Bunda Harus Tahu! Ini Dia Cara Tepat Bersihkan Popok Kain Bayi

17
Popok Kain
Sumber gambar: Pixabay

Popok bayi memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu popok sekali pakai dan popok kain. Tidak jarang Bunda memilih popok kain sebagai popok yang digunakan sehari-hari untuk di rumah. Namun, bukan hanya sekedar kualitas dari bahan popok kain, Bunda juga harus memperhatikan bagaimana cara bersihkan popok kain bayi agar tetap higienis dan tidak buat kulit bayi iritasi.


Cara Tepat Bersihkan Popok Kain Bayi – Memilih popok kain bayi untuk digunakan sehari-hari memang cenderung buat Bunda akan lebih hemat. Dibandingkan dengan popok sekali pakai, popok kain bisa Bunda gunakan berkali-kali dan juga bisa disimpan untuk anak berikutnya. Sehingga Bunda tidak perlu secara terus menerus beli popok baru.

Penggunaan popok kain bayi dinilai lebih aman dan nyaman untuk si kecil. Dikarenakan bebas akan bahan kimia dan juga buat bayi tidak merasa gatal dikarenakan bahannya yang lembut dan halus. Selain itu, popok kain juga dapat menyerap keringat lebih maksimal. Dengan menggunakan popok kain akan lebih ramah lingkuangan karena mengurangi adanya pembuangan sampah.

Namun, dalam penggunaan popok kain bayi Bunda memerlukan proses pencucian dan pengeringan yang cukup panjang. Dikarenakan popok kain seringkali terkena noda dan juga kotoran. Untuk itu, Bunda harus beli popok kain dalam jumlah yang cukup banyak agar tidak kehabisan saat popok kain lainnya sedang dicuci.

Sering timbul keluhan pada Bunda bahwa semakin sering popok kain dicuci dan dikeringkan buat popok jadi menguning. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah cara mencuci popok kain yang tepat agar awet untuk digunakan:

BACA JUGA: Jenis-Jenis Mainan yang Bisa Mendukung Perkembangan Anak

Cara Bersihkan Popok Kain Bayi Secara Tepat

1. Gunakan Detergen Khusus

Untuk mencuci popok kain bayi gunakanlah detergen khusus. Jangan gunakan detergen yang mengandung pewangi, pewarna, pemutih atau pun pelembut, karena dapat membuat ruam popok.

Jika Bunda gunakan pelembut untuk mencucinya, akan menyebabkan tumpukan residu yang dapat mengurangi kualitas popok kain.

Cara mencucinya, cukup tuangkan detergen khusus pakaian bayi ke dalam 2 wadah yang sudah berisi air. Disarankan Bunda memisahkan wadah untuk popok yang terkena noda fases dengan popok yang terkena noda urine. Setelah mencampurkan detergen dengan air yang berisikan popok, Bunda bisa rendam popok selama kurang lebih 30 menit.

2. Bersihkan Popok Dari Noda Terlebih Dahulu

Jika popok terlanjur terkena noda fases atau makanan, sebaiknya Bunda bersihkan noda terlebih dahulu sebelum mencucinya. Hal ini dikarenakan agar noda yang membandel cepat hilang dan tidak menempel pada kain.

Gunakanlah air yang mengalir untuk membersihkan noda fases pada popok, agar popok kain bersih secara tuntas.

3. Rendam dan Kucek Popok Kain

Setelah Bunda merendam popok kain bayi selama 30 menit, Bunda bisa membersihkan kuman pada popok dengan cara menguceknya.

Cara ini juga bermanfaat untuk membersihkan sisa noda pada popok.

jual pakaian anak terlengkap
Penuhi lemari si kecil dengan baju, celana dan aksesoris fashion anak favoritnya!

4. Bilas Popok Hingga Bersih

Setelah itu, Bunda bisa langsung membilas popok hingga 3 kali dengan air yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa detergen yang menempel pada popok.

Jika popok kain tidak dibilas secara tuntas dan masih menyisakan sisa detergen, dapat menyebabkan ruam pada bayi.

5. Peras dan Keringkan

Nah, bukan hanya sekedar memperhatikan cara mencuci dan membersihkan kotoran pada popok saja. Proses pengeringan pun juga harus diperhatikan ya, Bunda.

Peras popok kain hingga tidak menyisakan air yang menetes. Lalu, Bunda bisa menjemur popok di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri secara tuntas.

BACA JUGA: 15 Kumpulan Gambar Mewarnai untuk Asah Keterampilan Anak

Popok kain bayi harus dicuci tepat waktu, jangan menunda mencucinya jika sudah terkena kotoran fases atau urine. Hal ini bertujuan agar kuman tidak lama mengendap pada serat bahan yang buat noda dan kuman semakin sulit untuk dibersihkan.

Sudah tahu kan Bunda bagaimana cara tepat bersihkan popok kain bayi agar terhindar dari ruam? Yuk, hindari si kecil dari alergi dan ruam popok dengan mencuci popok kain dengan cara yang tepat!

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel