Pilihan-pilihan Jalur Alternatif Mudik di Jawa dan Sekitarnya

844
Jalur Alternatif Mudik

Jalur Alternatif Mudik di Jawa & Sekitarnya – Pulang kampung atau biasa disebut mudik sudah menjadi tradisi orang Indonesia ketika Hari Raya tiba. Jutaan orang Indonesia yang mudik mengakibatkan kemacetan akibat volume jalanan tidak bisa menyaingi volume kendaraan. Jalur-jalur alternatif menjadi pilihan orang-orang untuk menghindari kemacetan parah. Inilah pilihan-pilihan jalur alternatif mudik di Jawa dan sekitarnya.

Baca juga: Mudik Lebaran dengan Kereta Api? Beli Tiket Mudik-mu di Tokopedia

Pilihan Jalur Alternatif Mudik di Jawa dan Sekitarnya

Jalur alternatif mudik di Pantura

Jalur Alternatif Mudik
Sumber: sindonews

Luapnya pemudik mengakibatkan Pantura mengalami kemacetan parah. Untuk menghindari kemacetan Pantura, pemudik bisa melewati jalur alternatif menuju Desa Krasak, Jatibarang, Indramayu. Saat masuk karawang, arahkan ke jalan Syekh Quro, Buahaseum, lalu tembus di Blanakan. Kamu akan tembus di pasar Sukamandi, Pantura.

Jalur alternatif selatan

Jalur Alternatif Mudik
Sumber: Depokpos

Untuk kamu yang melewati jalur Selatan, selain Nagrek, titik utama kemacetan lainnya adalah di Malangbong. Untuk menghindari Malangbong, terdapat jalan alternatif Kadungora. Ikuti jalannya sampai Leles lalu belok kiri dan masuk jalur Sarkanjut. Setelah itu masuk jalur Bayuresmi dan tembus ke Jalan Sudirman Sukadana-Cilawi.

Jalur alternatif menuju Garut

Jalur Alternatif Mudik
Sumber: antarafoto

Untuk jalur mudik ke Garut, macet tentunya akan terjadi di Nagrek. Untuk menghindari Nagrek, kamu bisa melewati jalur alternatif Cijapati. Caranya setelah masuk tol Cipularang, keluar di tol buah batu lalu bergerak kearah Bojongsoang-Laswi-Majalaya-Cijapati kemudian tembus di Kadungngora, Garut.

Ramadan Ekstra

Jalur alternatif menuju Yogyakarta

Jalur Alternatif Mudik
Sumber: KRJogja

Untuk menuju Yogyakarta, biasanya pemudik akan menggunakan jalur Pantura. Agar lebih cepat, pemudik bisa menggunakan jalur alternatif tengah. Jalur ini bisa dilalui melalui rute tol Jakarta-Cikampek-Cipali-Pejangan, Pejangan-Prupuk, Prupuk-Bumiayu, Bumiayu-Purwokerto, Purwokerto-Wonosobo, Wonosobo-Magelang, Magelang-Yogyakarta.

Jalur alternatif menuju Surabaya

Jalur Alternatif Mudik
Sumber: ngopibareng.id

Untuk kamu yang ingin mudik menuju Surabaya, kamu bisa melewati jalan tol baru yaitu tol Mojokerto-Surabaya. Kamu bisa berangkat melalui tol yang digunakan untuk ke Semarang, yaitu tol Jakarta-Cikampek, tol Cikopo-Palinan, Palinan-Kanci, Kanci-Pejagan, Tol  Pejagan-Brebes, tol Brebes-Semarang kemudian terakhir dilanjutkan dengan tol Mojokerto-Surabaya. Rute ini bisa dibilang jalur alternatif karena masih baru.

Jalur alternatif menuju Jawa Tengah

Jalur Alternatif Mudik
Sumber: Antara

Jika kamu ingin mudik ke arah Jawa Tengah seperti Semarang dan Banjarnegara, kamu bisa melewati tol baru Brebes-Batang. Caranya dari Jakarta anda melewati tol Cipali lanjut ke tol Palinan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Brebes dan diakhiri dengan masuk Tol Brebes-Batang. Jalur ini merupakan jalur alternatif karena tidak melewati jalan biasa.

Baca juga: 7 Tips Mudik Aman Dengan Kereta Api dan Kendaraan Pribadi

Itu tadi adalah pilihan-pilihan jalur alternatif mudik di Jawa dan sekitarnya supaya kamu tidak terkena kemacetan parah. Tidak ingin terkena kemacetan? Kamu bisa pakai transportasi lainnya seperti Kereta. Sekarang kamu sudah bisa beli tiket mudik di Tokopedia loh yang pastinya bebas antri!

tiket mudik

Bagikan Artikel