Si Kecil Susah Tidur Nyenyak? Simak 7 Tips Menidurkan Bayi Ini!

633
tips mudik bersama bayi
Sumber gambar: Pexels

Tips Menidurkan Bayi – Sebagai orang tua, melihat bayi tidur pulas dan nyenyak merupakan suatu kesenangan tersendiri. Tapi, bagaimana kalau si kecil ternyata susah tidur atau kerap kali terbangun di saat tidur? Tentunya sebagai orang tua dibutuhkan kesabaran ekstra karena jam tidur bayi yang kerap tidak menentu.

Ada banyak sekali faktor yang membuat si kecil rewel saat tidur. Mulai dari Jam tidur bayi memang belum teratur, situasi tidur yang tak nyaman, perlengkapan tidur bayi yang kurang nyaman, hingga bayi yang terus-terusan lapas.

Untuk mengatasi agar masalah bayi rewel saat tidur, berikut tips menidurkan bayi agar tidur nyenyak yang bisa Bunda coba untuk buah hati:

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Desain Kamar Bayi Aman dan Nyaman

Tips Bayi Tidur Nyenyak

1. Mandikan bayi dengan air hangat

Sabun Bayi untuk Wajah

Memandikan si kecil dengan air hangat bisa menjadi cara untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak yang cukup ampush. Saat memandikan si kecil, berikan juga pijatan lembut serta penuh dengan kasih sayang untuk merelaksasikan otot – otot bayi.

Usahakan untuk menjaga suasana disekitarnya tetap pelan dan tenang agar mandi bisa menjadi sesuatu yang menenangkan untuk buah hati. Untuk membuat bayi tetap hangat dan nyaman, Bunda juga bisa membungkus bayi menggunakan bedong agar ia lebih merasa hangat.

2. Beri bayi makan atau susui sebelum tidur

Untuk mencegah bayi terbangun di tengah malam karena haus atau lapar, lebih baik diberi makan atau susui dulu sebelum tidur. Menurut para ahli psikologis dan kesehatan bayi, dengan memberikan makanan ekstra pada bayi sebelum tidur dipercaya akan membuat si kecil cukup kenyang sehingga tidak terbangun karena lapar atau haus saat tidur, selain itu membuat bayi tidak mudah terganggu dengan gangguan suara.

Berbagi Tempat Tidur dengan Bayi
sumber foto: domain.com.au

3. Tidur dengan orang tua

Tidur bersama dengan orang tua juga dapat dijadikan solusi tidur nyenyak bayi. Bayi juga akan merasa aman tidur dekat dengan dekapan kedua orangtuanya. Studi menunjukkan bahwa anak yang tidur bersama orang tua akan tumbuh dengan rasa percaya diri yang cukup tinggi dan dapat mengurangi rasa cemas.

4. Gunakan popok dengan daya serap tinggi

Selain karena haus dan lapar, hal lain yang dapat mengganggu tidur si kecil adalah rasa tidak nyaman dengan popok yang ia gunakan. Mungkin karena si bayi buang air kecil atau buang air besar. Jika Bunda lebih suka menggunakan popok kain dibandingkan dengan popok sekali pakai, sebaiknya Bunda lebih sering mengganti popoknya. Karena popok yang kotor hanya akan mengumpulkan bakteri dan iritasi pada kulit bayi.

hal yang harus diperhatikan agar bayi tidur nyenyak - perhatikan suhu ruangan dan kehangatan bayi
sumber foto: thestir.cafemom.com

5. Atur suasana tidur bayi

Sejak berada dalam kandungan, bayi sudah tidak asing lagi dengan irama circadian. Irama circadian adalah jam biologis pada tubuh manusia. Ketika si bayi lahir dan beradaptasi dia juga dapat mengikuti irama circadian ini. Untuk membuat bayi bisa tidur nyenyak dan pulas, biasakan si kecil tidur dengan suasana yang tenang dan temaram agar secara otomatis tubuhnya tahu bahwa suasana tersebut adalah waktunya untuk tidur.

6. Atur pola tidur bayi

Untuk bayi yang baru berumur 0 – 4 bulan memang waktu tidurnya masih belum teratur. Namun, ketika si bayi menginjak usia 4 bulan, otaknya mulai mengenali mana siang dan malam. Sebaiknya, Bunda menerapkan waktu tidur si kecil saat siang dan malam hari. Karena tidur siang dapat memenuhi waktu tidur malamnya yang kurang. Bangunkan bayi pada saat waktu makan, biasanya sekitar 2 – 3 jam sekali dan lebih baik atur waktu tidur siang lebih pendek dari tidur malamnya.

7. Metode kangguru

Tips menidurkan bayi agar bisa tertidul pulas lainnya adalah dengan menerapkan metode kangguru atau dikenal juga dengan skin to skin care. Cara menidurkan bayi satu ini dapat dilakukan pada bayi yang baru lahir, yaitu dengan hanya memakaikan kaos kaki, topi dan popok lalu letakkan di atas bagian dada Bunda tanpa ada kain penghalang selembar pun. Metode ini akan membuat si kecil merasa aman karena seperti berada di dalam kandungan dan membuat dia jarang menangis.

Baca juga: Si Kecil Makin Tenang dan Nyenyak dengan 10 Merk Box Bayi Terbaik

Itu dia beberapa tips dan cara menidurkan bayi yang bisa Bunda terapkan untuk membantu si kecil bisa tertidur dengan lebih nyenyak dan pulas. Memperhatikan kualitas tidur si kecil sangatlah penting karena tidur merupakan hal yang penting dalam tumbuh kembang buah hati Bunda. Untuk itu, jangan ragu untuk memastikan bahwa segala sesuatunya mulai dari perlengkapan tidur, makanan bayi, hingga popok dan keperluan bayi lainnya memiliki kualitas yang terbaik.

Tak perlu khawatir kerepotan karena semua kebutuhan si kecil terlengkap bisa Bunda dapat dengan mudah di Tokopedia. Kini, menidurkan bayi sudah bukan masalah besar lagi, bukan?

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel