• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C?

19 March 2020
Share
Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C?

Jangan sembarangan saat konsumsi vitamin C! Cari tahu waktu terbaik minum vitamin C agar semakin efektif diserap oleh tubuh.


Mungkin kamu menyadari akan pandemi virus COVID-19 belakangan ini. Banyak orang bersaingan membeli berbagai kebutuhan seperti masker, hand sanitizer, dan juga vitamin

Mempraktikkan pola hidup yang sehat itu sangat penting untuk kesehatan dan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang virus penyakit. Nah, salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin C

Vitamin C bukanlah suplemen yang baru di kalangan masyarakat. Mungkin Toppers sendiri juga mengonsumsi Vitamin C setiap hari. Tapi, tahukah kamu mengenai waktu-waktu optimal untuk meningkatkan keampuhan suplemen tersebut?

Yuk cari tahu waktu yang tepat untuk minum Vitamin C!

campaign vitamin daya tahan tubuh
Perkuat imunitas dengan vitamin daya tahan tubuh pilihan, nikmati diskonnya!

Baca juga: selain tingkatkan imun, berikut manfaat vitamin c bagi tubuh

Waktu Yang Tepat Minum Vitamin C

minum vitamin c sebelum makan
Sumber gambar: Unsplash

1. Sebelum Makan Adalah Waktu Paling Optimal

Vitamin C disebut juga dengan L-absorbic Acid. Jenis vitamin ini larut dalam air dan tidak perlu mengonsumsinya dengan makanan. Artinya, waktu terbaik adalah di pagi hari, 30 menit sebelum makan. Atau bisa juga 2 jam sesudah makan ,agar makanan dicerna terlebih dahulu. 

Tapi, tidak jarang sebagian besar orang merasa mual atau bahkan diare ketika mengonsumsi vitamin C dalam keadaan perut kosong. Terutama, jika dosis vitamin C nya tinggi. 

Bagaimana jika Toppers mengalami hal ini?

waktu terbaik minum vitamin c
Sumber Gambar: Unsplash

2. Konsumsi Dengan Makanan Jika Merasa Mual

Menurut dokter spesialis Robert Zembroski, bagi yang memiliki saluran pencernaan sensitif, sebaiknya mengonsumsi Vitamin C dengan makanan. Proses ini akan menghindari  kamu dari rasa mual. Yang paling penting, usahakan dikonsumsi dalam jam waktu yang sama setiap hari. 

Bagi kamu yang minum vitamin C dalam dosis tinggi (lebih dari 500 mg), sebaiknya membagi dosis menjadi dua kali dalam sehari. Misalnya setengah dosis diminum setelah sarapan dan setengahnya lagi setelah makan siang. 

Pembagian dosis ini bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan Vitamin C oleh tubuh. Saat kita mengonsumsi Vitamin C dengan dosis tinggi sekaligus, sebagian besar dari khasiat tersebut akan dibuang oleh tubuh melalui urin. 

waktu terbaik minum vitamin c
Sumber Gambar: Pixabay

3. Hindari Vitamin C Di Malam Hari Jika Sulit Tidur

Ada beberapa orang yang melaporkan sulit tidur saat meminum Vitamin C berdosis tinggi di waktu malam. Apakah ini terjadi dengan kamu? 

Walau belum ada penelitian resmi mengenai topik ini, tidak ada salahnya untuk menghindar dengan mengonsumsi Vitamin C di pagi atau siang hari. 

Atau ikuti dosis yang direkomendasikan oleh National Institutes of Health: 75 mg/ hari untuk wanita dewasa dan 90 mg / hari untuk pria dewasa. 

Tahukah kamu merokok bisa membuat tubuh Toppers kekurangan Vitamin C? Bagi yang merokok, tambahkan 35 mg / hari nya dari dosis yang direkomendasikan.

baca juga: daftar merk vitamin c terbaik untuk perkuat daya tahan tubuh

waktu yang tepat minum vitamin c
Sumber Gambar: Pexels

4. Hindari Minum Vitamin C Sebelum Olahraga

Beberapa penelitan menyarankan bahwa minum Vitamin C sebelum olahraga dapat menetralisir keefektifan Vitamin C tersebut. 

Kandungan antioksidan dalam Vitamin C dipercaya dapat menghambat inflamasi yang terjadi saat sel otot bekerja ketika kita berolahraga. Mungkin kamu bertanya, bukannya ini malah hal positif?

Sebenarnya, inflamasi yang terjadi saat olahraga diperlukan oleh tubuh untuk proses adaptasi dan perkembangan otot. Karena itu, waktu terbaik minum vitamin C adalah sebelum olahraga atau sekitar 6 jam setelah olahraga.

Hal ini ditekankan terutama pada atlet kompetitif atau orang yang sering melakukan olahraga aerobik, seperti kardio lari, berenang, dan bersepeda. 

waktu terbaik minum vitamin c
Sumber Gambar: Unsplash

5. Minum Vitamin C dengan Makanan Kaya Akan Zat Besi

Tahukah Toppers, Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh? Bagi penderita anemia atau kekurangan darah, kamu bisa mengombinasikan vitamin C, baik dalam bentuk makanan maupun suplemen, dengan makanan tinggi akan zat besi.

Contoh makanan dengan kandungan zat besi tinggi seperti, daging merah, kacang-kacangan, dan tahu. 

Hal ini tidak disarankan untuk penderita hemokromatosis, di mana kadar zat besi yang berlebihan di dalam tubuh. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan dan penyakit autoimun.

campaign vitamin daya tahan tubuh
Perkuat imunitas dengan vitamin daya tahan tubuh pilihan, nikmati diskonnya!

baca juga: minuman penambah daya tahan tubuh, perkuat ‘benteng’ imun

Nah, inilah waktu terbaik untuk minum Vitamin C yang wajib Toppers ketahui. Dengan informasi ini, kamu bisa menyusun waktu yang tepat untuk minum Vitamin C agar memaksimalkan keefektifannya dalam menjaga sistem imun tubuh. 

Di Tokopedia, tentunya kamu bisa mencari suplemen vitamin terbaik dan produk kesehatan lainnya.

© 2009-2023, PT Tokopedia