Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Buah Terbaik yang Ampuh Menurunkan Hipertensi

13 May 2022
Share
10 Buah Terbaik yang Ampuh Menurunkan Hipertensi

Sedang menderita hipertensi? Berikut adalah rekomendasi buah yang ampuh untuk menurunkan hipertensi.


Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi yang cukup umum. Meskipun demikian, kondisi ini perlu dikontrol dengan baik agar tidak memicu penyakit serius lainnya atau menyebabkan masalah serius kedepannya.

Salah satu aspek yang perlu kamu perhatikan adalah pola makan sehari-hari. Jika kamu memiliki hipertensi, kamu dapat mengurangi asupan sodium untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Selain mengurangi asupan sodium, kamu juga perlu meningkatkan asupan potasium (kalium), kalsium, dan magnesium. Nah, kamu bisa menemukan kandungan-kandungan tersebut pada berbagai macam buah-buahan.

Rekomendasi Buah untuk Menurunkan Hipertensi

Untuk mengontrol tekanan darah tinggi kamu, ada berbagai macam buah yang bisa kamu konsumsi. Berikut adalah beberapa buah terbaik untuk menurunkan hipertensi.

1. Kiwi

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Kiwi merupakan rekomendasi buah pertama yang dianggap sebagai buah paling ampuh untuk menurunkan hipertensi. Hal ini dikarenakan kiwi mengandung 9% potasium, 7% magnesium, dan 2% kalsium.

Selain ketiga kandungan tersebut, buah ini juga mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan untuk tubuh. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh dan membantunya melawan radikal bebas.

2. Pisang

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Pisang merupakan buah yang cukup mudah ditemukan dan terjangkau. Buah ini mungkin lebih terkenal sebagai makanan pencuci mulut, namun juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah kamu.

Buah pisang yang berukuran sedang dikatakan mengandung 12% potasium, 8% magnesium, dan 1% kalsium. Selain untuk menurunkan hipertensi, pisang juga berguna untuk menurunkan hormon stres dalam darah.

3. Alpukat

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Buah yang kaya lemak ini juga kaya akan mineral dan vitamin, lho. Oleh karena itu, alpukat merupakan buah yang baik untuk menurunkan darah tinggi.

Dengan mengkonsumsi satu setengah buah alpukat, tubuh kamu akan mendapatkan 10% potasium, 5% magnesium, dan 1% kalsium. Alpukat juga bagus untuk kesehatan jantung karena kandungan karotenoid yang dimilikinya.

4. Buah Beri

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Ada berbagai macam beri yang juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Diantaranya adalah stroberi, blueberry, ataupun raspberry.

Buah beri, khususnya blueberry, memiliki kandungan senyawa yang disebut flavonoid. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan dan bahkan mencegah hipertensi.

5. Buah Bit

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Menurut penelitian, beetroot atau buah bit juga baik untuk menurunkan hipertensi. Buah ini memiliki kandungan nitrat yang baik untuk tekanan darah sekaligus kesehatan jantung.

Buah ini bisa kamu konsumsi dalam bentuk jus, atau bisa juga kamu tambahkan ke sarapanmu. Bahkan, kamu juga bisa memanggangnya bersama sayuran ataupun jadikan bahan untuk membuat salad.

6. Delima

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Buah ini tentunya sudah tidak asing lagi buat Toppers. Banyak sekali produk yang menggunakan buah delima sebagai salah satu kandungannya karena manfaat yang ditawarkannya.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa buah delima bagus untuk menurunkan tekanan darah. Buah ini baik untuk hipertensi karena kandungan polifenol dan potasium yang dimilikinya.

7. Tomat

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Sebelum kamu bertanya, tomat itu bukan sayur, melainkan buah. Buah merah yang satu ini juga ampuh untuk menurunkan hipertensi.

Tomat dikatakan memiliki kandungan antioksidan, dan salah satu jenis karotenoid yang disebut lycopene. Lycopene ini dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

8. Jeruk

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Banyak orang yang cukup gemar memakan jeruk, baik dalam bentuk buah ataupun jus. Ternyata, buah ini juga dapat menjaga tekanan darah kamu.

Buah ini terkenal atas kandungan vitamin C nya yang tinggi. Penurunan tekanan darah yang ditawarkan bisa dikatakan lebih kecil dibanding buah lain. Namun, penurunannya tetap berpengaruh untuk penderita hipertensi.

9. Semangka

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Untuk menurunkan hipertensi, kamu juga bisa mengkonsumsi buah semangka. Kandungan L-citrulline dan L-arginine pada buah semangka ini membuatnya baik untuk penderita hipertensi.

Kandungan sitrulin sendiri dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Penurunan berkat sitrulin ini biasanya lebih terlihat untuk penderita hipertensi di bagian pergelangan kaki atau lengan atas, apalagi penderita dengan usia 50 tahun ke atas dan berat badan yang berlebih.

10. Nanas

Buah untuk Hipertensi

Sumber Gambar: Unsplash

Buah nanas kaya akan potasium dan mineral. Maka dari itu, buah nanas juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah kamu. Kandungan potasiumnya cukup tinggi sehingga dapat melebarkan pembuluh darah.

Pelebaran ini akan melancarkan alirah darah dan mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah. Penderita penyakit jantung atau pembuluh darah lainnya juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah ini.

Baca juga:

Itu dia, Toppers rekomendasi buah untuk menurunkan hipertensi. Perlu diingat bahwa buah-buahan ini bukan obat untuk hipertensi, melainkan hanya tambahan untuk meredakan hipertensi.

Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa menemukan berbagai macam buah seperti kiwi, nanas, delima, dan buah-buah lainnya di Tokopedia. Yuk, beli sekarang untuk memulai pola hidup yang sehat.

Penulis: Keefe Adrian

Share
Keefe AdrianKeefe Adrian

Related Articles

Tak Perlu Khawatir Batal, Ini Cara Minum Obat Saat Puasa
Kesehatan
Tak Perlu Khawatir Batal, Ini Cara Minum Obat Saat Puasa
© 2009-2023, PT Tokopedia