• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Dampak Pemanasan Global Terhadap Lingkungan & Manusia

21 July 2022

Share

12 Dampak Pemanasan Global Terhadap Lingkungan & Manusia

Pemasanan global ternyata dapat berdampak terhadap meningkatnya alergi hingga bencana alam. Berikut sejumlah dampak pemanasan global dan penjelasannya.


Pemanasan global menjadi pembahasan yang selalu aktual. Alasannya, dampak pemanasan global meningkat drastis belakangan ini dan telah mempengaruhi ekosistem di bumi.

Secara ringkas, pemanasan global adalah fenomena kenaikan suhu secara keseluruhan di planet bumi. Fenomena ini salah satunya disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang berlebih. Semakin bertambahnya populasi manusia, maka semakin meningkat juga penggunaan bahan bakar fosil.

Jika kita tidak berusaha untuk menguranginya maka pemanasan global akan terus terjadi dan memberikan dampak buruk bagi bumi. Lantas, apa saja dampak pemanasan global terhadap lingkungan dan manusia?

promo voucher game

Beli voucher game permainan favoritmu dan naikkan levelmu ke tingkat yang lebih tinggi.

Dampak Negatif Pemanasan Global

1. Kepunahan Spesies Hewan

Banyak spesies hewan yang terancam punah karena pemanasan global. Cuaca ekstrem yang diakibatkan oleh pemanasan global dapat menghancurkan habitat hewan serta ekosistemnya. Misalnya fenomena melelehnya es di kutub utara menjadikan beruang kutub kehilangan habitatnya sehingga mereka terancam punah.

2. Kelaparan dan Kemiskinan

Perubahan cuaca yang ekstrem dapat memicu kelaparan karena sumber makanan yang semakin berkurang. Lahan dan ternak dapat mengalami kekurangan produktivitas bahkan musnah dikarenakan pemanasan global. Selain itu, dampaknya pada masyarakat adalah meningkatnya angka pengangguran dan menurunnya kesejahteraan.

3. Mencairnya Es di Kutub

Dampak pemanasan global yang pertama adalah mencairnya es di kutub. Hal ini disebabkan adanya peningkatan suhu bumi. Dalam 30 tahun terakhir, jumlah es di kutub yang mencair akibat pemansan global mencapai 28 triliun ton.

Baca juga: Sumber Energi Alternatif, Contoh & Pemanfaatannya Sehari-hari

4. Peningkatan Volume Air Laut

Damapak yang ditimbulkan selanjutnya adalah peningkatan volume air laut akibat debit air meningkat setelah triliunan ton es mencair.

Hal ini sangat berbahaya karena akan mengakibatkan banyak wilayah yang tergenang banjir dan pulau kecil akan menghilang karena tenggelam.

5. Krisis Air Bersih

Pemanasan global juga bisa mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Hal ini disebabkan oleh penguapan pada air di dalam permukaan tanah sehingga air bersih akan sulit didapatkan.

6. Kebakaran Hutan

Peningkatan suhu udara yang tinggi juga dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Kebakaran besar yang pernah melanda California, Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu juga disebut oleh para ilmuwan disebabkan oleh meningkatnya suhu yang diakibatkan oleh pemasanan global

7. Kabut Asap

Kebakaran hutan yang dipicu oleh pemanasan global juga menimbulkan kabut asap yang mengganggu dan sangat membahayakan kesehatan manusia.

Baca Juga: Fungsi Rangka Manusia, Gambar & Penjelasannya

8. Terjadinya Wabah Penyakit

Kenaikan suhu akibat pemanasan global juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh, terutama imunitas makhluk hiup akan menurun sehingga mudah terserang berbagai penyakit yang dikhawatirkan akan menjadi wabah.

9. Rusaknya Terumbu Karang

Pemanasan global juga berdampak pada kerusakan terumbu karang yang merupakan habitat dan sumber makanan berbagai biota laut.

10. Krisis Pangan

Dampak pemanasan global lainnya adalah meningkatnya suhu air laut. Perubahan suhu air laut ini dapat menyebabkan kematian biota laut sehingga dapat menyebabkan krisis pangan akibat hilangnya populasi ikan dan hewan laut.

11. Meningkatnya Kasus Alergi

Pemanasan global yang menyebabkan semakin hangatnya suhu udara ternyata dapat memicu tanaman untuk melakukan penyerbukan lebih lama.

Nah, meningkatnya jumlah serbuk sari yang ada di udara pun memicu naiknya jumlah penderita alergi. Maklum, serbuk sari tanaman merupakan salah satu penyebab alergi yang paling umum.

12. Peristiwa Alam Ekstrem

Pemanasan global pun berdampak pada meningkatnya peristiwa alam ekstrem seperti banjir, badai besar, dan tsunami. Seiring kian meningkatnya peristiwa alam ektrim ini, jumlah masyarakat yang menjadi tunawisma karena kehilangan tempat tinggal juga meningkat.

Baca juga: Rantai Makanan di Sawah, Laut, Hutan Beserta Gambar & Penjelasannya

Itu dia, Toppers, beberapa dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Bagi kamu yang tertarik belajar online, kamu bisa membeli voucher belajar melalui Tokopedia Belajar untuk mendapatkan sesi pelajaran tambahan pada portal e-Learning dan bimbel online terbaik.

Temukan juga seluruh kebutuhan sekolah kamu seperti buku pelajaran dan alat tulis hanya di Tokopedia.

jual perlengkapan gaming

Temukan berbagai perlengkapan gaming terbaikmu dengan harga terbaik di sini!

Penulis: Amir Faruqi Aziz

© 2009-2023, PT Tokopedia