• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Ini Dia 5 Bunga Khas Imlek dan Maknanya, Mana Favoritmu?

13 January 2023

Share

Ini Dia 5 Bunga Khas Imlek dan Maknanya, Mana Favoritmu?

Saat perayaan Tahun Baru China, bunga jadi salah satu unsur penting. Simak daftar bunga khas Imlek yang cantik nan memikat berikut ini!


Hi Toppers! Enggak kerasa sebentar lagi sudah mau memasuki Tahun Baru Imlek, ini saatnya untuk mendekorasi rumah untuk memeriahkan suasana.

Selain menggunakan pernak-pernik Imlek, menggunakan bunga sebagai dekorasi juga ide yang bagus untuk menyemarakkan perayaan Chinese New Year pada 2023 ini. 

Berikut adalah list beberapa bunga khas perayaan imlek yang bisa kamu jadikan pilihan!

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Tahun Baru Imlek DIY Terbaik

Bunga Khas Imlek

Agar dekorasi Imlek di rumah tampak harmonis, kamu bisa pilih bunga khas Imlek di bawah ini. Tak hanya cantik, masing-masing bunga khas Imlek ini memiliki maknanya tersendiri, lho!

1. Bunga Mei Hwa

bunga khas imlek, dekorasi bunga imlek

Sumber Gambar: Best Plant

Bunga Mei Hwa adalah bunga asal Tiongkok yang sangat cantik. Bunga mei hwa sendiri dalam bahasa mandarin berarti bunga yang cantik. “Mei” itu artinya cantik dan “Hwa” itu artinya bunga.

Bunga Mei Hwa berukuran kecil dan warnanya ada yang pink dan merah. Pedagang bunga di pasar biasa menjual mei hua lengkap dengan batangnya.

Menurut pedagang di pasar modern, bunga tersebut harganya mulai Rp 130 ribu untuk mei hua merah muda yang potongannya pendek. Ranting dan bunga mei sudah dipotong dari pohon dan bisa awet.

Pohon yang berwarna merah muda ini selalu dijadikan hiasan Imlek bagi warga Tionghoa. Tanaman mei hua dijadikan hiasan imlek dan juga biasa pohon tersebut dihias dengan berbagai aksesoris seperti angpao warna merah, lampu, hingga gantungan kunci yang lucu-lucu. 

Makna Bunga Mei Hwa

Orang tiongkok percaya bahwa bunga mei hwa adalah bunga yang ditanam oleh Dewi Kwan Im selama sebelum hari perayaan imlek.

Bunga mei hwa seringkali dikira bunga sakura, padahal mereka berbeda tetapi masih satu jenis. Kalau Mei Hwa disebut dengan plum blossom, sakura disebut dengan cherry blossom.

Pohon mei hua juga memiliki simbol yang diyakini akan memberikan kemakmuran, kesejahteraan, dan keberuntungan bagi siapa saja yang memasang pohon ini di rumahnya, sehingga tidak jarang dari mereka yang menggunakan pohon ini saat Imlek tiba.

Uniknya dari bunga ini adalah ia masih bisa bertumbuh walaupun dalam keadaan dingin dan cuaca yang tak pasti. Maka dari itu, orang-orang percaya bahwa bunga ini adalah menyimbolkan kekuatan dan ketaguhan.

2. Lucky Bamboo

bunga khas imlek, dekorasi bunga imlek

Sumber Gambar: Feng Shui – LoveToKnow

Lucky bamboo atau bambu beruntung (tetapi pada kenyataannya bukan milik keluarga bambu tapi disebut Dracaena sanderiana) adalah salah satu tanaman yang paling populer di Tiongkok, terutama selama periode tahun baru Imlek.

Makna Bunga Lucky Bamboo

Pohon ini adalah simbol keberuntungan dan kemakmuran. Ada 5 elemen Feng Shui di dalamnya, yaitu:

  • Elemen Kayu: Tumbuhan itu sendiri.
  • Elemen Bumi: Batu/kerikil yang menopang tanaman.
  • Elemen Logam: Wadah logam atau jika kamu tidak memilikinya, kamu dapat menggantung 3 koin kaisar Tiongkok di atasnya.
  • Elemen Air: Air yang memberi makan tanaman.
  • Elemen Api: Ikatkan pita merah di sekitar tangkai bambu atau wadah.
dekorasi imlek

Imlek lebih meriah dan sempurna dengan dekorasi wajib ini!

Baca Juga: Mengapa Imlek Identik dengan Hujan? Benarkah Keberuntungan?

3. Pohon Jeruk Mandarin

bunga khas imlek, dekorasi bunga imlek

Sumber Gambar: Dangerous Prototypes

Dalam bahasa Kanton, pohon jeruk Mandarin disebut Gam Get See yang memiliki arti emas dan keberuntungan. Warna orange di pohon ini dilambangkan sebagai warna emas yang berarti uang dan energi yang positif.

Sehingga dengan makna yang baik, pemasangan pohon jeruk mandarin ini diharapkan mampu memberikan hal-hal positif untuk tahun yang akan datang. Pohon jeruk Mandarin adalah ide dekorasi rumah yang bagus untuk di dalam ruangan untuk mengantarkan kekayaan dan kelimpahan.

Beberapa juga mengatakan bahwa jeruk Mandarin mewakili energi positif matahari dan dimaksudkan untuk mengangkat semangat. Pohon-pohon biasanya ditempatkan berpasangan, satu di setiap sisi pintu masuk.

4. Bunga Bakung

bunga khas imlek, dekorasi bunga imlek

Sumber Gambar: Flickr/Kai Yan, Joseph Wong

Bunga Bakung, atau bunga lily adalah simbol kemakmuran dan keberuntungan. Bunga Bakung putih melambangkan kesucian, kebajikan dan juga simbol kemurnian. Bunganya besar dan indah dan tersedia dalam banyak warna: ungu, pink, oranye, merah, putih dan kuning.

Menjelang imlek, pedagang biasa menjual bunga bakung potong. Selain pedagang yang menjual bunga bakung, biasa orang-orang juga menanam bunga bakung di rumahnya.

Pada saat bunga bakung sudah tumbuh, mereka tinggal memindahkannya ke dalam vas dan langsung dijadikan untuk dekorasi rumah yang cantik.

5. Bunga Krisan

bunga khas imlek, dekorasi bunga imlek

Sumber Gambar: Country Living Magazine

Bunga Krisan memiliki simbol yang bagus. Kehadiran krisan di dalam rumah diharapkan dapat membuat pemiliknya panjang umur. Sama seperti bakung, krisan juga kaya warna.

Warna yang paling umum adalah kuning dan oranye. bunga krisan merah menyiratkan makna dari sebuah cinta, krisan kuning menyimbolkan kebahagiaan dan keceriaan. krisan putih pada bunga krisan dimaknai sebagai kesetiaan dan cinta yang berbakti.

Krisan ungu yang unik dan jarang ditemui memiliki makna semangat yang sangat cocok untuk diberikan sebagai ungkapan sayang kepada para sahabat.

Saat Imlek tiba, krisan bisa ditata di vas bunga dan akan terlihat cantik.

Baca Juga: Sejarah & Asal-usul Imlek, Kenapa Identik dengan Warna Merah?

Dari bunga khas perayaan Imlek ini, mana yang jadi favoritmu Toppers?

Penulis: Audrylea Reika

© 2009-2024, PT Tokopedia