7 Hal yang Harus Kamu Ketahui dan Persiapkan Saat Mudik dengan Kereta Api

2500
Tips Kereta Api
Sumber Foto: https://www.schudio.com

Pesiapan Mudik dengan Kereta Api – Mudik seakan menjadi ritual tahunan pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dari tahun ke tahun jumlah orang yang mudik semakin banyak. Salah satu mode transportasi yang menjadi pilihan pemudik adalah kereta api.

Mudik dengan kereta api sudah pasti terhindar dari kemacetan jalan sehingga perjalanan bisa ditempuh dengan waktu lebih singkat dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Sebelum mudik dengan kereta api mari simak 7 hal yang harus kamu ketahui dan persiapkan saat mudik dengan kereta api berikut ini!

Baca juga: 7 Tips Mudik Aman Dengan Kereta Api dan Kendaraan Pribadi

Persiapan Mudik dengan Kereta Api

Persiapkan Tiket

Mudik dengan Kereta Api
Sumber: Pexels

Sebelum mudik dengan kereta api, sebaiknya pesan tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan. Dipastikan tiket kereta api akan habis jika tidak pesan tiket kereta jauh hari sebelumnya karena permintaan yang sangat banyak.

Siapkan Makanan dan Minuman

Mudik dengan Kereta Api
Sumber: Pexels

Mudik dengan kereta api membutuhkan waktu yang cukup panjang, sehingga akan merasa lapar dan haus. Siapkan makanan dan minuman kesukaanmu sebelum mudik dengan kereta api. Di dalam kereta api memang tersedia gerbong khusus yang menyediakan makanan. Dengan membawa bekal dari rumah kamu bisa lebih menghemat pengeluaran saat mudik.

Siapkan Gadget Untuk Menemani Perjalanan

Mudik dengan Kereta Api
Sumber: Pexels

Mudik dengan kereta api memang akan terasa bosan karena perjalanan yang cukup lama. Untuk mengatasi bosan, bawalah  gadget atau smartphone untuk mendengarkan musik dan menonton film. Jangan lupa untuk membawa charger atau powerbank karena di gerbong kereta memiliki colokan listrik yang terbatas jumlahnya.

Pastikan Barang Bawaan Cukup Selama Pergi Mudik

Mudik dengan Kereta Api
Sumber: Pexels

Sebelum berangkat mudik dengan kereta api siapkan tiket kereta dan pastikan barang bawaan khususnya  pakaian cukup selama pergi mudik. Kamu bisa kerepotan jika barang bawaan ada yang kurang atau tertinggal.

Ramadan Ekstra

Pastikan rumah dan Kendaraan  Aman Saat ditinggal Mudik

Ketika mudik dengan kereta api, pastinya kamu akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Pastikan semua pintu, jendela, dan pintu gerbang terkunci. Dan jangan lupa nyalakan alarm dan pasang kunci ganda pada kendaraan supaya aman dan mudik menjadi tenang.

Bawa Identitas Diri

Mudik dengan Kereta Api
Sumber: Pexels

Pada saat menaiki kereta api kamu akan dihampiri oleh petugas pemeriksa tiket. Petugas akan memeriksa tiket dan meminta identitas diri yang sesuai pada saat pembelian tiket kereta api tersebut. Petugas juga memastikan tempat duduk sesuai dengan tiket.

Selalu Jaga Barang Bawaan

Mudik dengan Kereta Api
Sumber: Pexels

Jaga barang bawaan saat mudik dengan kereta, jangan sampai tertinggal atau berpindah tangan ke orang lain. Jika membawa tas berukuran besar kamu bisa meletakkannya pada tempat yang disediakan di bagian atas tempat duduk. Periksa kembali barang bawaan sesaat sebelum turun dari kereta api.

Baca juga: Mudik Lebaran dengan Kereta Api? Beli Tiket Mudik-mu di Tokopedia

Nah,itu dia 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui dan Persiapkan Saat Mudik dengan Kereta Api, Selama mudik kamu harus tetap  hati- hati dan jaga diri dalam perjalanan ya!. Oiya kamu bisa beli tiket mudik di Tokopedia loh, jadi kamu tidak perlu repot-repot antri saat beli tiket kereta api.

tiket mudik

Bagikan Artikel