11 Manfaat Cranberry: Buah Merah dengan Vitamin Melimpah

0
356
cranberry, buah cranberry
Sumber Gambar: Pexels

Manfaat cranberry, buah merah cantik yang rendah kalori dan tinggi nutrisi. Kaya antioksidan yang dukung kesehatan dan daya tahan.


Sering tertukar dengan cherry rupa buah satu ini memang bulat dan berwarna merah juga. Tapi meskipun sepintas terlihat mirip, keduanya berbeda, lho. Dibandingkan dengan jenis berry lainnya, cranberry memiliki tekstur kulit keras, sehingga tidak mudah busuk.

Masyarakat Amerika sudah menonsumsi buah ini sejak 1550. Ciri khas buah cranberry memiliki rasa masam dan sedikit manis. Ia juga sering digunakan sebagai bahan pelengkap masakan karena rasanya yang lezat.

Di balik rasanya yang unik dan tampilanya yang rupawan, buah ini ternyata merupakan sumber antioksidan. Sebelum bahas lebih dalam terkait nutrisi dan manfaat buah cranberry, yuk simak dulu fakta seputar si merah satu ini:

  • Nama cranberry diduga berasal dari bahasa Jerman dan Belanda.
  • Buah satu ini selain dikonsumsi juga bisa dijadikan bahan pewarna kain.
  • Tumbuhan cranberry yang banyak terpapar sinar matahari memiliki kandungan antioksidan paling tinggi.
  • Hanya ada sekitar 5% buah cranberry yang dijual segar sisanya sudah diolah dalam bentuk minuman sari buah atau jus, maupun saus.

Baca Juga: Manfaat Buah Zaitun: Acar Nikmat, Beribu Khasiat

Kandungan Buah Cranberry

kandungan cranberry, nutrisi cranberry
Sumber Gambar: Food and Recipe

Cranberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan, namun rendah kalori. Bayangkan saja dalam 100 gram (g) cranberry hanya terdapat sekitar 46 kalori. Selain rendah kalori dan tinggi kandungan air berikut ini nutrisi lainnya yang bisa kamu temukan:

  • Kalori: 46 kilokalori (kkal)
  • Air: 87% 
  • Protein: 0,4 g
  • Karbohidrat: 12,2 g
  • Gula: 4 g
  • Serat: 4,6 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Folat: 1 milligram (mg)
  • Niasin: 0.101 mg
  • Asam pantotenat: 0,295 mg
  • Piridoksin: 0,057 mg
  • Riboflavin: 0,020 mg
  • Thiamin: 0,012 mg
  • Vitamin A: 60 International Unit (IU)
  • Vitamin C: 13,3 mg
  • Vitamin E: 1,20 mg
  • Vitamin K: 5,1 mg

Baca Juga: Manfaat Buah Delima: Super Fruit Sumber Antioksidan Tinggi

Manfaat Buah Cranberry

manfaat cranberry, manfaat buah cranberry
Sumber Gambar: Foodtrients

Melihat kandungan vitamin yang melimpah, tidak heran buah ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari melawan penuaan, mengatasi infeksi saluran kemih, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut daftar khasiat lengkap jika rutin dikonsumsi:

1. Sumber Antioksidan

Salah satu kandungan tertinggi pada buah cranberry adalah kaya akan antioksidan. Senyawa ini diketahui dapat memperlambat proses oksidasi. Kehadiran antioksidan sangat diperlukan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat oksidasi radikal bebas.

Banyak orang yang sudah menyadari mobilitas tinggi menyebabkan rentan terpapar polusi, sinar ultraviolet, dan zat beracun lainnya di lingkungan sekitar.

Salah satu cara melindungi tubuh dari zat berbahaya tersebut dengan cara konsumsi buah dan sayur yang banyak kandungan antioksidan seperti cranberry sangat diperlukan.

2. Melawan Penuaan

Menurut penelitian faktor utama penyebab penuaan dini adalah radikal bebas. Sifat antioksidan pada cranberry dapat dimanfaatkan untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel kulit. Selain itu buah ini juga memberikan nutrisi dan membuat kulit terasa lebih kenyal.

Agar bisa merasakan khasiatnya campurkan dua sendok makan cranberry kering dan seperempat sendok makan minyak esensial. Oleskan campuran tersebut selama 10 menit pada kulit wajah setelah itu bilas hingga bersih.

3. Mendukung Kesehatan Pasca Menopause

Toppers, tahukah kamu kalau setelah menopause risiko terserang berbagai penyakit termasuk  gangguan jantung meningkat. Sebuah studi pada 2013 menunjukan konsumsi cranberry setiap hari dengan takaran tertentu dapat mengurangi jumlah kolesterol.

Buah ini juga cocok dijadikan suplemen makan yang berguna untuk para perempuan setelah menopause.

4. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Selain antioksidan cranberry mengandung senyawa polifenol yang tinggi. Zat ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung. Orang yang minum jus cranberry setiap hari terbukti memiliki tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah pada darahnya.

Studi lain menunjukan manfaat cranberry lainnya bagus untuk mendukung kesehatan orang dengan penyakit arteri koroner.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sama seperti sayur dan buah lainnya yang tinggi vitamin, antioksidan dan fitokimia yang terkandung pada buah cranberry dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah tubuh mudah terserang penyakit.

Cobalah konsumsi buah atau jus cranberry setiap hari untuk menyeimbangkan dengan aktivitasmu yang padat.

alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Semangka: Buah Kaya Kandungan Air yang Menakjubkan

6. Melindungi Gigi dari Kerusakan

Menurut peneliti di kantor pusat kesehatan  oral dan biologi, kandungan proanthocyanidins bermanfaat untuk mencegah penyakit gusi dan bakteri yang mengikat gigi.

Dengan kata lain selain memberi kesegaran konsumsi cranberry bisa mencegah karies dan masalah gusi lainnya.

7. Mencegah Infeksi

Meskipun dibutuhkan penelitian lebih banyak namun manfaat buah cranberry lainnya yang harus kamu tahu adalah melawan berbagai infeksi akibat bakteri dan virus termasuk norovirus penyebab penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Buah ini juga bersifat antiinflamasi atau dapat meredakan perdangan.

8. Bantu Kurangi Berat Badan

Memang benar makan dan buah-buahan saya tidak cukup untuk bantu kurangi berat badan. Kamu perlu mengkombinasikan olahraga dan menjaga asupan makanan untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Ahli gizi mengatakan cranberry memberikan efek pengemulsi pada lemak agar tidak menumpuk dalam tubuh. Selain itu serat dalam buah merah ini juga dapat membantu kamu kenyang lebih lama.

9. Menutrisi Otak

Tidak hanya mencegah berbagai penyakit, manfaat antioksidan dan efek inflamasi juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dan koordinasi otak.

Kamu bisa konsumsi cranberry kering sebagai camilan atau juga berbagai jenis minuman olahannya untuk punya daya ingat yang cemerlang.

10. Memelihara Sistem Pencernaan

Manfaat cranberry juice bisa untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan. Saluran ini sangat penting karena berfungsi untuk mencerna, memecah, dan menyerap zat gizi yang kemudian disebarkan melalui darah ke seluruh tubuh.

Gangguan pencernaan dapat menyebabkan malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

11. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Kandungan anti-bakteri pada cranberry dalam jumlah tinggi ternyata efektif mengatasi gangguan saluran kemih atau ISK.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan nyeri pinggul, frekuensi buang air kecil meningkat, nyeri saat buang air kecil, dan terdapat darah pada urin yang dikeluarkan. Infeksi ini harus segera diatasi karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur: Buah Mungil yang Berkhasiat Besar

Cara Konsumsi Buah Cranberry

cara konsumsi cranberry
Sumber Gambar: McCormick

Si asam-manis ini selain dimakan secara mentah juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Seperti selai, topping untuk kue, jus, cranberry kering, dan masih banyak lainnya.

Menurut pakar nutrisi cara konsumsi cranberry paling efisien agar nutrisi yang terkandung tetap terjaga dengan cara membuat jus. Berikut ini cara membuat cranberry juice yang enak dan segar:

  • Bekukan buah cranberry dalam mesin pendingin.
  • Blender 100 gram buah cranberry yang sudah dibekukan pada 500 mililiter air.
  • Tambahkan gula atau madu secukupnya.
  • Kamu juga bisa menambahkan topping atau buah-buahan lainnya sesuai selera.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga: Superfood dengan Kandungan Superior

Toppers, meskipun buah segar ini aman dikonsumsi namun jumlah yang berlebihan bisa memberikan efek samping tidak baik untuk kesehatan. Beberapa masalah yang timbul akibat makan buah cranberry berlebihan seperti diare dan reaksi hipersensitivitas.

Untuk itu, penting sekali membuat pola makan sehat yang seimbang. Beli buah cranberry segar dan berbagai produk olahan lainnya seperti selai di Tokopedia, lebih praktis dan hemat!


buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Penulis: Andina Naza Apriliani