• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Tips Packing Mudik Efisien agar Mudik Lebih Nyaman

21 March 2024

Share

9 Tips Packing Mudik Efisien agar Mudik Lebih Nyaman

Mudik jadi salah satu agenda penting yang dilakukan satu tahun sekali, sehingga harus dipersiapkan dengan matang. Ini dia tips packing mudik efisien yang bisa jadi referensi kamu.


Tips Packing Mudik – Tidak terasa kita hampir mendekati musim mudik. Sudahkah kamu mempersiapkan segala kebutuhan mudik dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri? Sudah ataupun belum, ada baiknya mensiasati cara packing efisien untuk mudik nanti. Nyaman atau tidaknya mudik ditentukan oleh diri sendiri, mulai dari pilihan transportasi seperti bus mudik, pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi dan lain-lain. Setelah mengetahui jenis transportasi untuk mudik, saatnya kamu mensiasati cara packing mudik efisien agar perjalanan mudik jadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan. Pelajari cara packing mudik efisien dari sekarang, berikut ini tips dan trik packing efisien untuk bekal persiapan mudik nanti.

Baca juga: Tips Atur Keuangan Mudik agar Kantong Nggak Kering

Tips Packing Mudik Lebaran yang Lebih Efisien

Mudik jadi salah satu tradisi setiap tahun yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia, mungkin salah satunya kamu. Jangan sampai membawa koper terlalu banyak yang bisa buat kamu jadi repot dan tak nyaman saat mudik. Ini dia tips untuk packing mudik yang lebih efisien.

1. Jangan Melipat Pakaian, Melainkan Digulung

jangan dilipat, melainkan gulung pakaian

Sumber gambar: Canva

Memasukan pakaian terlipat ke dalam tas atau koper sudah menjadi kebiasaan. Namun, ada trik menghemat ruang pada koper atau tas yaitu dengan cara menggulung pakaian sebelum dimasukan ke dalam koper atau tas. Menggulung pakaian membuat koper atau tas tampak lebih rapi dan tertata, serta tidak membuat kusut pakaian.

2. Sesuaikan Lama Mudik dengan Jumlah Pakaian

tips packing efisien

Sumber gambar: Pexels

Cara packing efisien untuk mudik adalah mengoptimasi barang bawaan sehingga tidak berlebihan dan merepotkan selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, hitung jumlah kebutuhan pakaian sesuai dengan lamanya masa mudik dari berangkat hingga pulang.

3. Pisahkan Kebutuhan Esensial untuk di Perjalanan

pisahkan kebutuhan esensial untuk pribadi

Sumber gambar: Canva

Kebutuhan esensial seperti charger, sabun cuci muka, obat-obatan, dan lain-lain dibutuhkan selama menempuh perjalanan menuju destinasi mudik. Pastikan barang-barang tersebut mudah dijangkau saat dibutuhkan. Sekalipun tidak sedang sakit, bawalah obat-obatan untuk mengantisipasi serangan penyakit di perjalanan.

4. Membawa Tas Lipat

membawa tas lipat

Sumber gambar: Canva

Sepulang lebaran, pastinya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh dari kampung halaman. Agar tidak memenuhi koper atau tas untuk menampung pakaian, membawa tas lipat adalah solusi packing mudik efisien menyimpan oleh-oleh.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui dan Persiapkan Saat Mudik dengan Kereta Api

5. Bawa Barang Multifungsi

bawa barang multifungsi

Sumber gambar: Canva

Agar packing mudik efisien, peralatan multifungsi terbukti menghemat banyak ruang pada wadah penyimpanan untuk mudik. Sebagai contoh, tidak perlu membawa kamera digital jika sudah memiliki smartphone berkamera.

6. Mengkategorikan Jenis Barang Bawaan

mengkategorikan jenis barang bawaan

Sumber gambar: Canva

Mudik tidak hanya membawa pakaian, pasti ada benda lainnya yang dibawa. Kategorikan masing-masing bawaan berdasarkan jenisnya seperti pakaian, benda elektronik, alat mandi, obat-obatan, dan sebagainya berdasarkan kebutuhan. Mengkategorikan barang bawaan akan mempermudah proses pengecekan benda apa saja yang belum terbawa.

7. Menata Tas atau Koper berdasarkan Prioritas

menata tas atau koper berdasarkan prioritas

Sumber gambar: Pexels

Kamu harus memahami tingkat prioritas barang bawaan. Pakaian dan peralatan mandi akan dikeluarkan saat mencapai destinasi mudik, sedangkan kabel charger dan botol minum dibutuhkan selama perjalanan. Simpan barang prioritas selama perjalanan di tas ketimbang di koper agar mudah diambil.

8. Menyesuaikan Jenis Transportasi

menyesuaikan jenis transportasi

Sumber gambar: Canva

Menggunakan mobil pribadi bukan berarti kamu bisa membawa banyak barang. Jika jumlah mobil terbatas dan anggota keluarga berlebih, maka yang harus dikorbankan adalah jumlah barang bawaan. Jika bepergian menggunakan pesawat terbang, pastikan kapasitas bawaan tidak melampaui batas beban maksimal karena kamu perlu membayar kelebihan beban.

9. Memilih Koper yang Tepat untuk Kebutuhan

memilih koper yang tepat untuk mudik

Sumber gambar: Canva

Semakin besar koper, bukan berarti semakin banyak ruang untuk membawa barang. Koper besar malah akan memakan ruang pada kendaraan selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, sesuaikan koper dengan kebutuhan dan bawaan. Packing mudik yang efisien akan tercapai jika ukuran koper tidak kebesaran atau kekecilan.

Baca juga: Tradisi Mudik Lebaran: Sejarah dan Asal Usulnya

Toppers, itulah 9 tips packing efisien untuk mudik lebih nyaman. Persiapkan kebutuhan mudik kamu dari sekarang, dan jika merasa ada yang kurang untuk dibawa mudik, dapatkan apa yang dibutuhkan hanya di Tokopedia

Jangan lupa rencanakan liburan kamu matang-matang dengan melakukan reservasi hotel murah di Tokopedia! Selain itu, kamu juga bisa memesan tiket kereta mudik atau keperluan travel lainnya Tokopedia. Tunggu apa lagi? Pesan sekarang dan nikmati keuntungannya!

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

15 Restoran Buat Rombongan di Jakarta, Luas dan Pas untuk Kumpul!
Travel dan Kuliner
15 Restoran Buat Rombongan di Jakarta, Luas dan Pas untuk Kumpul!
© 2009-2024, PT Tokopedia