Cara Menabung Emas di Pegadaian Melalui Aplikasi Tokopedia

0
270
cara menabung emas di pegadaian

Untuk kamu yang ingin menabung emas, pelajari panduan cara menabung emas di pegadaian di artikel ini.


Menabung emas merupakan salah satu pilihan investasi jangka panjang yang digemari banyak orang.

Keunggulan menabung emas ada pada kemudahan mendapatkan produknya salah satunya dengan membelinya melalui Pegadaian.

Dikutip dari Pegadaian, tabungan emas merupakan layanan penitipan saldo emas untuk mempermudah masyarakat berinvestasi emas.

Apabila emas yang ada di dalam rekening tabungan emas telah mencapai 1 gram, para nasabah dapat mencetaknya dalam bentuk fisik dan dibawa pulang.

Bagi kamu yang tertarik untuk mulai melakukan investasi emas, simak cara menabungnya berikut ini!

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Kamu dapat langsung datang ke cabang Pegadaian mana saja untuk membuka tabungan emas. Nasabah perlu membawa kartu identitas diri, mengisi formulir pembukaan tabungan emas, dan membayar biaya transaksi pembukaan rekening. Berikut ini langkah membuat tabungan emas di outlet Pegadaian:

  • Datang di Kantor Pegadaian atau Agen Pegadaian terdekat. Bawa fotokopi identitas diri (KTP/ Passpor) yang masih berlaku.
  • Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.
  • Membayar biaya pembukaan rekening Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000,-.

Nah, untuk kamu yang tidak sempat keluar rumah, kamu bisa mendaftarkan diri dan membuka rekening secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital. Jika kamu membuka rekening secara online tidak ada biaya yang dipungut saat pembukaan rekening. Berikut ini cara pembukaan rekeningnya:

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital di Playstore atau Appstore.
  • Isi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas.
  • Lampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor).
  • Jika ingin mencetak buku tabungan emas, kamu harus datang ke outlet Pegadaian pembuka Tabungan Emas maksimal 6 bulan sejak pembukaan dari aplikasi Pegadaian/Agen Pegadaian.

Para pemegang rekening juga dapat menjual kembali saldo emas 1 gram hingga maksimal 100 gram emas per hari.

Penjualan kembali emas tersebut dapat dilakukan melalui outlet Pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital. Agar rekening tabungan tetap aktif usahakan sisa saldo minimal di dalam rekening setelah buyback adalah 0,1 gram.

Untuk melakukan cetak fisik emas kedalam bentuk emas batangan Antam, UBS, atau Galeri 24 dengan pilihan kepingan 1, 2, 3, 5, 10, 25, 50, dan 100 gram. Nasabah dapat mengunjungi Pegadaian tempat pembukaan rekening.

Biaya yang dikenakan untuk mencetak emas adalah Rp100 ribu per gram untuk cetakan emas Antam, Rp 60 ribu per gram untuk cetakan emas UBS, dan Rp50 ribu per gram untuk cetakan Galeri 24 Pegadaian.

BACA JUGA: 9 Cara Investasi Emas yang Bikin Pemula Bisa Cuan

Cara Menabung Emas di Pegadaian Melalui Tokopedia

Agar lebih mudah dan praktis, saat ini menabung emas secara online sangat dianjurkan dan menjadi pilihan banyak orang. Salah satu caranya adalah kamu bisa menabung emas secara online lewat aplikasi Tokopedia. 

Pada Januari 2019 lalu, Tokopedia secara resmi mengaktifkan produk Tokopedia Emas. Tokopedia merupakan partner resmi Pegadaian sehingga transaksi kamu dijamin aman dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menabung emas di Tokopedia sangat cocok bagi kamu yang masih pemula, sebab kamu dapat menabung emas mulai dari Rp 5000. Kamu juga dapat menggunakan saldo OVO untuk menabung emas.

Toppers tidak perlu memiliki rekening tabungan emas di Pegadaian untuk mulai menabung emas lewat Tokopedia. Namun, kamu harus pastikan akun Tokopedia masih dalam kondisi aktif. Berikut ini tata cara menabung emas lewat Tokopedia:

  • Buka situs atau aplikasi Tokopedia 
  • Lalu, masuk ke akun Tokopedia kamu dengan cara memasukkan user id dan password.
  • Kemudian, klik menu “Kategori” yang berada di sebelah kiri atas halaman home Tokopedia. 
  • Pilih menu “Emas” yang ada di dalam kategori “Produk digital”.
  • Tunggu beberapa saat, layar akan menampilkan halaman Tokopedia Emas. 
  • Masukkan nominal untuk membeli emas pada kotak “Nilai rupiah”. 
  • Secara otomatis, nilai tersebut akan diubah dalam bentuk satuan emas (gram).

Keuntungan menabung emas secara digital melalui Tokopedia Emas adalah kamu tidak perlu tempat untuk menyimpan emas-emas kamu.

Selain itu, menjual dan membeli emas dapat dilakukan dengan mudah, praktis, dan kapan saja karena Tokopedia dapat diakses 24 X 7 Jam.

BACA JUGA: Panduan Membeli Emas Antam Online

Nah itu tadi Toppers tata cara menabung di Pegadaian dan di Tokopedia Emas. Menabung emas di pegadaian melalui Tokopedia sangat praktis. Kamu bisa mulai menabung mulai dari Rp 5000 dengan berbagai metode pembayaran pilihan kamu.

Menabung emas di pegadaian melalui Tokopedia juga menguntungkan karena harga jual nya yang lebih tinggi. Tunggu apa lagi Toppers? Yuk mulai menabung emas di Tokopedia Emas!

Emas Antam
Kini beli emas Antam tak perlu repot. Tentunya aman dan terpercaya, Toppers!

Penulis: Naura Az-Zahra