• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

02 August 2022

Share

15 Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Daftar buah yang mengandung vitamin C dengan jumlah tinggi, penuhi kebutuhan harianmu dengan sumber alami dari buah segar!


Vitamin C merupakan vitamin yang dapat larut dalam air yang ditemukan di banyak makanan, terutama buah-buahan.

Vitamin ini terkenal sebagai antioksidan yang kuat, memiliki efek positif pada kesehatan kulit, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, sangatlah penting bagi kita untuk mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup guna mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C bagi Tubuh, Tak Hanya Tingkatkan Imun!

Kebutuhan Vitamin C per Hari

Agar kebutuhan vitamin C harian kamu terpenuhi, kamu perlu mengikuti standar yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013.

Berikut ini nilai kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan sesuai golongan umur:

  • 40 – 45 miligram (mg) per hari untuk anak di atas satu tahun.
  • 65 – 90 mg per hari untuk remaja berusia di atas 12 tahun.
  • 75 – 90 mg per hari untuk orang dewasa di atas 18 tahun.

Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Setelah mengetahui besaran vitamin C yang perlu kita konsumsi berdasarkan kelompok usia tertentu. Yuk, simak buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C alami berikut ini agar kebutuhan nutrisi harian kamu terpenuhi:

1. Blackcurrant

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 181 mg

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah blackcurrant yang berasal dari Eropa ini juga kaya akanvitamin A, vitamin C, serta antioksidan, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan antosianin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Blackcurrant juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

Beli Buah Blackcurrant Berkualitas di Sini

2. Lemon

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 53 mg

Lemon adalah salah satu sumber vitamin C terbaik. Untuk mendapatkan manfaat lemon untuk kesehatan, Toppers bisa mengonsumsinya secara langsung, mencampurkannya dengan minuman seperti teh, ataupun air putih dan bahan lain.

Selain bermanfaat untuk tubuh, lemon juga bermanfaat untuk kulit wajah. Lemon memiliki antioksidan yang membantu melindungi sel kulit dari tanda-tanda penuaan dini akibat radikal bebas.

Beli Buah Lemon Berkualitas di Sini

3. Blewah

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 36,7 mg

Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, buah blewah juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti vitamin B kompleks, folat, vitamin E, vitamin K, zinc, kolin, selenium, zat besi, dan antioksidan, misalnya flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan karoten.

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, buah blewah memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya, mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan kulit, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan mata.

Beli Buah Blewah Berkualitas di Sini

4. Tomat

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 23 mg

Selain terkenal karena kandungan vitamin C, tomat juga kaya akan vitamin A. Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah, karena kandungan vitaminnya lebih banyak jika dibandingkan dengan yang hijau.

Warna merah menandakan tomat mengandung lebih banyak lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet.

Beli Buah Tomat Berkualitas di Sini

5. Jambu Biji

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 228,3 mg

Buah tropis berdaging merah muda ini berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan.

Sebuah studi yang melibatkan 45 orang yang muda dan sehat menemukan bahwa makan 400 gram jambu biji yang dikupas per hari, atau sekitar 7 buah buah ini, secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total mereka.

Beli Buah Jambu Biji Segar Berkualitas di Sini

6. Kiwi

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 93 mg 

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah Kiwi yang kaya vitamin C dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebuah studi pada 30 orang sehat berusia 20–51 menemukan bahwa makan 2-3 kiwi setiap hari selama 28 hari dapat menurunkan trigliserida sebesar 15%. Ini dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.

Studi lain pada 14 pria dengan kekurangan vitamin C menemukan bahwa makan dua kiwi setiap hari selama empat minggu meningkatkan aktivitas sel darah putih sebesar 20%. Kadar vitamin C dalam darah menjadi normal setelah hanya satu minggu.

Beli Buah Kiwi Segar Berkualitas di Sini

7. Cabai

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 242,5 mg

Selain kaya akan kandungan vitamin C, cabai kaya akan capsaicin, senyawa yang membuat rasa pedas pada cabai. Capsaicin dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan atau inflamasi.

Beberapa bukti juga membuktikan bahwa sekitar satu sendok makan (10 gram) bubuk cabai merah dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak.

Beli Cabai Segar Berkualitas di Sini

8. Paprika

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 242,5 mg

Kandungan vitamin C pada paprika akan lebih meningkat saat matang.

Mengonsumsi vitamin C yang tinggi dalam paprika baik untuk kesehatan mata dan dapat membantu melindungi dari perkembangan katarak.

Sebuah penelitian di lebih dari 300 wanita menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan vitamin C lebih tinggi memiliki risiko perkembangan katarak 33% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang asupannya rendah.

Beli Paprika Segar Berkualitas di Sini

9. Stroberi

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 59 mg

Stroberi mengandung campuran vitamin C, mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan bermanfaat lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidannya yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia, dan diabetes.

Beli Buah Stroberi Segar Berkualitas di Sini

Baca Juga: Merk Vitamin C Terbaik untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh!

10. Pepaya

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 61 mg 

Kandungan vitamin C dalam pepaya juga membantu memori dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat untuk otak.

Dalam sebuah penelitian, 20 orang dengan Alzheimer ringan diberi ekstrak pepaya pekat selama enam bulan. Hasilnya menunjukkan penurunan peradangan dan pengurangan stres oksidatif sebesar 40%.

Beli Buah Pepaya Segar Berkualitas di Sini

11. Jeruk

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 53 mg

Sering dikonsumsi banyak orang, jeruk merupakan bagian penting dari asupan vitamin C harian.

Buah jeruk lainnya juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C kamu. Misalnya, setengah jeruk bali mengandung 44 mg atau 73% dari AKG, mandarin mengandung 24 mg atau 39% dari AKG dan jus dari satu jeruk nipis mengandung 13 mg atau 22% dari AKG.

Beli Buah Jeruk Segar Berkualitas di Sini

12. Leci

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 71,5 mg

Selain tingginya kandungan vitamin C pada Leci, buah ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah.

Kandungan vitamin C yang banyak pada leci dikenal karena perannya dalam sintesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

Sebuah studi pada 196.000 orang menemukan bahwa mereka dengan asupan vitamin C tertinggi mengalami penurunan risiko stroke sebesar 42%.

Beli Buah Leci Segar Berkualitas di Sini

13. Mangga

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 36,4 mg

Mangga secara alami kaya akan vitamin C dan beta-karoten yang baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mangga hijau sebenarnya memiliki lebih banyak kandungan vitamin C daripada mangga kuning atau merah.

Beli Buah Mangga Segar Berkualitas di Sini

14. Nanas

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 47,8 mg

Nanas mengandung sejumlah besar vitamin C, mineral yang jarang ditemukan dalam makanan alami, dan mangan.

Kandungan nutrisi dalam nanas yang tinggi menjadikan buah ini tambahan yang bagus untuk dikonsumsi sehari-hari.

Beli Buah Nanas Segar Berkualitas di Sini

15. Arecola Cherry

  • Jumlah vitamin C per porsi (100 g): 1.667 mg

Buah ceri acerola  merupakan salah satu buah yang berasal dari pedalaman hutan Amazon di Amerika Selatan. Buah acerola merupakan salah satu buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi.

Penelitian pada hewan menggunakan ekstrak acerola telah menunjukkan bahwa buah ini mungkin memiliki sifat melawan kanker, membantu mencegah kerusakan kulit akibat UVB, dan bahkan dapat mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh pola makan yang buruk.

Beli Buah Ceri Segar Berkualitas di Sini

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C?

Ternyata, banyak sekali ya buah-buahan dengan sumber vitamin C yang tinggi. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah-buahan tersebut mengandung nutrisi yang melimpah untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Perhatikan jumlah kebutuhan harian kamu dan usahakan agar angka itu terpenuhi, Toppers. Karena, dengan cukupnya vitamin C yang ada di dalam tubuh, sistem imunitas kamu akan terjaga sehingga kamu terhindar dari virus dan penyakit.

buah-buahan

Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Penulis: Naura Nadira Az-Zahra

© 2009-2024, PT Tokopedia