15 Cara Menghilangkan Jerawat: Mulai dari Hal-hal Kecil

0
4553
cara menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan cara alami dengan konsisten melakukan hal simpel, dijamin cepat dan efektif. Hindari kebiasaan buruk!


Kulit manusia memang berbeda-beda jenis dan cara merawatnya. Namun, hampir semua pasti pernah menghadapi permasalahan satu ini, yaitu jerawat.

Ada banyak penyebab kulit berjerawat, antara lain adalah pori-pori tersumbat, produksi minyak wajah berlebih dan sel kulit mati. Hormon, diet serta stres juga salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah kita.

Mungkin kamu sudah mencoba banyak obat jerawat bahkan mendatangi dokter kulit untuk menyembuhkan jerawat membandel, tetapi tidak ada banyak perubahan. Bahkan, mungkin tidak ada sama sekali tanda-tanda permasalahan kulit berjerawat yang kamu alami akan sirna.

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya: Solusi Komplit Kecantikan, Seefektif Itu!

Cara Mengatasi Jerawat secara Alami dan Cepat

Daripada bingung, simak cara menghilangkan jerawat secara alami berikut untuk membantu kamu menghilangkan jerawat membandel dengan cepat di wajahmu:

1. Teratur Bersihkan Wajah

Cara menghilangkan jerawat secara alami
Sumber Gambar: StyleCaster

Cuci wajahmu menggunakan air hangat-hangat kuku, lalu gunakan tanganmu dengan arah memutar dengan lembut. Hindari scrub karena dapat membuat kulit berjerawat jadi lebih sensitif lagi karena adanya butiran-butiran scrub.

Keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk dengan lembut.

Tips:
Gunakan sabun cuci muka dengan pH yang sama atau menyerupai kulitmu, yaitu sekitar pH 5. Mengapa? Hal ini mendukung pertumbuhan bakteri baik di kulit yang diperlukan untuk kulit sehat.

Kadar pH yang terlalu rendah (asam) atau pH terlalu tinggi (basa) dapat membuat kaget kulit, sehingga dapat membuat kulit sensitif dan iritasi, serta berpotensi menumbuhkan lebih banyak jerawat.

2. Cuka Apel sebagai Toner

Cara menghilangkan jerawat secara alami
Sumber Gambar: Healthline

Toner dapat membantu mu mengembalikan kulit kembali ke pH normal atau pH 5. Gunakan cuka apel atau yang sering disebut dengan apple cider vinegar saat pagi dan sore setelah mencuci muka. Sapukan toner cuka apel dengan kapas di wajah dengan lembut.

Cuka apel mengandung potassium, magnesium, acetic acid serta enzim yang dapat membunuh bakteri jahat yang bersarang di wajah. Karena salah satu faktor dari tumbuhnya adalah wajah kotor penuh kuman, maka cuka apel dapat menjadi toner ampuh untuk menghilangkan jerawat.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Cara menghilangkan jerawat secara alami
Sumber Gambar: Prima

Semua orang perlu makan makanan sehat, baik saat kulit berjerawat maupun tidak. Untuk yang memiliki masalah jerawat, mungkin kamu harus evaluasi makanan mu. Apakah makanan mu mengandung banyak lemak, gula atau keduanya? Lemak dan gula adalah musuh terbesar kulit berjerawat.

Susu atau produk yang terbuat dari susu lainnya seperti butter ataupun keju juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Makanlah cukup buah serta sayur untuk menyeimbangkan makanan mu. Pilih makanan dengan kandungan vitamin dan nutrisi seperti omega 3 dan vitamin C untuk menghilangkan jerawat atau mencegah jerawat datang lagi.

4. Lidah Buaya untuk Pelembap

Cara menghilangkan jerawat secara alami
Sumber Gambar: StyleCraze

Gunakan aloe vera atau lidah buaya sebagai pengganti pelembab mu. Selain aloe vera adalah bahan alami, aloe vera juga dipercaya dapat menghilangkan jerawat ataupun bekas jerawat.

Aloe vera juga berkhasiat untuk menenangkan iritasi karena rasa dingin yang dapat dirasakan saat diaplikasikan ke kulit.

Pelembab lidah buaya merupakan pilihan tepat untuk kamu yang tidak ingin menggunakan produk-produk mengandung bahan kimia.

5. Jangan Sentuh Wajahmu!

Cara menghilangkan jerawat secara alami
Sumber Gambar: Wonderpolis

Hal yang sangat terdengar mudah tapi sangat sulit dilakukan ialah jangan menyentuh wajah mu, apalagi jerawat. Jangan garuk atau ambil secara sengaja jerawat dengan tangan.

Kebanyakan orang tidak sabar untuk menghilangkan jerawatnya sehingga mereka sering memegang jerawat. Dengan melakukan hal ini, jerawat akan meradang semakin parah, sehingga berpotensi menimbulkan bekas jerawat lebih hitam.

Tangan penuh bakteri dapat mendistribusikan bakteri ke jerawat sehingga jerawat akan semakin merah dan iritasi. Jadi stop sentuh wajahmu dengan tangan kotor, ya!

aloe vera
Perbaiki dan pertahankan kesehatan kulit dengan rangkaian produk aloe vera pilihan di sini!

Baca Juga: Aloe Vera Gel Terbaik: Multifungsi untuk Wajah, Rambut & Tubuh!

6. Cuci Seprai Kasur dan Bantal

Cara menghilangkan jerawat secara alami
Sumber Gambar: Today

Seberapa sering kah kamu mencuci seprai bantal mu? Seprai bantal harus paling sedikit dicuci satu minggu sekali, karena bantal adalah benda akan sering bersentuhan dengan kulit wajah.

Jika bantal kotor penuh bakteri dan kuman, semua itu akan menempel di wajah, sehingga membuatmu semakin berjerawat. Cucilah seprai bantal, kamu pun dapat mencegah jerawat dengan tidur di bantal yang bersih.

7. Jangan Terlalu Sering Cuci Wajah

Cara menghilangkan jerawat secara alami
Sumber Gambar: Hey Mike Yatl

Mungkin dengan wajah berjerawat atau memiliki minyak berlebih, kamu sering merasa bahwa wajahmu kotor dan perlu dicuci. Mencuci wajah cukup dua kali sehari pada saat mandi pagi dan sore, lebih dari itu dapat berpotensi membuat wajah mu iritasi dan memproduksi lebih banyak lagi minyak yang dapat menumbuhkan jerawat.

Gunakan pelembab agar kulit mu ternutrisi sehingga kulit tidak akan memproduksi minyak berlebih, sehingga kamu tidak akan merasa kotor sehingga muncul keinginan untuk mencuci wajah terlalu sering berkurang.

8. Kompres Menggunakan Es batu

Cara paling mudah dan alami yang bisa kamu lakukan adalah kompres jerawat mu dengan es batu. Es batu mampu meredakan peradangan dan menenangkan kulit.

Selain itu, es batu juga diketahui bisa menghilangkan minyak berlebih serta kotoran penyebab jerawat. Kamu hanya perlu membungkus beberapa es batu dengan kain lalu oles dan diamkan pada wajah selama beberapa detik.

Fokuskan kompres es batu pada bagian jerawat yang kemerahan. Kompres es batu juga sangat ampuh untuk mengatasi jerawat berukuran besar atau disebut jerawat batu.

Tentunya, pastikan kain dalam keadaan bersih dan es batu terbuat dari air steril.

9. Jangan Makeup Berlebihan

Jerawat memang bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang, terlebih lagi jika sedang memerah meradang. Tak sedikit yang lalu mencoba menutupi jerawat dengan menggunakan makeup.

Pada saat kulitmu berjerawat, hindari makeup tebal dan riasan berbentuk padat seperti stik dan krim. Sebab produk tersebut biasanya mengandung polyethylene atau ethylhexyl palmitate yang berbahaya untuk kulit berjerawat. 

Selain itu, peralatan makeup kamu pun sangat berpotensi mengandung kotoran yang dapat memperparah jerawat. Jika kamu benar-benar perlu menggunakan makeup, pilihlah produk makeup yang berlabelkan “non-komedogenik” yang artinya tidak menyebabkan jerawat. 

10. Masker dari Bahan Alami

Selain es batu, masih banyak bahan-bahan lain di sekitarmu yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Bahan tersebut antara lain alpukat, yoghurt, madu, pisang, kunyit, bawang putih, tomat, mentimun dan kulit jeruk.

Kamu bisa memanfaatkan buah-buahan yang mengandung vitamin penting bagi kulit ini untuk kamu jadikan masker wajah. Yang perlu kamu lakukan adalah haluskan bahan tersebut lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Berikut campuran bahan alami yang ampuh menghilangkan jerawat yang bisa kamu coba:

  • Alpukat dan madu
  • Yogurt dan madu
  • Pisang dan kunyit
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Mentimun 
  • Kulit jeruk
jual masker wajah hewan / animal mask
Perawatan wajah lebih seru dengan animal mask pilihan di sini!

Baca Juga: Facial Wash Terbaik: Kulit Kering, Berminyak hingga Berjerawat

11. Rutin Olahraga

Salah satu cara sederhana yang juga bisa membantu menghilangkan jerawat adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga secara rutin membantu hormon menjadi seimbang serta mengurangi stres.

Hal yang perlu diperhatikan saat olahraga adalah pastikan kamu tidak mengenakan pakaian yang tidak menyerap keringat atau berpotensi mengiritasi kulit kamu, Toppers. Sebab jerawat tidak hanya muncul pada wajah, tapi juga bisa pada tubuh terutama bagian punggung.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya langsung mandi setelah olahraga demi menghindari jerawat pada muka dan punggung. 

12. Scrub dengan Oatmeal 

Oatmeal memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kulit yang berjerawat. Untuk mengambil manfaat oatmeal bagi kulit, kamu bisa merendam oatmeal dengan air lalu diamkan sampai oatmeal menyerap air dan menjadi seperti bubur.

Masker oatmeal ini mampu melembapkan kulit, mengangkat minyak berlebih, membersihkan pori-pori dan meredakan peradangan pada jerawat. 

Setelah kamu biarkan oatmeal yang sudah direndam air tersebut, bilas wajah sambil menggosokkan butiran oatmeal pada kulit wajah. Proses ini juga bisa membantu mengikis sel kulit mati dan menjadikan wajah mu lebih glowing.

Ketika jerawat sedang meradang, pemakaian scrub yang terlalu kasar sangat tidak disarankan. Sementara, oatmeal memiliki tekstur yang pas untuk scrub wajah saat berjerawat. 

13. Perhatikan Kebersihan Rambut

Saat mengalami peradangan, kulit jadi lebih rentan terhadap kotoran dan bakteri di sekitar. Rambut adalah potensi sumber kotoran tersebut yang paling dekat dengan wajah. Secara tak sadar, rambut sering menempel pada wajah.

Sedangkan secara kasat mata, debu dan kotoran sebenarnya menempel pada rambut. Belum lagi produk rambut seperti gel rambut, pomade, parfum atau minyak rambut yang juga bisa menempel pada wajah.

Maka itu, ketika wajah sedang berjerawat, sebisa mungkin rambut jangan sampai menempel pada wajah. Selain untuk menghindari jerawat semakin parah, juga menghindari jerawat baru muncul.

14. Minum Teh Hijau

Teh memang sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai jenis penyakit. Salah satu teh yang punya khasiat paling banyak adalah teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dapat melindungi kulit dan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buat Toppers yang mudah berkeringat atau memiliki suhu badan yang tinggi, teh hijau diketahui mampu menurunkan suhu tubuh. Sehingga dapat mengurangi keringat pemicu tumbuhnya jerawat.

Mengonsumsi teh hijau setiap hari dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

15. Jangan Stres!

Selain dari sesuatu yang dikonsumsi atau dipakai, beberapa kebiasaan yang diubah dan faktor eksternal, kondisi pikiran kita juga bisa berpengaruh terhadap jerawat. Beberapa penelitian mengaitkan stres dengan tingkat keparahan jerawat.

Pasalnya, saat sedang stres, tubuh lebih banyak memproduksi sebum, sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah, sehingga menghasilkan komedo dan jerawat.

Stres terhadap jerawat yang tak kunjung hilang pun termasuk pada faktor yang memengaruhi munculnya jerawat itu sendiri lho, Toppers.

Baca Juga: Obat Jerawat Terbaik: Hilangkan & Cegah Jerawat Membandel

Jerawat memang sulit disembuhkan dan dihilangkan, yang kamu butuhkan hanyalah waktu dan kesabaran. Tidak ada hal yang akan membuat jerawat hilang hanya dengan semalaman.

Ikuti cara di atas untuk membantumu menghilangkan jerawat secara aman serta alami. Semoga berhasil!


jual produk kecantikan
Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Namira Faza, Nathania Griselda