• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Cara Mengusir Cicak: Selamat Tinggal Hewan Reptil Mungil!

16 August 2023

Share

11 Cara Mengusir Cicak: Selamat Tinggal Hewan Reptil Mungil!

Cara mengusir cicak terhitung susah-susah gampang. Berikut ini cara efektif membasmi cicak di rumah yang bisa kamu coba!


Hewan merayap yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Toppers semua. Ya, cicak atau dalam bahasa baku cecak merupakan hewan reptil yang hampir ada di setiap hunian. Meskipun tidak berbahaya, namun kehadiran cicak seringkali mengganggu.

Tidak hanya membuat jijik, kotoran cicak dapat menempel pada benda-benda di rumah. Seperti buku, lemari, langit-langit, hiasan dinding, dan tempat-tempat lainnya. Sebelum kita belajar cara mengusir cicak yang ampuh, yuk ketahui lebih dulu fakta seputar cicak berikut ini:

  • Ada banyak jenis cicak di dunia ini, tiga di antaranya sering berkeliaran di dalam rumah: cicak dinding, cicak kayu, cicak gula dan cicak batu.
  • Selain jago memanjat, hewan mungil ini merupakan perenang yang handal.
  • Masyarakat Tiongkok sering menggunakan cicak kering sebagai obat tradisional.
Baca Juga: Cara Mengusir Lalat, Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh

Cara Ampuh Membasmi Cicak di Rumah

Membasmi cicak bukanlah perkara yang mudah. Pasalanya hewan ini pintar bersembunyi, sehingga tidak terlihat keberadaanya. Tapi tidak perlu khawatir, berikuti ini sudah ada solusi efektif mengusir cicak dari rumah agar tidak balik lagi:

1. Semprot Cairan Obat Nyamuk

cara mengusir cicak

Sumber Gambar: ABC News

Cara ampuh mengusir cicak dari rumah adalah menggunakan cairan anti serangga atau obat nyamuk. Kamu bisa menyemprotkan atau mengoleskan cairan obat nyamuk tersebut pada daerah-daerah yang sering dihinggapi cicak. 

Selain itu, obat serangga juga berfungsi mengusir nyamuk yang menjadi makanan utama cicak. Jika jumlah nyamuk di rumah berkurang maka cicak akan kabur mencari tempat lain.

2. Manfaatkan Cangkang Telur

cara mengusir cicak

Sumber Gambar: Unsplash

Cara mengusir cicak lainnya adalah menggunakan cangkang telur kosong yang sudah di seka dengan selembar tisu. Kamu cukup menaruh cangkang tersebut di tempat terbuka atau di ruangan yang kamu inginkan, kemudian secara otomatis cicak akan menghindari ruangan tersebut.

3. Gunakan Potongan Bawang

cara mengusir cicak

Sumber Gambar: Unsplash

Tidak hanya cangkang telur, cicak juga sangat membenci aroma kuat seperti bawang merah, putih, merica, dan lada. Caranya taruh potongan bawang putih di sekitar kipas angin, fungsinya adalah untuk menyebarkan bau bawang ke seisi ruangan. 

Selain menggunakan potongan bawang putih, kamu juga bisa menggunakan racikan air yang dicampurkan bawang putih halus. Semprotkan cairan ini ke seluruh sudut ruangan untuk mengusir cicak.

4. Singkirkan Buah dan Pot Tanaman

cara mengusir cicak

Sumber Gambar: Unsplash 

Mungkin kebanyakan dari kalian berfikir makanan cicak itu serangga seperti nyamuk. Namun ternyata buah-buahan dan daun tanaman juga disukai oleh cicak.

Sebaiknya, simpan buah dalam tempat tertutup dan kurangi jumlah pot-pot tanaman hias agar tidak mengundang cicak berdatangan ke rumahmu. Atau, kamu bisa menanam tumbuhan yang tidak disukai oleh cicak seperti pohon cabai.

5. Letakkan Kapur Barus

cara mengusir cicak dengan kapur barus

Sumber Gambar: Kompas

Tidak hanya mencegah timbulnya bau dan jamur. Kapur barus efektif digunakan untuk menghalau berbagai serangga di rumah seperti semut, rayap, cicak, dan tikus. Kamu cukup menaburkan kapur barus ke seluruh tempat atau ruangan di dalam rumah. Cara ini terbukti sama efektifnya dengan menggunakan cairan obat nyamuk.

Baca Juga: Cara Mengusir Tikus, Praktis dan Ampuh dengan Bahan Alami

6. Turunkan Suhu Ruangan

cara mengusir cicak

Sumber Gambar: Unsplash

Tahukah kamu kalau tubuh cicak tidak mampu menyesuaikan dengan suhu ruangan? Umumnya cicak menyukai tempat hangat oleh sebab itu cicak mudah ditemukan hampir di seluruh belahan dunia kecuali Antartika. 

Hal ini disebabkan tubuh cicak tidak bisa beradaptasi dengan suhu dingin. Nah, kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk mengusir cicak dengan cara menaikan air conditioner (AC) temperatur 22 Celsius, dijamin mereka tidak akan berani masuk ke dalam ruangan tersebut.

7. Bersihkan Bagian Bawah Lemari Wastafel

cara mengusir cicak

Sumber Gambar: Unsplash

Sudut-sudut ruangan seperti bagian bawah lemari merupakan tempat nongkrong favorit para cicak. Lemari wastafel sering digunakan sebagai tempat bersarang dan bertelur para cicak. 

Hal ini disebabkan selain tempat yang kering dan hangat, lokasi tersebut dekat dengan sumber air. Sebaiknya, bersihkan bagian bawah lemari wastafel dan sudut-sudut ruangan lainnya minimal seminggu sekali. 

Selain membasmi sarang cicak juga mencegah penumpukan kotoran yang tentunya akan mengundang lebih banyak lagi hama rumah berdatangan.

8. Bersihkan Sisa Makanan

cara mengusir cicak

Sumber Gambar: Unsplash

Seringkali kita suka malas membuang sisa makanan. Nah, sisa-sisa makanan tersebut dapat mengundang cicak berdatangan. Selain cicak, serangga lain seperti semut juga menyukai remah-remah makanan yang tidak segera dibersihkan.

Segera juga bersihkan remah-remah atau simpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat.

9. Gunakan Bubuk Kopi

cara mengusir cicak dengan kopi

Sumber Gambar: Unsplash

Kebanyakan manusia sering menggunakan kopi untuk menghilangkan bau apek dalam mobil atau amis pada bak cuci piring. Meskipun memiliki aroma yang enak untuk kita, tidak demikian bagi hewan seperti cicak. Oleh sebab itu, menaburkan bubuk kopi merupakan cara ampuh mengusir cicak.

10. Pasang Aromaterapi Minyak Serai

cara mengusir cicak dengan aromaterapi

Sumber Gambar: Pexels

Aroma kuat lainnya yang tidak disenangi para cicak adalah minyak serai. Minyak serai memiliki ciri khas aroma yang menyegarkan dan menimbulkan efek relaksasi untuk manusia. Tidak heran aromaterapi atau essential oil lemongrass alias minyak sereh banyak digunakan pada tempat-tempat spa kecantikan.

11. Pelapis Dinding Khusus

cara mengusir cicak dengan pelapis dinding

Sumber Gambar: Unsplash

Untuk bisa bepergian dan bertahan hidup cicak suka merayap pada tembok atau dinding-dinding rumah. Memasang pelapis dinding khusus seperti keramik dapat mencegah cicak berkeliaran di dalam rumah. Namun, cara ini tidak terlalu efektif kalau cicak merayap di lantai rumah.

Baca Juga: Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan dan Cara Mudah Mengusirnya

Selain beberapa cara di atas, kamu juga perlu menjaga lingkungan rumah tetap bersih. Menjaga kebersihan tidak hanya menghalau berbagai serangga dan hama rumah lainnya untuk bersarang di rumah tetapi juga menambah keindahan tampilan rumah. 

Temukan berbagai peralatan dan kebutuhan rumah tangga mudah, praktis dan terlengkap pastinya hanya di Tokopedia!

Penulis: Andina Naza Apriliani

Share

Qonita ChairunnisaQonita Chairunnisa

Related Articles

10 Resep Makanan Ringan Mudah Dibuat, Pas untuk Dijual!
Home and Living
10 Resep Makanan Ringan Mudah Dibuat, Pas untuk Dijual!
© 2009-2024, PT Tokopedia