• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Aplikasi Cari Jodoh, Mak Comblang Digital Terbaik

10 August 2022

Share

11 Aplikasi Cari Jodoh, Mak Comblang Digital Terbaik

Bertemu jodoh bisa di mana saja, salah satunya lewat aplikasi pencari jodoh alias aplikasi dating. Simak ulasan aplikasi mak comblang digital andalan berikut.


Saat lebaran atau bertemu keluarga besar, apakah kamu termasuk seseorang yang sering ditanya 'mana pacarnya?' Nah, buat kamu yang belum punya pasangan, pasti risih ditanya hal sensitif seperti itu. Padahal, kan, setiap orang punya timing-nya masing-masing ya, Toppers.

Jika kamu merasa umurmu sudah cukup matang dan memang butuh sosok pasangan, namun sampai sekarang belum menemukan sosok yang tepat untukmu, mungkin kamu bisa coba cara yang lebih modern, nih, Toppers. 

Coba cara yang lebih kekinian dengan menggunakan dating app alias aplikasi cari jodoh! Siapa tahu kamu bisa menemukan soulmate-mu di sana. Zaman sekarang, mencari pacar itu sedekat genggaman tangan dan semudah swipe right.

Baca Juga: Arti Cinta, Ini Maknanya Menurut Para Public Figure

Aplikasi Cari Jodoh/Dating Terbaik

Kali ini, ada pilihan aplikasi cari jodoh yang bisa Toppers pertimbangkan. Yuk, simak lebih lanjut:

1. Tinder

aplikasi cari jodoh

Sumber Gambar: Tinder

Aplikasi pencari jodoh yang satu ini pasti udah nggak asing lagi. Tinder mungkin sudah menjadi top of mind orang-orang kalau ditanya soal dating app. Ketenarannya bukan tanpa alasan, aplikasi Tinder memang enggak ribet dan mudah digunakan.

Kekurangan dari aplikasi cari jodoh terpopuler ini, adalah kolom profilnya yang kurang panjang. Toppers tidak bisa tahu banyak tentang “kandidat” yang kamu sedang pertimbangkan.

Mencari bahan pembicaraan juga bisa jadi lebih sulit karena sedikitnya hal yang diketahui dari profil lawan bicara.

Fitur Unggulan Tinder:

  • Vibes, fitur yang membantu pengguna untuk mencari “matches” atau pasangan Tinder yang lebih cocok dengan pribadi pengguna.
  • Explore, fitur yang akan memberimu kemampuan untuk "mengarahkan" pengalaman matching kamu sendiri.
  • Verfikasi foto, fitur populer Trust & Safety di Tinder yang memungkinkanmu untuk mengautentikasi diri melalui serangkaian foto profil yang diunggah secara real-time untuk dibandingkan dengan foto profil yang sudah ada menggunakan teknologi human-assisted AI.

2. OkCupid

aplikasi cari jodoh

Sumber Gambar: OkCupid

Dimiliki oleh perusahaan yang sama dengan Tinder, di OkCupid, kamu bisa menulis profil yang lebih detail! Toppers akan mengisi sederet pertanyaan yang mirip seperti personality test.

Berdasarkan jawaban Toppers, salah satu aplikasi cari jodoh terbaik ini akan membantu kamu menemukan pasangan yang sekiranya cocok dengan kamu.

Fitur Unggulan Okcupid:

  • Vaksinasi, fitur tersebut adalah profil yang menuliskan apakah pengguna sudah divaksinasi COVID-19 atau belum.
  • In App Question, fitur yang mampu mengungkap apa yang setiap orang cari, mulai dari tujuan hubungan hingga gaya berhubungan yang mereka anut sehingga dapat mengatur ekspektasi setiap orang.
  • Fitur chat, fitur yang memungkinkan kamu saling bertukar kabar dan kirim pesan dengan match kamu.

3. Bumble

aplikasi cari jodoh

Sumber Gambar: Bumble

Bumble ini cocok buat yang enggak sabaran! Karena, di Bumble, si laki-laki diberikan batas waktu 24 jam untuk membalas pesan awal dari si perempuan.

Kalau melebihi waktu itu, hilang, deh, kesempatan si cowok untuk kenalan. Oh iya, di Bumble juga hanya perempuan yang bisa mengirim pesan terlebih dahulu. Jadi, mungkin aplikasi ini bisa jadi lebih nyaman untuk perempuan.

Untuk Toppers yang adalah laki-laki super sibuk, mungkin kurang pas, nih, dengan Bumble. Seperti yang sudah disebutkan, batas waktu 24 jam untuk membalas pesan ini bisa jadi kurang convenient untuk Toppers yang sedikit waktu luangnya.

Fitur yang unik juga dari Bumble adalah fitur BFF. Jadi, bukan cuma untuk Toppers yang ingin cari jodoh, tetapi kamu yang ingin teman baru juga bisa menggunakan aplikasi Bumble!

Fitur Unggulan Bumble:

  • Swift left and swift right, fitur menggeser ke kanan untuk menyukai dan menggeser ke kiri untuk menolak. Jika kedua belah pihak saling menyukai, akan terjadi kecocokan atau "match".
  • Detektor pribadi, fitur keamanan yang bisa menghindari pengguna dari pelecehan dalam bentuk foto maupun gambar yang tidak senonoh.
  • Verifikasi foto, fitur untuk memverifikasi data asli untuk menghindari tertipu oleh akun-akun palsu yang menggunakan foto serta identitas orang lain.

4. Hinge

aplikasi dating

Sumber Gambar: Hinge

Designed to be deleted,” itulah slogan Hinge. Hinge bertujuan untuk mengkoneksikan para penggunanya ke pasangan yang serius untuk jangka panjang, sehingga pada akhirnya si pengguna tidak perlu kembali ke dating app lagi, dan menghapus aplikasinya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Toppers bisa menemukan pasangan idaman, dan tidak terus berputar-putar di siklus dating app lagi!

Di profil Hinge, Toppers bisa memunculkan kriteria atau aspek-aspek yang ideal atau dianggap penting untuk ada di seorang pasangan bagi Toppers, contohnya keberpihakan politik atau keinginan memiliki anak.

Fitur ini benar-benar sejalan dengan slogan Hinge, yang memang bertujuan untuk mencarikan pasangan yang serius bagi penggunanya. Namun sayangnya, aplikasi Hinge belum tersedia di Indonesia, Toppers.

Fitur Unggulan Hinge:

  • Likes you, fitur ini akan memberi tahu berapa banyak orang yang menyukai kamu. Saat kamu buka salah satu profil mereka, akan muncul sebuah pesan yang menunjukkan hal di diri kalian yang orang itu sukai.
  • Your turn, fitur ini bekerja di dalam sebuah percakapan. Untuk menghindari ghosting, jika ada yang belum membalas chat, fitur ini akan mengingatkan.
  • Most compatible, fitur ini akan mencocokkan profil kamu dengan orang lain. Bukan pencocokkan biasa, Hinge hanya akan mencocokkan profil pengguna yang punya selera sama.

5. Coffee Meets Bagel

aplikasi dating

Sumber Gambar: Coffee Meets Bagel

Lucu banget, ya, Toppers, nama aplikasi yang satu ini! Matches dari pengguna di aplikasi ini disebut “bagels.

“Bagels”, atau matches dari Toppers adalah orang-orang yang telah dikurasi oleh Coffee Meets Bagel, dengan harapan para pengguna mendapatkan matches yang lebih berkualitas.

Coffee Meets Bagels pun memberikan reminder bagi para pengguna untuk memberi pesan, beserta ide topik untuk memulai pembicaraan. Fitur ini dapat membantu para pengguna yang kesulitan mengawali perbincangan, nih.

Fitur Unggulan Coffee Meets Bagel:

  • Like and pass, Pengguna memiliki waktu 24 jam untuk memilih “Like” atau “Pass” satu sama lain. Ketika saling menyukai, maka fitur chat akan terbuka dan percakapan hanya bisa berlangsung selama 7 hari.
  • Log in with FB and personal number, fitur untuk melindungi penggunanya dari penipuan atau akun palsu.
  • Aturan foto yang ketat, untuk melindungi penggunanya dari kasus kekerasan dan pelecehan seksual, Coffee Meets Bagel mengatur unggahan foto secara ketat.
JUAL NOVEL REMAJA

Temukan koleksi novel remaja terbaru dan terlengkap hanya di Tokopedia

Baca Juga: Daftar Pasangan Zodiak yang Cocok dan Tidak Cocok

6. Happn

aplikasi dating

Sumber Gambar: Happn

Happn memfasilitasi pengguna untuk bertemu dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Aplikasi ini memasangkan kamu dengan pengguna yang sedang, atau sempat ada di lokasi dekat kamu.

Kayaknya pas, nih, untuk Toppers yang suka pengen ngajak kenalan kalau ketemu cowok ganteng tapi enggak berani nyapa! Tinggal buka aplikasi cari jodoh Happn, siapa tahu ternyata si doi juga pengguna.

Fitur Unggulan Happn:

  • Peta, fitur ini membuat pada pengguna untuk dapat melihat pada peta dimana mereka pernah datang bertemu sesama pengguna.
  • Mode penyamaran, pengguna dapat menyembunyikan profil mereka dari orang yang tidak dikenal dan para calon match.
  • Fitur map dengan fungsi tambahan yang memungkinkan pengguna untuk melihat berapa kali dan di lokasi mana yang memungkinkan mereka bertemu dengan match potensialnya.

7. The League

aplikasi dating

Sumber Gambar: The League

Berbeda dengan dating app lainnya, orang tidak bisa sign up lalu langsung menggunakan aplikasinya. Harus waiting list dulu!

Jika ingin menggunakan Happn, Toppers harus mengisi aplikasi dengan menyertakan informasi seperti pekerjaan, tempat kuliah, dan profil LinkedIn.

Bisa dibilang, The League ini aplikasi cari jodoh yang eksklusif. Wah, penasaran, deh, seperti apa orang-orang yang ada di aplikasinya!

Fitur Unggulan The League:

  • Smart blocking, jika kamu menggunakan akun Linkedn untuk masuk, maka The League akan secara otomatis melindungi dan memblok koneksimu di sana agar tidak match.
  • Pembatasan percakapan, pembatasan waktu ini bertujuan agar setiap match bisa berinteraksi dan tidak menyia-nyiakan waktu di The League.
  • League Groups, fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan bersama secara offline seperti jalan-jalan atau diskusi santai bersama.

8. Clover

aplikasi pencari jodoh

Sumber Gambar: Clover

Dengan Clover, Toppers pasti akan dapat date! Aplikasi ini akan memberikan Toppers teman kencan saat kamu me-request.

Kira-kira seperti meminta ke teman, “Jodohin gue dong,” lalu si teman ini langsung membawakan kamu seseorang yang bisa jadi teman kencan kamu.

Nah, Clover itu seperti si teman di skenario barusan. Gampang banget, ya? 

Fitur Unggulan Clover:

  • Vibe check, fitur berdasarkan niat menjalin hubungan. Apakah ingin memiliki hubungan yang serius atau sekedar berkenalan saja.
  • Find your match, fitur filter mencari pasangan berdasarkan preferensi kamu.
  • Virtual dating, fitur video chat untuk memudahkan kamu berkencan dari mana saja.

9. Plenty of Fish

aplikasi pencari jodoh

Sumber Gambar: Plenty of Fish

Seperti nama appnya, there’s plenty of fish in the sea! Ada banyak ikan di laut! Jadi, untuk Toppers yang lagi berusaha cari jodoh, jangan patah semangat, ya.

Aplikasi Plenty of Fish sudah hampir berumur 20 tahun. Karena itu pula, tampilannya bisa terlihat agak tradisional.

Karena usia aplikasinya pula, banyak pengguna dengan usia yang lebih dewasa di Plenty of Fish. Mungkin akan cocok bagi Toppers mencari pasangan di usia tersebut.

Fitur Unggulan Plenty of Fish:

  • Livestream, fitur yang memungkinkan kamu untuk live video streaming seperti di Instagram guna menyapa yang lain
  • MeetMe, fitur yang memungkinkan kamu untuk swipe dan match dalam memilih orang yang kamu suka.
  • Chat, fitur yang memungkinkan kamu bertukar pesan dengan untuk mengenal orang tersebut lebih jauh.

10. Match

Match

Sumber Gambar: Match

Meskipun dating app yang satu ini berbayar, ada kok versi gratisnya! Namun, katanya, dengan menggunakan versi berbayarnya, Toppers bisa mendapat experience yang lebih memuaskan.

Match itu salah satu dating site yang sudah beredar paling lama, lho. Bisa dibilang, sudah tried and tested! Apa Toppers di sini ada yang berminat dengan dating app yang satu ini?

Fitur Unggulan Match:

  • Video chat, fitur yang bisa membuat kamu bertemu dan mengobrol dengan calon pasangan secara virtual.
  • Custom search, fitur filter untuk mencari pasangan sesuai dengan preferensi kamu.
  • Discover and match, fitur untuk mengiyakan atau menolak profil yang muncul di beranda kamu.

11. eHarmony

eHarmony

Sumber Gambar: eHarmony

Sama seperti Match, eHarmony juga menyediakan pilihan yang gratis dan berbayar, nih. Jika Toppers memilih untuk memakai eHarmony yang berbayar, tidak perlu khawatir.

eHarmony siap mengembalikan uang kamu jika kamu merasa tidak puas, setelah berinteraksi dengan setidaknya 5 pengguna dalam 3 bulan. Bagaimana, Toppers? Menarik juga, ya?

Fitur Unggulan eHarmony:

  • Break the ice, fitur ini memungkinkan kamu menemukan kesamaan pada calon pasangan tanpa harus memikirkan cara cerdas untuk memulai percakapan.
  • Chat now or date later, fitur kirim pesan untuk mengenali calon pasangan kamu lebih dalam.
  • Go on date anywhere and any time, layanan panggilan video (video chat) untuk bertemu dengan calon pasangan kamu di mana pun dan kapan pun.
Baca Juga: Cara Move On Terbaik, Dijamin Cepat Lupain Mantan!

Itu tadi adalah pilihan dating apps yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pasangan impianmu. Saat mencoba dating online, jangan lupa untuk tetap berhati-hati, ya.

Toppers tertarik mencoba aplikasi yang mana, nih?

buket bunga

Bikin hatinya meleleh dengan buket bunga pilihan terindah di sini!

Penulis: Talitha Rucira Gati

Share

Rizfa Putri KhainayyaRizfa Putri Khainayya

Related Articles

15 Inspirasi Ucapan Hari Waisak 2024 yang Menyentuh Hati
Relationship
15 Inspirasi Ucapan Hari Waisak 2024 yang Menyentuh Hati
© 2009-2024, PT Tokopedia