• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Buah-buahan: Penting Dikonsumsi Tiap Hari

Share

11 Manfaat Buah-buahan: Penting Dikonsumsi Tiap Hari

Manfaat buah-buahan bagi kesehatan. Penuhi berbagai vitamin dan nutrisi penting yang diperlukan tubuh dengan cara praktis.


Konsumsi buah-buahan sangat penting untuk dilakukan guna mendapatkan tubuh yang sehat. Berdasarkan temuan World Health Organization (WHO), terdapat 2,8% atau sebanyak 1,7 juta orang yang mengalami kematian akibat jarang mengonsumsi buah ataupun sayur.

Oleh karena itu, WHO memberikan anjuran bagi setiap orang untuk mengonsumsi minimal 150 gram (g) buah per harinya. Asupan ini bisa kamu penuhi dengan satu buah jeruk, apel, ataupun buah lainnya.

Namun, perlu Toppers catat bahwa 150 g per hari adalah jumlah minimal. Akan lebih baik apabila Toppers mengonsumsi buah lebih banyak lagi (selama dalam jumlah wajar), sehingga mendapatkan gizi maksimal. Toppers juga perlu imbangi dengan makanan sehat lainnya.

Baca Juga:

Manfaat Buah-buahan bagi Kesehatan

manfaat buah buahan
Sumber Gambar: Unsplash

Seringkali, kita melupakan pentingnya asupan buah untuk tubuh. Padahal, buah-buahan secara alami memiliki segudang manfaat yang diperlukan oleh tubuh, lho.

Mulai dari melindungi kamu dari berbagai penyakit serius, memberikan energi, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kinerja otak, dan sebagainya. Penasaran lebih lanjut? Simak daftar khasiat penting yang bisa kamu peroleh:

1. Mencegah Penyakit Serius

Mengonsumsi buah setiap harinya dipercaya mampu mencegah kamu terjangkit dari berbagai penyakit serius, Toppers.

WHO menyebutkan bahwa penyakit jantung koroner (ischaemic heart disease) menjadi salah satu penyebab tingginya kematian di Indonesia. Maka dari itu, untuk mencegah hal itu terjadi, cobalah untuk mengonsumsi buah secara rutin, Toppers.

Sebab, ada penelitian yang menemukan bahwa dengan mengonsumsi buah secara rutin dapat mengurangi terkena risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, stroke, kanker, dan sebagainya.

2. Memenuhi Asupan Vitamin, Nutrisi dan Mineral

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, Toppers perlu memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral.

Kebutuhan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi berbagai jenis buah. Hampir seluruh alfabet vitamin dapat ditemukan di berbagai buah, lho, Toppers.

Berbagai vitamin dan mineral yang ada di buah ini berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh dan memerangi senyawa-senyawa hasil oksidasi, seperti radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh.

3. Memerangi Radikal Bebas

Mungkin sebagian dari Toppers masih belum mengerti dengan istilah radikal bebas. Nah, radikal bebas adalah sel-sel tubuh yang telah rusak sehingga berpotensi mengakibatkan berbagai akibat negatif.

Jika tidak ditangani dengan baik, radikal bebas ini dapat menyebabkan stres oksidatif, stroke, alzheimer, hingga terburuknya adalah kanker. Untuk memerangi radikal bebas ini dibutuhkan zat antioksidan, Toppers.

Perlu Toppers ketahui pula bahwa hampir semua buah memiliki zat antioksidan. Dengan mengonsumsi buah secara rutin diharapkan tubuh menerima zat antioksidan, sehingga mampu memerangi radikal bebas ini. 

4. Menjaga Tubuh Tetap Bugar

Menurut Badan Kesehatan Dunia, seseorang memerlukan asupan serat sebesar 25-29 g setiap harinya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Di samping itu, serat juga baik untuk kesehatan usus, mulai dari mencegah masalah sembelit, wasir, dan divertikulosis. Nah, asupan serat ini bisa kamu dapatkan di berbagai buah, Toppers!

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Berbagai kandungan vitamin C dan vitamin D dalam buah dipercaya dapat mempertahankan massa otot sehingga mampu menjaga kesehatan tulangmu, Toppers.

Ini juga dibuktikan dari studi oleh Florida State University pada 2011 yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah plum kering dapat mencegah osteoporosis.

Tak hanya itu, ada juga studi oleh University of East Anglia yang menemukan bahwa alpukat baik untuk membentuk tulang yang lebih kuat.

Baca Juga:

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Pada dasarnya, buah-buahan juga terkenal akan fungsinya untuk meningkatkan kinerja otak, lho, Toppers. Terutama jenis buah beri-berian, seperti strawberry, blueberry, blackberry, blackcurrant, cranberry, dan sebagainya.

Berbagai buah beri ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat memperkuat memori, mencegah penuaan sel otak, dan mencegah kehilangan memori jangka pendek (short term memory loss).

7. Menghidrasi Tubuh

Menjaga tubuh tetap hidrasi sangat penting untuk dilakukan, Toppers. Ini berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, metabolisme, kinerja otak, dan sel tubuh.

Maka dari itu, kamu diwajibkan untuk minum air putih delapan gelas setiap harinya. Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan agar hidrasi tubuh tetap terjaga.

Ada beberapa buah yang memiliki kadar air tinggi yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah semangka, Toppers. Di dalam semangka, terkandung kadar air hingga 92%, lho. Kamu juga bisa mencoba buah-buah lain berkadar air tinggi, seperti anggur, stroberi, dan apel. 

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Salah satu akibat dari radikal bebas sendiri adalah membuat kulit terlihat semakin tua dan kusam.

Nah, pastinya Toppers tidak mau memiliki kulit yang terlihat tua kan? Mulai saat ini, rutinlah konsumsi buah, ya, Toppers. Sebab, dengan adanya antioksidan yang terkandung dalam buah membuat kulit kita lebih sehat dan kenyal.

Selain itu, buah seperti alpukat juga bagus untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Buah kaya vitamin C juga dapat memproduksi lebih banyak kolagen, yang dimana merupakan jenis protein berserat yang bagus untuk kulit.

9. Memberikan Energi

Selanjutnya, salah satu manfaat buah-buahan adalah membantu menstabilkan kadar gula darah. Ketika gula darah turun, kamu membutuhkan energi yang cukup banyak, Toppers. Dengan kata lain, jika kadar gula darahmu terlalu sedikit, maka kamu akan mudah merasa lelah.

Oleh karena itu, penting bagi Toppers untuk mengonsumsi buah-buahan agar energimu tetap terjaga dan kamu bisa menjalani berbagai aktivitas dengan baik.

Di sisi lain, jangan biasakan makan gula olahan yang terkandung dalam junk food. Sebab, gula tersebut jauh lebih berbahaya daripada manfaatnya.

10. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memegang peran penting dalam tubuh, yakni berfungsi untuk mencerna dan menyerap berbagai nutrisi serta cairan yang terkandung dalam makanan.

Agar sistem pencernaan sehat, Toppers membutuhkan berbagai asupan buah. Sebab, gabungan dari kandungan serat, air hingga antioksidan dalam buah dapat membantu menjaga seluruh sistem pencernaan agar lebih sehat.

Adapun buah yang sangat baik untuk pencernaan adalah pepaya. Ini mengandung enzim papain yang berguna untuk membantu memecah jenis makanan tertentu. Bonusnya lagi, pepaya juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan beberapa sel kanker.

11. Menurunkan Berat Badan

Toppers sedang ingin menurunkan berat badan? Buah, menjadi makanan yang tepat untuk kamu konsumsi selama diet.

Sebab, buah-buahan mengandung serat yang tinggi. Guna dari serat sendiri adalah membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menekan nafsu makan, Toppers.

Ada beberapa jenis buah yang bagus untuk kamu konsumsi selama program diet. Mulai dari apel, alpukat, pisang, mangga, dan sebagainya.

Baca Juga:

Mengonsumsi buah memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Terlebih lagi, dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti kanker.

Oleh karena itu, mulai sekarang, diharapkan Toppers dapat lebih banyak mengonsumsi buah, ya! Dengan demikian, asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh juga dapat terpenuhi dengan baik.

Kamu juga bisa menemukan berbagai buah-buahan segar dengan prakits tanpa keluar rumah hanya di Tokopedia!


alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Penulis: Oeren Lee

© 2009-2024, PT Tokopedia