Langkah Tepat Atasi Luka Akibat Menyusui

49
hal yang harus diperhatikan agar bayi tidur nyenyak - buat kamar tenang dan tidak berisik sehingga mengganggu bayi
sumber foto: cnn.com

Merasakan menjadi Ibu untuk pertama kalinya, pasti banyak menemukan hal-hal baru yang belum pernah dihadapi, termasuk pengalaman dalam menyusui. Memberikan ASI pada anak bisa menimbulkan luka, untuk itu Bunda harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.


Cara Atasi Luka Akibat Menyusui – Tidak sedikit para Bunda mengalami kesulitan di saat memberikan ASI kepada sang anak. Contohnya, terjadi luka atau lecet pada puting Bunda. Puting yang lecet merupakan masalah yang lumrah terjadi pada ibu menyusui. Selain membuat Bunda kesakitan, ASI pun bisa tercampur dengan darah.

Di saat puting Bunda terlihat memerah dan disertai dengan rasa gatal atau sakit, kemungkinan Bunda mengalami sariawan puting yang biasa disebabkan oleh candida albicans. Istilah tersebut mengartikan adanya jamur yang berkembang di tempat lembab dan hangat pada tubuh manusia. Biasa terdapat di mulut, area popok, bra, vagina, dan juga puting payudara.

BACA JUGA: 11 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas & Lebih Bernutrisi!

Untuk mengetahui gejala sariawan puting lainnya adalah di saat Bunda merasakan sakit yang menusuk. Rasa sakit yang tidak kunjung berkurang meskipun Bunda sudah mengganti posisi menyusui.

Nah, jika hal itu terjadi ada baiknya Bunda mengetahui bagaimana cara mengatasinya sebelum pergi ke dokter. Nyeri pada puting memang biasa terjadi pada ibu menyusui, namun agar Bunda tetap nyaman di saat menyusui ada beberapa cara atasi puting yang luka akibat menyusui.

Cara Tepat Atasi Luka dan Lecet Akibat Menyusui

1. Obati dengan ASI

Kandungan pada ASI memang memiliki berbagai khasiat, termasuk dalam menyembuhkan lecet pada puting sang Bunda. ASI memiliki kandungan anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengobati puting lecet, serta mengurangi rasa perih dan nyeri.

Bunda cukup oleskan saja beberapa tetes ASI pada bagian puting yang lecet di saat sebelum dan sesudah menyusui. Setelah itu, Bunda bisa tunggu hingga mengering.

2. Kompres dengan Air Hangat

Mengompres dengan air hangat bisa jadi salah satu cara sembuhkan puting lecet akibat menyusui. Gunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat. Bunda bisa kompres payudara dengan air hangat sebelum menyusui. Hal ini dapat mengurangi rasa perih dan nyeri.

Selain itu, Bunda juga bisa membersihkan area puting dan dapat meningkatkan produksi ASI dengan mengompres payudara dengan air hangat. Ditambah lagi, Bunda juga bisa mandi menggunakan air hangat agar memaksimalkan penyembuhan.

3. Gunakan Pelembab Alami

Permukaan kulit yang lecet cenderung memiliki kulit yang kering. Untuk itu, ada baiknya Bunda mencoba untuk gunakan pelembab alami. Gunakan lah minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak almond untuk menambah kelembaban pada area puting yang lecet.

BACA JUGA: Si Kecil Susah Tidur Nyenyak? Simak 7 Tips Menidurkan Bayi Ini!

gendongan bayi kaos

4. Konsumsi Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki kandungan anti-mikroba dan anti inflamasi yang dapat berguna untuk mengobati lecet pada puting.

Cara penggunaannya celupkan kantung teh chamomile ke air hangat. Setelah Bunda peras, bisa langsung tempelkan pada area puting yang lecet dalam waktu beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat sebelum memberikan ASI kepada anak.

5. Gunakan Bahan Alami

Memilih cara atasi puting lecet akibat menyusui bisa dengan cara menggunakan berbagai bahan alami. Contohnya saja menggunakan lidah buaya untuk mengobatinya. Lidah buaya dipercaya memiliki khasiat alami yang dapat menyembuhkan luka.

Namun, jangan lupa untuk membersihkannya di saat ingin menyusui, agar tidak tertelan oleh anak. Jika tertelan bisa menyebabkan diare pada si kecil.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Si Kecil dengan 10 Sikat Gigi Bayi Terbaik

Kini, Bunda tidak perlu khawatir lagi akan puting lecet akibat menyusui karena luka tersebut kini bisa dirawat di rumah tanpa harus pergi ke dokter. Masalah ibu menyusui satu ini memang sering ditemui. Namun, Bunda tetap tidak boleh menyepelekannya. Jika sakit yang dialami berlebihan, jangan ragu untuk segera hubungi dokter, ya.

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel