• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Membuat Essay yang Baik, Benar dan Ilmiah

20 February 2024

Share

Cara Membuat Essay yang Baik, Benar dan Ilmiah

Untuk membuat essay yang baik, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak cara membuat essay yang baik dan benar berikut!


Sebagai seorang pelajar, kamu tentu tak asing dengan essay, atau dalam bahasa Indonesia yang baku "esai". Tapi, tahukah Toppers jika teknik menulis essay sudah diperkenalkan sejak tahun 1.500-an oleh filsuf asal Perancis bernama Montaigne.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), esai adalah sebuah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu ditambah dengan sudut pandang pribadi penulisnya.

Artinya esai merupakan sebuah karangan non-fiksi yang mengangkat suatu permasalahan tertentu seperti tentang isu kesehatan, budaya, lingkungan dan hal lainnya. Lalu isu tersebut ditulis dan digabung dengan pandangan dari penulis.

Secara sederhana, esai dapat dipahami sebagai sebuah tulisan opini yang membahas permasalahan faktual dan aktual yang menarik perhatian penulis.

Tujuan esai dibuat adalah untuk meyakinkan pembaca terhadap pendapat atau penilaian atau sudut pandang yang dimiliki oleh penulis terhadap suatu kondisi, masalah, fenomena atau objek tertentu.

Untuk esai akademik atau ilmiah haruslah bersifat argumentatif, yaitu esai yang memberikan sudut pandang terhadap suatu persoalan berdasarkan penelitian atau tinjauan pustaka.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mendeley di Word untuk Daftar Pustaka, Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Essay yang Menarik dan Bagus

cara membuat essay yang benar

Sumber Gambar: Pexels

Dalam menulis esai, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menghasilkan esai yang baik. Yuk, simak cara membuat essay yang baik dan benar berikut!

1. Tentukan Tujuan Penulisan

Cara membuat essay yang pertama adalah menentukan tujuan dari penulisan dapat memudahkanmu untuk menentukan gagasan utama serta format yang tepat.

Salah satu jenis esai akademik atau ilmiah yang sering digunakan sebagai tugas sekolah maupun kuliah adalah jenis esai argumentatif.

Esai jenis ini bertujuan untuk memberikan sudut pandang terhadap sebuah persoalan berdasarkan penelitian atau tinjauan pustaka.

Baca juga: Proses Terjadi Hujan Lengkap Beserta Gambar dan Penjelasannya

2. Buat Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan berguna sangat berguna dalam pembuatan essay untuk memetakan gagasan. Untuk menemukan gagasan, kamu bisa mencoba cara peta konsep atau mind mapping yang ditulis dengan kalimat singkat.

3. Kembangkan Esai

Agar esaimu mudah dipahami, maka perlu untuk menggunakan struktur yang sesuai berdasarkan tujuan penulisan. Struktur yang jelas bisa membantu menyampaikan gagasan yang mudah dipahami oleh pembaca.

Ada pun struktur dalam essay meliputi:

  • Pendahuluan, berisikan alasan dan penjabaran mengenai apa yang melatar belakangi penulis mengangkat isu tersebut.
  • Isi, berisikan pembahasan tentang suatu isu atau fenomena secara detail dengan menyertakan metode serta hasil analisis yang digunakan pada pengamatan yang telah dilakukan, dan sudut pandang penulis.
  • Penutup/Simpulan, bagian terakhir pada esai yang berisikan simpulan dari hasil pengamatan yang sudah dilakukan. Pada kesimpulan

4. Gunakan Tinjauan Pustaka

Dalam menulis esai formal, kamu juga harus menyertai tinjauan pustaka di dalam tulisan. Fungsi dari tinjauan pustaka ini adalah untuk mengidentifikasi adanya celah dalam bidang yang kita teliti atau untuk mengevaluasi dan meneruskan penelitian sebelumnya.

5. Baca Ulang Hasil Tulisanmu

Setelah menulis esai sesuai dengan strukturnya, langkah terakhir adalah membaca ulang tulisan yang sudah kamu buat. Pastikan tidak ada kata-kata yang salah atau typo dan kalimat yang ambigu sehingga membuat informasi yang ditulis kurang jelas.

Jenis-Jenis Esai

Essay atau esai memiliki beberapa jenis. Secara garis besar, esai terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Esai Formal

Esai formal adalah tulisan yang menggunakan kalimat esai yang bersifat ilmiah, baku dan berdasarkan penelitian. Esai jenis ini bisa kamu jumpai pada web tertentu yang khusus memuat jurnal-jurnal dari para peneliti.

Esai Informal

Esai informal adalah tulisan yang menggunakan kalimat tidak terlalu baku. Esai jenis ini bisa kamu jumpai pada tulisan-tulisan di berbagai media seperti koran, blog, majalah dan maupun website.

Baca Juga: 7 Urutan Metode Ilmiah yang Benar, Beserta Penjelasannya

Nah, itu dia Toppers cara membuat esai yang baik dan benar untuk keperluan akademik dan non-akademik. Agar esaimu mudah dipahami dan dapat dipercaya, gunakan bukti atau sumber yang selaras dengan isu yang sedang diangkat.

Bagi kamu yang ingin belajar dengan nyaman. Jangan lupa cek Voucher Belajar di Tokopedia untuk mendapatkan sesi belajar tambahan di portal e-Learning maupun bimbingan belajar online terbaik.

Penulis: Amir Aziz

© 2009-2024, PT Tokopedia