Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Do Wood Yourself: Cara Membuat Box Kayu Serbaguna

08 February 2018
Share
Do Wood Yourself: Cara Membuat Box Kayu Serbaguna

Cara Membuat Kotak Kayu – Kayu sering dimanfaatkan untuk membuat kotak penyimpanan berbagai barang berharga, mulai dari pernak-pernik, buku, alat tulis, perhiasan, dan lain-lain. Kayu menjadi salah satu bahan favorit banyak kalangan karena cantik, tahan lama, dan bisa dikustomisasi dengan berbagai motif ukiran. Sayangnya, harga kotak penyimpanan dari kayu yang biasa dijual di pasaran tergolong mahal. Tertarik untuk coba membuat sendiri tapi bingung bagaimana caranya? Tenang, berikut Tokopedia berikan penjabaran lengkap untuk membantumu membuat kotak penyimpanan kayu serbaguna!

Baca juga: Do Wood Yourself: 7 Inspirasi Kreasi Kerajinan Tangan dari Kotak Kayu Bekas

Cara Membuat Box Kayu Serbaguna

Menentukan Fungsi

Hal pertama yang harus dipikirkan sebelum membuat prakarya apa pun adalah menentukan fungsinya. Akan digunakan sebagai apa kotak kayu penyimpanan buatanmu ini: Tempat menyimpan buku, kah? Tempat menyimpan make-up? Tempat menyimpan sepatu? Atau justru tempat menyimpan barang-barang koleksi seperti jam, topi, dan tas?

Menentukan Jenis Kayu

Kayu untuk membuat kotak penyimpanan dapat diperoleh dari bahan kayu yang sudah ada kemudian dialihfungsikan kembali, bisa juga dengan membeli dan mengolah kayu baru. Lalu, pikirkan juga jenis kayu apa yang sesuai dengan fungsi kotak penyimpanan tersebut. Bila ingin membuat kotak penyimpanan khusus perhiasan atau make-up, tentunya jenis kayu tipis seperti kayu ek dan ash lebih cocok digunakan daripada kayu mahoni atau jati supertebal. Dengan memilih jenis kayu yang sesuai, kamu tak perlu lagi membuang-buang waktu untuk menipiskan lapisan kayu nantinya.

cara membuat kotak kayu sederhanaSumber gambar: Imgrum

Menentukan Tipe Penutup

Kotak penyimpanan tentunya memerlukan penutup untuk memastikan barang di dalamnya terjaga dengan aman. Nah, tipe penutup apa yang cocok buatmu? Apabila ini adalah pengalaman pertamamu membuat kotak penyimpanan, hendaknya membuat kotak tutup engsel atau tutup geser.

Peralatan Membuat Kotak Kayu

Ada beberapa alat dan bahan yang wajib ada ketika ingin membuat kotak kayu, yakni:

  1. Kayu
  2. Lem Kayu
  3. Engsel
  4. Pengunci
  5. Gergaji Tangan
  6. Mesin Potong
  7. Bor Listrik
  8. Palu

Tanpa perlu repot mencari, bahan-bahan untuk membuat kotak kayu penyimpanan ini bisa kamu dapatkan di Tokopedia. 

bahan kerajinan DIY Kayu

Cara Membuat Kotak Kayu

Langkah-langkah berikut adalah cara membuat kayu penyimpanan dengan tipe penutup engsel

  1. Siapkan kayu dan segala peralatan yang dibutuhkan
  2. Ukur papan kayu dan beri tanda. Tentukan lebar, tinggi, dan panjang kotak yang kamu inginkan. Sesuaikan ukuran potongan kayu menggunakan pensil dan penggaris.
  3. Jika sudah ditandai, potong papan kayu sesuai ukuran. Gunakan mesin potong atau gergaji untuk memotong papan. Pastikan buat empat papan kotak untuk bagian sisi, satu untuk dasar, dan satu untuk penutupnya.
  4. Gunakan teknik sambungan tumpu untuk memasang potongan-potongan sisi kotak dan pakai lem kayu untuk memperkuat sambungan. Setelah melakukan langkah ini, kotak seharusnya sudah berbentuk persegi tanpa dasar atau penutup. Selanjutnya, pasang batang penetap dengan menggunakan bor atau palu.
  5. Pastikan sisi-sisi kotak terpasang dengan pas di sekeliling potongan dasar kotak. Gunakan lem kayu saat menempelkan bagian sisi dan dasar. Pasang batang penetap dengan bor. Biarkan kotak mengering sebelum lanjut ke langkah berikutnya.
  6. Pasang engsel dengan cara meletakkan penutup pada kotak agar sisi pada penutup sama rata. Ukur dan beri tanda untuk tempat engsel. Pasangkan pada bagian penutup dan sisinya menggunakan bor.
  7. Gunakan dempul kayu untuk mengisi lubang-lubang paku pada kotak. Biarkan dempul kering terlebih dahulu, lalu amplas permukaannya sampai halus.
  8. Selesai! Box kayu cantik untuk menyimpan barang-barangmu siap digunakan.

Mudah, bukan? Langkah di atas adalah cara paling dasar untuk membuat kotak kayu. Nantinya, kotak ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Selain murah, keunggulan dari membuat kotak kayu sendiri adalah kamu bisa mendesain perabotan yang dibuat sesuai dengan selera sendiri. Jadi, tak ada lagi waktu terbuang hanya untuk menemukan model yang sesuai keinginan. 

Kotak Kayu

Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Inspirasi Model Pintu Rumah, Minimalis dan Menawan!
Home and Living
10 Inspirasi Model Pintu Rumah, Minimalis dan Menawan!
© 2009-2023, PT Tokopedia