• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Contoh Portofolio Desain Yang Artsy dan Menarik

Share

7 Contoh Portofolio Desain Yang Artsy dan Menarik

Yuk, lihat contoh portofolio desain grafis yang dapat membuat kamu stand out saat melamar kerja! Bisa menarik perhatian, lho!


Contoh Portofolio Desain – Bagi seorang desainer, portofolio adalah hal yang sangat penting. Sebab, sebuah portofolio dapat menunjukkan skills, pengalaman, kreativitas, karakter dan juga style dari seorang desainer. Jika seorang desainer ingin melamar pekerjaan, portofolio pun perlu disertakan.

Di dalam portofolio desain, kamu perlu mengkurasi karya-karya kamu selama ini untuk dimasukkan ke dalam portofolio. Tidak hanya sekedar menyertakan karya-karya begitu saja, lho. Karena ini adalah sebuah portofolio desain yang mendemonstrasikan kemampuan dalam bidang desain, desain dari portofolio itu sendiri pun penting. Bagaimana kamu memamerkan karya kamu akan bisa menjadi ajang untuk menunjukkan kreativitas dan karakter kamu sebagai desainer.

Berikut akan ditampilkan beberapa portofolio desain grafis yang bisa menginspirasi kamu dalam menyusun portofoliomu sendiri.

baca juga: Content Creator, Pekerjaan yang Diincar Kaum Milenial!

Contoh Portofolio Desain Grafis

Untuk kamu yang sedang ingin menyusun portofolio desain grafis, ini adalah beberapa contoh portofolio desain grafis yang menarik:

1. Shanti Sparrow

Shanti Sparrow
Sumber Gambar: shantisparrow.com

Desain portofolio dari Shanti Sparrow merupakan salah satu contoh yang bagus, karena sekilas saja sudah menarik perhatian.

Saat melamar ke suatu tempat, akan sangat menguntungkan bagi kamu untuk memiliki portofolio yang dapat mencuri perhatian dengan cepat. Karena, mungkin saja ada banyak portofolio lain yang menumpuk selain portofolio kamu. Jadi, memiliki portofolio yang eye catching is a big plus!

2. Jonathan Barnbook

Jonathan Barnbook
Sumber Gambar: barnbrook.net

Portofolio yang satu ini menggunakan space-nya dengan sangat baik. Hampir seluruh ruang dipergunakan untuk menampilkan karya-karyanya. Tiap karya pun disajikan dengan ukuran yang besar. Portofolio ini menonjolkan apa yang terpenting dari suatu portofolio, yaitu karya-karya desainernya itu sendiri.

3. Robin Mastromarino

Robin Mastromarino
Sumber Gambar: robinmastromarino.com

Portofolio desain yang satu ini memiliki UI yang sangat apik. Untuk menelusuri karya-karyanya, tidak discroll layaknya halaman pada umumnya. Namun, diputar layaknya papan saji putar. Bukan hanya karyanya, namun juga cara dalam menampilkan karyamu dapat mempertunjukkan kreativitas kamu.

4. Matt Pamer

Matt Pamer
Sumber Gambar: mattpamer.com

Tak kenal maka tak sayang. Matt Pamer menuliskan perkenalan singkat tentang dirinya sebelum karya-karyanya. Tidak perlu teks yang panjang, tetapi cukup dan informatif. Sebab, kata-kata bukan merupakan fokusnya.

5. &Walsh

&Walsh
Sumber Gambar: andwalsh.com

Karakter yang kuat dan konsisten juga bisa menjadi nilai plus dalam portofolio kamu. Misalnya, contoh portofolio desain yang satu ini merepetisi logonya yang berbentuk seperti “&” di bawah setiap thumbnail karya. Detail kecil dapat memiliki pengaruh, dan hal seperti ini mempertegas identitas dan karakter dari pemilik portofolio.

6. Brook Perryman

Brook Perryman
Sumber Gambar: brookperryman.com

Menarik sekali, Brook Perryman menyapa pembacanya terlebih dahulu. Sambutan “welcome to my portofolio,” tertulis, memberikan kesan yang ramah dan menyenangkan. Ada pula tombol yang perlu ditekan untuk melihat portofolionya. Secara tidak langsung, tombol ini mengharuskan sedikit lebih banyak interaksi yang membaca, yang membuat portofolionya sedikit lebih interaktif. And the little things do matter!

7. Nicolas Paries

Nicolas Paries
Sumber Gambar: nicolasparies.com

Nah, yang satu ini cukup menarik, Toppers. Nicolas Paries membuat page yang super sederhana dan minimalis. Sebetulnya, ini pun bukan portofolio. Tercantum bahwa “PDF Portofolio on request.” Artinya, perlu merequest dahulu, nih, untuk melihat portofolionya.

Meskipun secara teknis bukanlah portofolio, halaman ini sudah menunjukkan kreativitas, keunikan dan juga idealisme dari si desainer, Toppers. Ia menuliskan bahwa halamannya didesain seperti itu bukan tanpa alasan. 

Desainnya dibuat dengan tujuan untuk membuat halamannya meninggalkan jejak karbon yang sekecil mungkin. Tertulis pula quote yang berarti bahwa desain seharusnya bukan hanya terlihat baik, tetapi juga berdampak baik. Di samping tulisan yang tertera di gambar di atas, ada pula foto berukuran kecil dari si desainer.

BACA JUGA: 7 CONTOH PORTOFOLIO LAMARAN KERJA YANG MENARIK


Itu dia portofolio-portofolio desainer yang bisa menjadi inspirasi kamu, Toppers! Apakah kamu sudah lebih siap untuk menyusun portofolio?

Untuk kamu para desainer yang ingin terus terinspirasi dan menambah referensi, ayo cek Tokopedia untuk beragam pilihan buku-buku desain grafis!

jual buku
Isi waktu luang dengan lebih berkualitas dengan buku-buku pilihan terbaik di sini!

Penulis: Talitha Gati

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

11 Persiapan Menyambut Ramadan: Semakin Berkah di Bulan Suci
Topik Seru Lainnya
11 Persiapan Menyambut Ramadan: Semakin Berkah di Bulan Suci
© 2009-2024, PT Tokopedia