Tips dan Cara mendapatkan Tiket Kereta Api Murah untuk Mudik Lebaran

1859

Tiket Kereta Api Murah untuk Mudik Lebaran – Mudik telah hampir tiba dalam beberapa bulan mendatang. Sudahkah kamu mempersiapkan kepulangan kamu ke kampung halaman, melepas rindu bersama keluarga dan orang tersayang? Sudahkah memikirkan akan naik kendaraan apa? Salah satu moda transportasi paling populer ketika mudik datang adalah kereta. Nah, untuk mudik kamu pasti harus menyiapkan budget tertentu agar tidak terlalu boros. Salah satu cara menghemat adalah dengan mendapatkan tiket kereta api murah. Tapi, bagaimanakah caranya? Pastinya untuk mendapatkan tiket kereta api murah untuk mudik lebaran membutuhkan berbagai tips dan cara tersendiri. Ingin tahu apa saja tips dan cara mendapatkan tiket kereta api murah untuk mudik lebaran? Yuk baca artikel ini!

Baca juga: 7 Tips Mudik Aman Dengan Kereta Api dan Kendaraan Pribadi

Tips dan Cara mendapatkan Tiket Kereta Api Murah untuk Mudik Lebaran

Pastikan Jadwal

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah
Sumber: PIxabay

Pertama-tama, pastikan bahwa kamu sudah memiliki jadwal perjalanan. Jika kamu bekerja, ada baiknya untuk meminta izin jauh-jauh hari terkait kemungkinan bahwa kamu akan cuti. Pilihlah waktu terbaik untuk berangkat dan pulang, seperti misalnya H-4 hari lebaran serta H+3 lebaran untuk kepulangan. Memastikan jadwal ini adalah salah satu cara penting wajib dilakukan untuk mendapatkan tiket kereta api murah.

Cari Informasi

Sebelum lebih jauh, cara mendapatkan tiket kereta api murah selanjutnya adalah agar selalu siap mencari informasi. Dengan berkembangnya berbagai media informasi terbaru lewat media sosial dan berita online, mencari informasi menjadi lebih mudah tanpa harus datang ke kantor KAI ataupun datang ke stasiun. Untuk itu, kamu harus rajin memantau perkembangan terbaru dari kanal media sosial ataupun press release yang dilakukan oleh PT. KAI melalui berbagai kanal. Informasi komprehensif mengenai angkutan lebaran biasanya akan diumumkan sekitar dua atau tiga bulan sebelum datangnya hari raya lebaran tersebut. Kamu bisa cek seperti pada akun media sosial Twitter yaitu @KAI121 dan @KeretaApiKita, serta berbagai portal berita online. Selain itu, biasanya informasi apabila ada permasalahan dalam pemesanan, informasi kereta tambahan, dan lainnya bisa kamu lihat dengan mudah!

Persiapkan Pembelian Tiket

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah
Sumber: Wikimedia

Jika informasi lengkap sudah dirilis, maka selanjutnya adalah menentukan pembelian tiket. Kini, proses pembelian tiket kereta api bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara mendapatkan tiket kereta api murah adalah dengan mempersiapkan pembelian tiket. Biasanya, akan ada pembagian slot waktu atau jadwal untuk mempermudah proses pembelian tiket. Misalnya, akan ada hari tertentu yang dialokasikan untuk pembelian tiket kereta api pada hari yang sudah ditentukan. Pembelian tiket biasanya dimulai pada jam 00.00, sehingga ada baiknya untuk mempersiapkan waktu lebih agar mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan tiket kereta api murah. Pada umumnya, jika kamu telah terlewat maka kesempatan untuk mendapatkan tiket mudik murah menjadi semakin kecil.

Ramadan Ekstra

Beli Jalur Sambungan

Bila kamu ketinggalan mendapatkan kesempatan untuk beli tiket kereta api murah untuk lebaran pada hari yang kamu inginkan, kamu bisa coba untuk membeli tiket sambungan. Bagaimana kah tiket sambungan itu? Misalnya kamu ingin mudik ke daerah Yogyakarta. Jika kamu sudah tidak bisa lagi mendapatkan tiket langsung Jakarta-Yogyakarta, maka kamu bisa coba tiket sambungan ke Yogyakarta melalui Bandung. Jadi, kamu bisa pilih keberangkatan dari Jakarta menuju ke Bandung, kemudian dari Bandung menuju Yogyakarta. Opsi ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik karena ada kemungkinan harganya lebih murah ketimbang kamu memilih tiket langsung dengan harga lebih mahal karena kamu telah kelewatan untuk tiket murah.  

Ikuti Mudik Gratis

Terakhir yang wajib dicoba juga adalah untuk mengikuti mudik gratis lewat jalur darat (kereta api) yang rutin dilakukan oleh Departemen Perhubungan. Nah, jangan salah. Yang gratis disini adalah angkutan kendaraan kamu, yaitu khusus untuk motor. Cara mendapatkan tiket kereta api murah pada bagian ini adalah karena adanya  fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang (2 Dewasa + 1 Anak). Kamu dapat mendaftarkan diri dan memilih jumlah penumpang, asal dan tujuan keberangkatan, tanggal berangkat dan kembali. Informasi lebih lengkap bisa kamu baca pada halaman ini http://mudikgratis.dephub.go.id/

Baca juga: Pilihan-pilihan Jalur Alternatif Mudik di Jawa dan Sekitarnya

Itu dia tips dan cara mendapatkan tiket kereta api murah untuk mudik lebaran. Sudah siapkah menyambut nikmatnya mudik lebaran? Selain itu, jangan pula lupa bahwa kini beli tiket kereta api murah untuk mudik lebaran tidak usah susah-susah harus datang ke stasiun terdekat, antre lama dan berpanas-panasan. Kamu bisa beli tiket kereta api mudah hanya dalam sentuhan jari di Tokopedia. Berbagai metode pembayaran tiket mudik-pun tersedia. Mudik aman dan nyaman, beli tiketnya di Tokopedia!

tiket kereta api murah

Bagikan Artikel