• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kenali 7 Ciri-Ciri Anjing Hamil dan Tanda-Tandanya saat Mau Melahirkan

22 April 2022

Share

Kenali 7 Ciri-Ciri Anjing Hamil dan Tanda-Tandanya saat Mau Melahirkan

Ingin mengetahui apakah anjing kamu sedang hamil? Simak ciri-ciri anjing hamil dan mau melahirkan berikut ini untuk mengenalnya sejak dini.


Apakah perilaku anjing kamu sedang terlihat berbeda dari biasanya? Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku pada anjing. Bisa jadi anjing tersebut sedang sakit, atau bisa juga sedang hamil. Jika menurut kamu anjing kamu sedang hamil, kamu harus mengetahui ciri-ciri anjing hamil. Terkadang, tanda-tanda hamil pada anjing tidak muncul pada bulan pertama, namun kamu harus siap untuk melihat perubahannya. Sama seperti makhluk hidup lainnya, anjing yang hamil tentu memerlukan perawatan dan perhatian yang lebih. Untuk memberikan perawatan terbaik, kamu perlu tahu sejak dini apakah anjing peliharaan kamu sedang hamil atau tidak.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Wajib untuk Pencinta Anjing dan Kucing

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Anjing biasanya memiliki periode kehamilan yang cukup pendek. Agar kamu dapat mendeteksinya sejak dini, berikut adalah penjelasan ciri-ciri anjing hamil selengkapnya.

1. Keaktifannya Menurun

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber Gambar: Unsplash

Salah satu ciri-ciri anjing hamil yang bisa kamu perhatikan adalah tingkat keaktifannya. Saat hamil, anjing akan menjadi lebih cepat lelah atau lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, dan ini merupakan salah satu tanda pertama yang muncul. Anjing kamu mungkin akan terlihat malas atau tidak banyak bergerak dan energik seperti biasanya. Kamu juga bisa perhatikan dari jarak yang mereka kuat tempuh saat jalan bersama. Ada kemungkinan anjing tidak akan berjalan sejauh biasanya.

2. Nafsu Makan Berubah

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber Gambar: Unsplash

Jika anjing sedang hamil, nafsu makannya juga dapat mengalami perubahan. Namun, tanda ini mungkin akan terlihat berbeda-beda untuk setiap anjing, tergantung dari anjing itu sendiri dan tahap kehamilannya. Pada tahap awal kehamilan, anjing mungkin akan makan lebih sedikit atau bahkan muntah. Bagaimanapun, bisa juga nafsu makan anjing malah meningkat dan makan lebih banyak dari biasanya.

3. Perilaku yang Berbeda

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber Gambar: Unsplash

Hormon anjing hamil juga dapat mengubah perilakunya dalam berbagai cara. Masing-masing anjing memiliki reaksi yang berbeda terhadap hormon ini. Ada anjing yang menjadi lebih menyenangkan, lebih sering mencari perhatian pemiliknya, atau lebih sering menghabiskan waktu bersamanya. Ada juga yang menjadi lebih agresif ataupun lebih sering menyendiri.

4. Puting Membesar atau Berubah Warna

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber Gambar: Unsplash

Puting anjing betina yang biasanya kecil akan menjadi lebih besar pada tahap awal kehamilan. Hal ini dikarenakan tubuh mereka sedang siap-siap untuk menyusui anak-anaknya dan perubahan ini disebabkan oleh hormon. Putingnya pun juga dapat berubah warna. Warna puting anjing biasanya akan berubah menjadi lebih gelap dan hal ini menandakan peningkatan aliran darah. Pada tahap-tahap akhir, putingnya juga dapat mengeluarkan susu.

Baca Juga: Tips Membuat & Memilih Kandang Anjing yang Aman dan Nyaman

5. Kelenjar Susu Berkembang

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber Gambar: Unsplash

Seperti yang dikatakan sebelumnya, puting anjing akan berubah warna dan mulai mengeluarkan susu. Hal ini menandakan bahwa kelenjar susu anjing mulai membengkak. Perkembangan pada kelenjar susu biasanya terjadi pada minggu ke-6 sampai ke-9. Ini merupakan ciri-ciri anjing mau melahirkan yang cukup jelas.

6. Berat Badan Meningkat dan Abdomen Membesar

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber Gambar: Unsplash

Salah satu ciri-ciri anjing mau melahirkan yang paling nampak adalah perubahan pada berat badannya. Selama anaknya bertumbuh di dalam perut, ukuran perut anjing juga tentu akan membesar juga. Peningkatan berat badan ini juga tergantung pada jenisnya. Pada umumnya, berat badan anjing akan meningkat di tahap-tahap akhir pada kehamilan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membawanya ke dokter hewan jika hal tersebut mulai kelihatan.

7. Sibuk Bersarang

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber Gambar: Unsplash

Saat hamil, kamu mungkin akan menyadari bahwa anjing kamu akan mulai mengobrak-abrik tempat tidurnya dan menggunakan bahan-bahan tertentu untuk membuat sarang. Hal ini terjadi di tahap-tahap akhir kehamilannya. Pada periode tersebut, anjing juga bisa menjadi lebih agresif dan mudah tersinggung. Maka dari itu, sebaiknya kamu membatasi kontak anjing dengan anak kecil.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Anjing

Ciri-Ciri Anjing Mau Melahirkan

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Sumber gambar: American Kennel Club

Jika ternyata benar anjingmu hamil, artinya kamu perlu perawatan lebih ekstra agar mereka tetap sehat dan lancar saat melahirkan. Berikut ciri-ciri anjing mau melahirkan:

  • Pembengkakan puting susu, yang diikuti dengan kerontokan bulu di area tersebut.
  • Anjing tampak gelisah, terengah-engah, dan anjing menggeram akibat sakit pada perutnya.
  • Mengalami penurunan nafsu makan karena sakit perut akibat kontraksi rahim. Kontraksi tersebut yang membuka jalan jahir.
  • Penurunan suhu tubuh anjing sebanyak 1-2 derajat Celsius. Normalnya, suhu tubuh anjing berada di angka 38-39 derajat Celsius.
  • Keluar cairan seperti lendir dari bagian vagina. Cairan ini berfungsi untuk mempermudah proses melahirkan, sekaligus menjadi tahap awal proses tersebut.
  • Di akhir kehamilan, gerakan anak-anak anjing di dalam tubuh induk akan lebih mudah terlihat.
Baca Juga: Tertarik Memelihara Anjing? Ini Jenis Anjing yang Cocok Untuk Pemula

Nah, itu dia, Toppers, ciri-ciri anjing hamil yang perlu kamu ketahui jika kamu memiliki anjing. Mendeteksi ciri-ciri tersebut sejak dini sangatlah penting karena periode kehamilan anjing relatif singkat, yakni hanya sekitar 2 bulan atau 56-70 hari. Jika kamu sedang mencari produk perawatan anjing seperti makanan anjing, obat & vitamin anjing, shampoo anjing, dan sebagainya, kamu bisa menemukannya dengan harga terbaik di Tokopedia. Yuk, kunjungi sekarang!

tempat tidur anjing

Penulis: Keefe Adrian & Rizfa P. Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia