Sopan Santun: 10 Cara Tepat Mengajarkannya pada Anak Sejak Dini

0
7712
cara ajarkan sopan santun pada anak, cara menanamkan sopan santun terhadap anak, tips mengajarkan sopan santun pada anak

Memiliki anak yang mengerti sopan santun adalah impian setiap orang tua. Berikut ini rangkuman cara terbaik menanamkan sopan santun pada perilaku anak!


Sopan Santun – Karakter baik tidak dijamin oleh kepintaran seseorang. Etika dan budi pekerti lahir dari kebiasaan dan budaya di sekitar anak tumbuh dan berkembang. Peranan orang tua sangat penting untuk membentuk karakter terutama untuk sopan santun. Keluarga adalah tempat paling utama untuk pendidikan sopan santun pada anak.

Namun saat ini, sikap sopan santun pada anak-anak semakin berkurang. Orang tua harus sejak dini mulai mengajarkan sopan santun kepada anak karena kebiasaan ini memerlukan waktu yang cukup lama. Kamu sebagai orang tua harus memberikan contoh dan menjadi teladan sehingga anak menganggap serius hal tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengajarkan anak sikap sopan santun? Ini dia 10 cara mendidik anak tentang sikap sopan santun! Yuk, disimak para bunda!

Baca Juga: 10 Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak untuk Masa Depan Cerah

Cara Ajarkan Sopan Santun pada Anak

1. Mulai dari Sekarang

cara ajarkan sopan santun pada anak, cara menanamkan sopan santun terhadap anak, tips mengajarkan sopan santun pada anak
Sumber Gambar: Tru Health Medicine

Sebagai orang tua, kamu harus paham dan mengerti kalau pendidikan karakter harus dimulai sedini mungkin. Umur 1-3 tahun adalah waktu yang tepat sehingga anak akan mengingatnya dengan baik. Pada-pada usia tersebut, kamu bisa mengajari anak cara bersalaman, meminta izin, dan cara duduk yang benar.

Jangan menunggu ketika anak sudah besar dan menyerahkan tanggung jawab kepada pihak sekolah. Pembelajaran sopan santun harus dilakukan secara bertahap dan merupakan tanggung jawabmu sebagai orang tua.

2. Jadilah Contoh yang Baik

cara ajarkan sopan santun pada anak, cara menanamkan sopan santun terhadap anak, tips mengajarkan sopan santun pada anak
Sumber Gambar: Mom Blog Society

Mengajarkan anak sopan santun akan sia-sia bila kamu tidak mencontohkan kepada mereka dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan karakter yang sesuai norma sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Dengan mencontohkan perilaku sopan dan santun, anak akan lebih mudah mencerna dan menirunya. Jadi, mulailah mengajarkan dan mencontohkan pada anak apa itu sikap sopan santun karena cara terbaik adalah melalui contoh bukan nasihat.

3. Terima Kasih, Tolong dan Maaf

cara ajarkan sopan santun pada anak, cara menanamkan sopan santun terhadap anak, tips mengajarkan sopan santun pada anak
Sumber Gambar: Indy’s Child

Tiga hal sederhana yang harus kamu ingat untuk mengajarkan sopan santun pada anak adalah untuk mengucapkan terima kasih, tolong, dan maaf. Ajari anak untuk mengucapkan kata “tolong” saat meminta bantuan, mengucapkan “terima kasih” setelah dibantu, dan ucapkan “maaf” saat melakukan kesalahan.

Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan kata-kata lain seperti permisi, ucapan salam, dan lainnya. Ingat juga untuk memberi contoh sehingga anak bisa meresapi kebiasaan tersebut.

4. Konsisten

cara ajarkan sopan santun pada anak, cara menanamkan sopan santun terhadap anak, tips mengajarkan sopan santun pada anak
Sumber Gambar: Let Grow

Dalam mengajarkan sopan santun, bunda tak bisa melakukannya dengan instan. Perlu proses dan ketekunan, sehingga benar-benar dipahami oleh anak. Jangan pernah lelah untuk mengingatkan anak tentang perilaku-perilaku yang mencirikan sopan santun.

Anak mungkin lupa tentang tata krama yang benar, namun kamu bisa mengingatkan mereka dengan sabar. Selain itu, janganlah mentolerir sikap anak yang tidak sesuai. Terlalu sering memaklumi sikap mereka akan membuatmu terlihat tidak konsisten.

5. Apresiasi yang Sesuai

cara ajarkan sopan santun pada anak, cara menanamkan sopan santun terhadap anak, tips mengajarkan sopan santun pada anak
Sumber Gambar: Fit Kids Weight Loss Program

Ketika apa yang kamu ajarkan perihal sopan santun bisa diterapkan oleh anak dengan baik, berikanlah mereka pujian. Bisa berupa hadiah makanan atau minuman kesukaannya. Namun, jangan berlebihan saat memberikan ujian karena membuat anak berlaku sopan untuk hadiah bukan karena menyadari manfaatnya.

Hal sebaliknya bila anak tidak melakukan sopan santun yang telah kita ajarkan, berikan mereka teguran sehingga menyadari kesalahannya. Jadilah orang tua yang adil. Apresiasi tidak hanya berupa pujian namun juga teguran bila anak melakukan kesalahan.

jual lampu belajar
Anak tetap fokus belajar di malam hari dengan lampu belajar berkualitas!

Baca Juga: Ingin Anak Cerdas? Dukung Nutrisinya dengan 9 Makanan Perangsang Otak Ini!

6. Perhatian

Memberikan perhatian serta respon pada anak dapat mendekatkan kalian. Karena bisa saja, anak berperilaku tidak sopan hanya untuk mencari perhatian orangtuanya. Selagi kamu ada di rumah, luangkan lah waktu untuk bermain bersama anak.

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk berkomunikasi dengan anak sesibuk apapun kamu.

7. Ajarkan sambil Bermain

Cara yang lebih kreatif dalam mengajarkan sopan santun adalah dengan bermain peran. Selain santai, anak pun bisa lebih menikmati ajaran-ajaran yang kamu berikan. Kamu bisa melatih anak tentang sikap sopan santun sesuai peran yang kamu mainkan.

Dalam permainan ini, kamu bisa selipkan cara-cara menyapa orang, bersikap pada orang yang lebih tua, atau menghargai pendapat orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan pujian ketika mereka berperilaku baik selama permainan ini. Tunjukkan pula kalau kamu sangat menghargai sikap mereka yang baik dan sopan. Dengan metode ini, bunda bisa mengajari anak dengan santai amun efektif. 

8. Ajarkan dengan Cerita

Anak kecil sangat suka dengan cerita atau dongeng. Kamu bisa memanfaatkan situasi untuk mengajari mereka sambil membacakan dongeng. Pilihlah dongeng atau ceirta yang mengandung unsur-unsur budaya serta norma-norma sosial.

Bila pesan yang ingin kamu sampaikan lebih menjurus, kamu bisa gunakan imajinasi dan memasukkan nilai-nilai sopan santun dalam dongeng untuk anak.

9. Memberi Koreksi bukan Memaki

Selama proses belajar, tentu anak akan sering melakukan kesalahan. Dalam keadaan ini, janganlah sekali-kali kamu memaki mereka. Memberikan teguran itu wajar namun bukan berarti memarahi mereka secara berlebihan.

Jangan buat mereka berperilaku sopan karena takut padamu sebagai orang tua. Berikanlah rasa nyaman dan berikan teguran sewajarnya. Kamu tentu tidak ingin dibenci anakmu, ‘kan?

10. Kenalkan Nilai Agama

Ajaran-ajaran agama adalah ajaran yang sesuai norma dan pasti dapat diterima oleh masyarakat. Melalui pendidikan agama yang mulai kamu kenalkan sejak dini pada akan membantu memunculkan perilaku yang baik dan santun.

Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama sangat penting untuk menumbuhkan karakter dan kedewasaan anak ketika ia besar nanti.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Itu dia Toppers beberapa cara jitu dalam mendidik dan mengajarkan anak sikap sopan santun. Sebagai orang tua, adalah kewajiban untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada anak sehingga mereka memiliki karakter yang baik dan terima oleh masyarakat.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya! Jangan lupa juga untuk mengunjungi Tokopedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan anak dengan harga terbaik!

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!