bawang merah, bawang putih, iris cabai, keprek serai, siapkan daun jeruk dan daun salam.
  3. Setelah mempersiapkan semua bahannya, maka selanjutnya kamu bisa menumis daun bawang, bawang putih, bawang merah tadi hingga harum, tambahkan cabai dan daun-daunan tadi. Berikan garam, lada, dan merica sesuai selera.
  4. Setelah itu, diamkan tumisan sebentar karena kamu perlu untuk mencuci beras. Cucilah beras hingga bersih. Setelahnya masukkan tumisan dan serai yang telah dibuat dan dipersiapkan sebelumnya. Aduk nasi dan tumisan tersebut, selanjutnya kamu beri air seperti memasak nasi biasa. Bumbui secukupnya bila terasa kurang, beri air kurang lebih satu setengah hingga satu ruas jari, dan masaklah pada rice cooker.
  5. Tunggu hingga matang, kemudian nasi liwet telah dapat disajikan bersama lauk dan sambal!
Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca juga: 7 Resep Nasi Goreng Nusantara Praktis dan Lezat

Nah, itu dia tadi 5 langkah membuat nasi liwet untuk acara liwetan. Mudah kan Toppers? Kamu juga bisa bereksperimen dengan menambah berbagai bahan tambahan lain agar lebih menyedapkan rasa dan sesuai selera, seperti ikan teri, lengkuas, kunci, kaldu bubuk, ataupun santan. Selain itu, kamu juga dapat gunakan metode lain seperti menggunakan dandang agar lebih mudah untuk membuat dalam kapasitas lebih besar, namun pastinya membutuhkan kerja ekstra karena tidak otomatis, jadi kamu harus sering mengecek dan mengaduk secara manual.

Nah, jika kamu ingin memiliki ukuran rice cooker yang lebih besar, cek di Tokopedia aja yuk! Berbagai jenis alat masak nasi dan peralatan masak lainnya bisa kamu temukan dengan ukuran dan harga yang pastinya beragam dan terjangkau!

beras organik

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Ingin Naik Kereta Cepat Jakarta - Bandung WHOOSH? Ini Harga Tiket & Rutenya
Travel dan Kuliner
Ingin Naik Kereta Cepat Jakarta - Bandung WHOOSH? Ini Harga Tiket & Rutenya
© 2009-2024, PT Tokopedia